Pada posting ini, admin akan membagikan Link Download Buku Panduan Kokurikuler Untuk RA MI MTs MA MAK Edisi Tebaru Tahun Edisi 2025/2026. Buku Panduan Kokurikuler yang ada di hadapan Bapak dan Ibu sekalian ini kami susun sebagai peta jalan operasional untuk memperkuat, memperdalam, dan memperkaya pembelajaran intrakurikuler di madrasah kita. Buku ini sebagai sebuah langkah strategis dalam perjalanan pendidikan Islam di Indonesia. Di tengah dinamika zaman yang menuntut lahirnya generasi tangguh, kita dipanggil untuk tidak hanya mengisi akal, tetapi juga menyuburkan jiwa. Misi suci pendidikan kita tetap sama yaitu memanusiakan manusia.
Pendidikan bukanlah sekadar
proses transfer ilmu di dalam ruang kelas. Ia adalah sebuah ekosistem utuh yang
memadukan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Panduan
ini hadir untuk menegaskan peran vital kegiatan kokurikuler sebagai jembatan
yang menghubungkan teori dengan realitas dan konsep dengan pengamalan. Inilah
arena sesungguhnya di mana nilai-nilai luhur yang kita tanamkan melalui
Kurikulum Berbasis Cinta (KBC) dapat dipraktikkan, diuji, dan diinternalisasi
oleh para murid.
Kita semua memahami bahwa
kegiatan kokurikuler memegang peran yang sangat strategis. Ia bukan sekadar
kegiatan tambahan, melainkan sebuah komponen penting untuk menjembatani
pembelajaran konseptual di kelas dengan penerapannya di dunia nyata. Melalui
kegiatan kokurikuler, kita memberikan pengalaman belajar yang eksperiensial,
bermakna, dan menggembirakan, yang secara langsung bertujuan untuk mendukung
pencapaian delapan dimensi profil lulusan dan menginternalisasi nilai-nilai
Panca Cinta.
Melalui kegiatan kokurikuler yang
terencana, kita ingin menyemai Panca Cinta secara nyata dan kontekstual.
Kegiatan seperti pembelajaran kolaboratif lintas disiplin ilmu, Gerakan 7
Kebiasaan Anak Indonesia Hebat (G7KAIH), hingga Kegiatan Kolaboratif Berbasis
Cinta (KKBC) yang diuraikan dalam panduan ini, adalah wujud ikhtiar kita untuk
membentuk delapan dimensi profil lulusan yang kita cita-citakan.
Dalam panduan ini, disajikan
kerangka kerja yang fleksibel dan kontekstual. Madrasah dapat memilih dan
mengembangkan berbagai bentuk kegiatan, seperti pembelajaran kolaboratif lintas
disiplin ilmu, Gerakan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat (G7KAIH), Kegiatan
Kolaboratif Berbasis Cinta (KKBC), atau cara lainnya. Setiap bentuk kegiatan
dirancang untuk dapat disesuaikan dengan analisis potensi, kebutuhan murid,
serta kearifan lokal masing-masing madrasah.
Tujuan akhir kita bersama
adalah menciptakan ekosistem pendidikan yang utuh, di mana setiap murid dapat
berkembang menjadi pribadi yang beriman, berkarakter, dan kompeten. Hal ini
hanya dapat tercapai melalui sinergi yang kuat antara madrasah, keluarga, masyarakat,
dan media, atau yang kita kenal sebagai Catur Pusat Pendidikan.
Kita mendambakan lahirnya
Generasi Emas Indonesia 2045 yaitu generasi yang tidak hanya unggul dalam
penalaran kritis dan kreativitas tetapi juga kokoh dalam keimanan, matang dalam
kolaborasi, dan sehat jiwa raganya. Kegiatan kokurikuler adalah kawah
candradimuka untuk menempa karakter-karakter tersebut.
Kemenag mengajak seluruh
pemangku kepentingan, para pengelola madrasah, guru, orang tua, dan masyarakat
untuk menjadikan panduan ini sebagai inspirasi. Mari kita hidupkan setiap
halaman madrasah sebagai ruang belajar yang bermakna, menggembirakan, dan
memberdayakan. Sebab, dari sanalah akan lahir para pemimpin masa depan yang
berilmu, berakhlak, dan berdaya cinta.
Isi lengkap Buku Panduan
Kokurikuler Untuk RA MI MTs MA MAK Edisi Tebaru Tahun Edisi 2025/2026 adalah
sebagai berikut
BAB I KONSEP DAN TUJUAN
KOKURIKULER
A.
Pengertian Kokurikuler
B.
Urgensi Kokurikuler
C.
Tujuan Kokurikuler
D.
Karakteristik Kokurikuler
BAB II KERANGKA PEMBELAJARAN
KOKURIKULER
A.
Praktik Pedagogis
B.
Lingkungan Belajar
C.
Kemitraan Pembelajaran
1.
Peran Madrasah
2.
Peran Keluarga dalam Kokurikuler
3.
Peran Masyarakat dalam Kokurikuler
4.
Peran Media dalam Kokurikuler
D.
Pemanfaatan Teknologi Digital
BAB III PERENCANAAN,
PELAKSANAAN DAN ASESMEN KOKURIKULER 14
A.
Perencanaan Kokurikuler
1. Penentuan
Tim Kerja
2. Analisis
Madrasah
3. Membuat
Perencanaan Berdasarkan Hasil Analisis
4. Pembelajaran
Kolaborasi Lintas Disiplin Ilmu
5. Gerakan
7 KAIH
6. Kegiatan
Kolaboratif Berbasis Cinta (KKBC)
7. Cara
Lainnya
B.
Pelaksanaan dan Asesmen Kokurikuler
C.
Pelaporan Hasil Kokurikuler
BAB IV EVALUASI DAN TINDAK
LANJUT KOKURIKULER 58
A.
Tujuan Evaluasi Kegiatan Kokurikuler
B.
Model Evaluasi Kegiatan
C.
Pelaksana Evaluasi Kegiatan Kokurikuler
D.
Analisis Evaluasi Kegiatan Kokurikuler
E.
Tindak Lanjut
BAB V PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Selengkapnya silahkan download
dan baca Buku Panduan Kokurikuler Untuk RA MI MTs MA MAK Edisi Tebaru Tahun Edisi
2025/2026
Link download Buku Panduan Kokurikuler RA MI MTs MA MAK Edisi Tebaru
Demikian informasi tentang Link
Download Buku Panduan Kokurikuler Untuk RA MI MTs MA MAK Edisi Tebaru Tahun Edisi
2025/2026. Semoga ada manfaatnya

Terima kasih.
BalasHapus