BUKU PPA UNTUK RA MI MTS MA MAK EDISI 2025/2026

Download Buku PPA untuk RA MI MTS MA MAK Edisi terbaru Tahun Ajaran 2025/2026


Pada posting kali ini Admin akan membagikan link Download Buku PPA untuk RA MI MTS MA MAK Edisi terbaru Tahun Ajaran 2025/2026. Kementerian Agama secara resmi merilis Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA). Buku ini bukanlah sekadar pembaruan administratif, melainkan sebuah perwujudan visi dan komitmen kita bersama untuk melahirkan generasi baru yang unggul, berakhlak mulia, dan siap menjadi pemimpin masa depan.

 

Dunia terus berubah dengan kecepatan yang tak terduga. Tantangan global menuntut kita untuk mempersiapkan anak-anak bangsa yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga matang secara emosional, spiritual, dan sosial. Madrasah, sebagai jantung pendidikan Islam di tanah air, memiliki tanggung jawab moral dan strategis untuk menjawab panggilan zaman ini. Kita tidak hanya bertujuan mencetak penghafal ilmu, tetapi membentuk insan kamil yaitu manusia paripurna yang mampu memadukan kedalaman iman, keluhuran akhlak, dan kecakapan berpikir kritis.

 

Buku PPA (Panduan Pembelajaran dan Asesmen) untuk RA MI MTS MA MAK Edisi Tahun Akademik 2025/2026 ini memperkenalkan dua pilar utama yang menjadi ruh dari transformasi pendidikan kita, yaitu Kurikulum Berbasis Cinta (KBC) dan Pembelajaran Mendalam. Kurikulum Berbasis Cinta adalah fondasi kita. Ia adalah ikhtiar untuk mengembalikan pendidikan pada fitrahnya, sebuah proses yang menumbuhkan, merawat, dan memanusiakan. Dengan cinta (cinta Allah dan Rasul-Nya, ilmu, lingkungan, diri dan sesama, serta tanah air) sebagai landasan, kita menciptakan ekosistem belajar yang aman, menyenangkan, dan menumbuhkan potensi setiap murid.

 

Panduan ini dirancang sebagai sahabat seperjuangan Anda dalam menunaikan tugas mulia mendidik anak-anak bangsa. Ini bukanlah sekadar kumpulan instruksi, melainkan sebuah undangan untuk bersama-sama merefleksikan kembali hakikat pendidikan dan merevitalisasi praktik kita di ruang kelas.

 

Inti dari panduan ini adalah sebuah pergeseran paradigma yang kami sebut Kurikulum Berbasis Cinta (KBC). Mungkin terdengar sederhana, tetapi di dalamnya terkandung sebuah filosofi pedagogis yang mendalam. “Cinta” di sini merupakan ekosistem yang utuh yaitu cinta Allah dan Rasul-Nya yang melahirkan semangat belajar sebagai ibadah, cinta ilmu yang memantik rasa ingin tahu sejati, cinta lingkungan yang membangun kesadaran untuk merawat alam sebagai wujud syukur, cinta diri dan sesama manusia yang menumbuhkan resiliensi dan kepercayaan diri sekaligus mendorong empati dan kolaborasi, dan cinta tanah air yang menanamkan rasa bangga dan tanggung jawab terhadap bangsa. Tugas kita sebagai pendidik adalah menjadi arsitek dari ekosistem ini. Peran kita bergeser dari sekadar penyampai informasi menjadi fasilitator, mentor, dan teladan (uswatun hasanah) yang menghidupkan nilai-nilai ini dalam setiap interaksi.

 

Di atas fondasi cinta itulah kita membangun pilar Pembelajaran Mendalam. Kita ingin murid-murid kita menjadi pembelajar sejati yang tidak hanya tahu tetapi juga paham, tidak hanya menjawab tetapi juga bertanya, tidak hanya mengonsumsi informasi tetapi juga mampu mencipta solusi. Mereka adalah generasi yang akan membawa nilai-nilai Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin dalam setiap langkah dan karyanya, memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa dan peradaban dunia.

 

Di dalam ekosistem yang penuh cinta dan rasa aman, Pembelajaran Mendalam dapat bertumbuh. Panduan ini akan memandu Anda untuk merancang pengalaman belajar yang mendorong murid berpikir kritis, berkreasi, dan memecahkan masalah nyata. Anda akan menemukan berbagai strategi untuk menggeser fokus dari “apa yang diajarkan guru” menjadi “apa yang dipelajari murid”.

 

Salah satu perubahan paling signifikan dalam panduan ini terletak pada bab Asesmen. Kami mengajak Anda untuk melihat asesmen bukan lagi sebagai momen penghakiman di akhir, melainkan sebagai bagian tak terpisahkan dari proses belajar. Hasil asesmen memberikan umpan balik yang berharga untuk memandu langkah murid selanjutnya dan membantu kita menyesuaikan pengajaran agar lebih efektif. Mari kita gunakan asesmen untuk membangun bukan untuk menghukum, untuk memotivasi bukan untuk mematahkan semangat.

 

Kepada seluruh pemangku kepentingan, para pimpinan, pengawas, kepala madrasah, dan terutama para guru yang mulia di seluruh pelosok negeri, saya titipkan panduan ini sebagai amanah. Mari kita jadikan setiap ruang kelas di madrasah sebagai taman persemaian generasi emas Indonesia. Generasi yang akan membuat kita bangga.

 

Adapun isi lengkap Buku PPA (Panduan Pembelajaran dan Asesmen) untuk RA MI MTS MA MAK Edisi Tahun Akademik 2025/2026, adalah sebagai berikut

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

B. Sasaran Pengguna

C. Cara Menggunakan Panduan

 

BAB II KERANGKA KERJA PEMBELAJARAN MENDALAM DALAM PEMBELAJARAN DAN ASESMEN

A. Dimensi Profil Lulusan

B. Kurikulum Berbasis Cinta (KBC)

C. Prinsip Pembelajaran

1. Berkesadaran

2. Bermakna

3. Menggembirakan

D. Pengalaman Belajar

1. Pengalaman Belajar Memahami

2. Pengalaman Belajar Mengaplikasi

3. Pengalaman Belajar Merefleksi

E. Kerangka Pembelajaran

1. Praktik Pedagogis

2. Kemitraan Pembelajaran

3. Lingkungan Pembelajaran

4. Pemanfaatan Teknologi Digital

F. Prinsip Asesmen

 

BAB III PERENCANAAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN

A. Menganalisis Capaian Pembelajaran (Memetakan Capaian Pembelajaran, Materi, Dimensi Profil Lulusan, dan Topik Panca Cinta)

B. Menyusun Tujuan Pembelajaran dan Alurnya

1. Merumuskan Tujuan Pembelajaran

2. Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran

C. Merencanakan Pembelajaran dan Asesmen

1. Perencanaan Pembelajaran

2. Perencanaan Asesmen

 

BAB IV PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN

A. Kegiatan Pendahuluan

B. Kegiatan Inti

C. Kegiatan Penutup

 

BAB V PENGOLAHAN DAN PELAPORAN HASIL ASESMEN

A. Pengolahan Hasil Asesmen

1. Mengolah hasil asesmen untuk mengevaluasi ketercapaian satu tujuan pembelajaran

2. Mengolah hasil asesmen dari beberapa tujuan pembelajaran menjadi nilai akhir

B. Pelaporan Hasil Belajar

C. Mekanisme Kenaikan Kelas dan Kelulusan

1. Mekanisme Kenaikan Kelas

2. Mekanisme Kelulusan

 

BAB VI REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT PEMBELAJARAN DAN ASESMEN

A. Refleksi Diri

B. Refleksi Sesama Pendidik

C. Refleksi oleh Kepala Madrasah

D. Refleksi oleh Murid

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

Bagi Anda yang tertarik dan berminat memiliki Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen untuk RA MI MTS MA MAK Edisi terbaru Tahun Ajaran 2025/2026, silahkan download melalui link download yang tersedia di bawah ini

 

Link download Buku PPA untuk RA MI MTS MA MAK Edisi Tahun Ajaran 2025/2026

 

Demikian informasi tentang Buku PPA (Panduan Pembelajaran dan Asesmen) untuk RA MI MTS MA MAK Edisi Terbaru Tahun Ajaran 2025/2026. Semoga ada manfaatnya



= Baca Juga =

Posting Komentar untuk "BUKU PPA UNTUK RA MI MTS MA MAK EDISI 2025/2026"



































Free site counter


































Free site counter