Download Modul Ajar Pembelajaran Mendalam Kelas 1 SD Semua Mata Pelajaran. Pembelajaran Mendalam telah mempengaruhi kebijakan pendidikan kontemporer di berbagai negara dan berperan penting dalam pengembangan kompetensi masa depan dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Selain itu, PM juga berkaitan erat dengan kualitas pembelajaran. Pendekatan PM mampu menghasilkan kualitas capaian pembelajaran yang tinggi, sedangkan metode pembelajaran yang kurang mendalam cenderung menghasilkan capaian pembelajaran yang rendah.
Dalam buku The Process of
Learning, Biggs dan Moore menjelaskan faktor peserta didik belajar dengan Model
3P (Presage-Process-Product). Presage (Faktor Awal) mencakup elemen sebelum
proses pembelajaran dimulai yang menentukan bagaimana pembelajaran akan berlangsung,
yaitu identifikasi karakteristik peserta didik dan konteks pembelajaran.
Process (Faktor Proses) mencakup aktivitas dan pendekatan pembelajaran.
Pembelajaran Mendalam
ditandai dengan dimilikinya motivasi intrinsik oleh peserta didik dalam memahami
dan melibatkan diri secara kritis, sedangkan pembelajaran dangkal (surface
learning) ditandai peserta didik yang belajar hanya karena didorong oleh
motivasi eksternal, sehingga belajar dipandang sebagai keharusan menyelesaikan
tugas atau hanya ingin memenuhi persyaratan minimum sehingga peserta didik
lebih fokus pada menghafal tanpa memahami konsep secara mendalam.
Product (Faktor Hasil)
merupakan pengukuran hasil belajar. Hasil belajar mengacu pada tingkat
pemahaman siswa, keterampilan yang diperoleh, dan kemampuan mereka dalam
menerapkan pengetahuan di berbagai konteks. Akhirnya konsep yang disampaikan
oleh Biggs dan Moore (1993) ini menekankan pentingnya pendekatan pembelajaran
mendalam, dengan menciptakan lingkungan akademik yang mendorong peserta didik
terlibat dalam memaknai informasi, menerapkan pemahaman pada situasi nyata,
serta merefleksi strategi belajarnya secara mandiri.
Pembelajaran Mendalam
merupakan pendekatan untuk memperoleh pengetahuan baru secara efektif.
Pembelajaran Mendalam meliputi pemahaman dan keterkaitan hubungan antara
pengetahuan konseptual dan prosedural serta kemampuan untuk mengaplikasi
pengetahuan konseptual pada konteks yang baru. Dengan demikian, pembelajaran
diharapkan aplikatif dan bermanfaat dalam kehidupan peserta didik.
Pemerolehan pengetahuan dilakukan
melalui pembelajaran berbasis pengalaman. Pembelajaran berbasis pengalaman
sebagai teori pembelajaran dikembangkan oleh David A. Kolb mendukung penerapan
PM. Teori ini menekankan bahwa pembelajaran terjadi melalui pengalaman
langsung yang melibatkan proses
refleksi, konseptualisasi, dan
eksperimen. Pembelajaran sebagai proses di mana pengetahuan diciptakan melalui
transformasi pengalaman.
Kategori kerangka kerja
pengetahuan yang digambarkan oleh Terry Heick mengklasifikasi pengetahuan
menjadi tiga kategori: pengetahuan dasar, pengetahuan meta, dan pengetahuan
humanistik. Model ini dirancang untuk membantu memahami cara pengetahuan
diorganisasikan, dipahami, dan diterapkan dalam konteks pendidikan dan
pembelajaran. Proses perolehan pengetahuan ini didukung of teori Habits of Mind
yang berfokus pada pola pikir dan perilaku yang membantu individu dalam
menghadapi tantangan, memecahkan masalah, dan bertindak secara efektif. Habits
of Mind adalah kebiasaan intelektual yang mendorong pemikiran kritis, kreatif,
dan reflektif dalam konteks pembelajaran atau kehidupan sehari-hari.
Pembelajaran Mendalam
merupakan pendidikan progresif yang terfokus pada perkembangan peserta didik
dalam kemampuan berkolaborasi, pendekatan guru, pemahaman mendalam terhadap
materi pelajaran. Berbagai kerangka kerja teori menggunakan PM dalam kaitannya
dengan motivasi mendalam, strategi, keinginan untuk memahami, pembelajaran
holistik, keterkaitan antar-gagasan, dan lain-lain. Salah satu implementasi
kurikulum dengan menggunakan PM di Norwegia adalah mengaitkan antar mata
pelajaran secara interdisiplin sebagai kurikulum inti.
Pembelajaran Mendalam
meningkatkan kualitas dan capaian pembelajaran dengan secara intensif
melibatkan peserta didik melalui pembelajaran yang mengaitkan pembelajaran
dengan dunia nyata dan identitas diri, mengembangkan keterampilan, pengetahuan,
kepercayaan diri melalui proses inkuiri.
Pembelajaran Mendalam sejalan
dengan pendidikan inklusi, khususnya ketika diterapkan dalam grup yang kecil dan
ketika teknologi yang spesifik dikaitkan dengan anak berkebutuhan khusus. Oleh
sebab itu, PM berfokus pada berbagai karakteristik peserta didik dan proses
pelibatan mereka secara aktif dalam pembelajaran.
Pada Pembelajaran Mendalam
dalam konteks pendidikan dikaitkan dengan penyediaan pengalaman belajar dan
penciptaan lingkungan pembelajaran yang mendukung pemahaman peserta didik yang
menstimulasi keterampilan berpikir tingkat tinggi dan mengaplikasi
pengetahuannya dalam berbagai konteks dunia nyata.
Berikut ini link download Download
Modul Ajar Pembelajaran Mendalam Kelas 1 SD Semua Mata Pelajaran
Cara download klik file yang akan didownlaod.
Baca Juga !!!
DOWNLOAD MODUL AJAR PEMBELAJARAN MENDALAM KELAS 1 SD SEMUA MATA PELAJARAN (DISINI)
DOWNLOAD MODUL AJAR PEMBELAJARAN MENDALAM KELAS 2 SD SEMUA MATA PELAJARAN (DISINI)
DOWNLOAD MODUL AJAR PEMBELAJARAN MENDALAM KELAS 3 SD SEMUA MATA PELAJARAN (DISINI)
DOWNLOAD MODUL AJAR PEMBELAJARAN MENDALAM KELAS 4 SD SEMUA MATA PELAJARAN (DISINI)
DOWNLOAD MODUL AJAR PEMBELAJARAN MENDALAM KELAS 5 SD SEMUA MATA PELAJARAN (DISINI)
DOWNLOAD MODUL AJAR PEMBELAJARAN MENDALAM KELAS 6 SD SEMUA MATA PELAJARAN (DISINI)
Demikian informasi tentang link
download Download Modul Ajar Pembelajaran Mendalam Kelas 1 SD Semua Mata
Pelajaran. Semoga ada manfaatnya.
Posting Komentar untuk "DOWNLOAD MODUL AJAR PEMBELAJARAN MENDALAM KELAS 1 SD SEMUA MATA PELAJARAN"
Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem