Skip to content
Home » Persyaratan dan Jadwal Pendaftaran Beasiswa LPDP 2024

Persyaratan dan Jadwal Pendaftaran Beasiswa LPDP 2024

Persyaratan dan Jadwal Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahun 2024

Persyaratan dan Jadwal Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahun 2024. Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) 2024 menjadi salah satu kesempatan luar biasa bagi para mahasiswa yang tengah memburu beasiswa untuk pendidikan lanjutan. Dengan bantuan finansial yang signifikan, program Beasiswa LPDP memberikan dukungan kepada mahasiswa yang ingin mengejar gelar S2 (Magister) atau S3 (Doktor) baik di dalam maupun luar negeri.

 

Beasiswa LPDP 2024 menawarkan peluang besar untuk mendapatkan pendidikan berkualitas tanpa beban finansial yang berlebihan. Dengan mengikuti jadwal, memenuhi syarat, dan mengikuti langkah-langkah pendaftaran dengan cermat, Anda dapat meraih impian pendidikan Anda. Persiapkan diri dengan baik, dan semoga sukses dalam perjalanan pendidikan Anda dengan dukungan Beasiswa LPDP.

 

Apa saja Persyaratan Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahn 2024 dan Kapan Jadwal Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahun2024 ? Untuk memastikan kelayakan Anda dalam mendaftar Beasiswa LPDP, berikut adalah syarat umum yang perlu diperhatikan:

·          Warga Negara Indonesia.

·          Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; program magister (S2) untuk beasiswa doktor, atau diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor.

·          Tidak sedang menempuh studi (on going) program magister atau doktor.

·          Tidak sedang mendaftar atau menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding selama menjadi penerima beasiswa LPDP.

·          Memilih perguruan tinggi tujuan dan program studi sesuai dengan ketentuan LPDP.

·          Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan persyaratan bahasa sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pada masing-masing program beasiswa.

·          Menyetujui surat pernyataan yang telah disediakan pada aplikasi pendaftaran beasiswa LPDP.

·          Menulis profil diri termasuk riwayat pendidikan yang tidak diselesaikan pada aplikasi pendaftaran.

·          Menulis komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia.

·          Memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris (IELTS atau TOEFL) sesuai dengan persyaratan masing-masing program.

Dengan memenuhi syarat-syarat di atas, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk menjadi penerima Beasiswa LPDP yang bergengsi.

 

Kapan Jadwal Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahun 2024 ? Berdasarkan informasi dari laman beasiswalpdp.kemenkeu.go.id, pendaftaran untuk Beasiswa LPDP 2024 kemungkinan besar akan dibuka pada awal tahun depan. Diperkirakan pendaftaran akan dimulai pada bulan Januari atau Februari, memberikan waktu yang cukup bagi calon penerima untuk mempersiapkan diri.

 

Adapaun Tata cara pendaftaran Beasiswa LPDP  Tahun 2024 adalah sebagai berikut

·              Akses laman pendaftaran Beasiswa LPDP melalui tautan https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.

·              Pilih opsi “Beasiswa LPDP.”

·              Buat Akun:

·              Jika belum memiliki akun, klik opsi “Belum punya akun? Buat akun disini.”

·              Ikuti langkah-langkah yang muncul, termasuk mengisi formulir pendaftaran dengan informasi yang benar dan sesuai.

·              Verifikasi Akun:

·              Setelah mengisi formulir, klik ‘buat akun.’

·              Pastikan tidak membuat lebih dari satu akun, karena akan diverifikasi melalui Nomor Induk Kependudukan (NIK).

·              Pengisian Formulir:

·              Isi form pendaftaran dengan informasi yang benar dan sesuai dengan keadaan.

·              Dokumen Pendukung:

Lampirkan dokumen pendukung seperti Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, pas foto terbaru, surat keterangan sehat, surat rekomendasi, surat usulan (jika berstatus PNS, CPNS, atau anggota POLRI), LoA (Letter of Acceptance), esai komitmen kembali ke Indonesia, dan sertifikat bahasa (IELTS atau TOEFL).

·              Ijazah dan Transkrip Nilai:

·              Unggah ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir dan diterjemahkan.

Seleksi Beasiswa LDPP Tahun 2024  terdiri dari beberapa tahap yakni Seleksi Administrasi, Seleksi Bakat Skolastik, dan Seleksi Substansi.

 

Demikian informasi tentang Persyaratan dan Jadwal Pendaftaran Beasiswa LPDP 2024. Semoga ada manfaatnya.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page