BUKU PANDUAN KOKURIKULER RA MI MTS MA MAK EDISI 2025/2026

Buku Panduan Kokurikuler Untuk RA MI MTs MA MAK Edisi Tebaru Tahun Edisi 2025/2026


Pada posting ini, admin akan membagikan Link Download Buku Panduan Kokurikuler Untuk RA MI MTs MA MAK Edisi Tebaru Tahun Edisi 2025/2026. Buku Panduan Kokurikuler yang ada di hadapan Bapak dan Ibu sekalian ini kami susun sebagai peta jalan operasional untuk memperkuat, memperdalam, dan memperkaya pembelajaran intrakurikuler di madrasah kita. Buku ini sebagai sebuah langkah strategis dalam perjalanan pendidikan Islam di Indonesia. Di tengah dinamika zaman yang menuntut lahirnya generasi tangguh, kita dipanggil untuk tidak hanya mengisi akal, tetapi juga menyuburkan jiwa. Misi suci pendidikan kita tetap sama yaitu memanusiakan manusia.

 

Pendidikan bukanlah sekadar proses transfer ilmu di dalam ruang kelas. Ia adalah sebuah ekosistem utuh yang memadukan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Panduan ini hadir untuk menegaskan peran vital kegiatan kokurikuler sebagai jembatan yang menghubungkan teori dengan realitas dan konsep dengan pengamalan. Inilah arena sesungguhnya di mana nilai-nilai luhur yang kita tanamkan melalui Kurikulum Berbasis Cinta (KBC) dapat dipraktikkan, diuji, dan diinternalisasi oleh para murid.

 

Kita semua memahami bahwa kegiatan kokurikuler memegang peran yang sangat strategis. Ia bukan sekadar kegiatan tambahan, melainkan sebuah komponen penting untuk menjembatani pembelajaran konseptual di kelas dengan penerapannya di dunia nyata. Melalui kegiatan kokurikuler, kita memberikan pengalaman belajar yang eksperiensial, bermakna, dan menggembirakan, yang secara langsung bertujuan untuk mendukung pencapaian delapan dimensi profil lulusan dan menginternalisasi nilai-nilai Panca Cinta.

 

Melalui kegiatan kokurikuler yang terencana, kita ingin menyemai Panca Cinta secara nyata dan kontekstual. Kegiatan seperti pembelajaran kolaboratif lintas disiplin ilmu, Gerakan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat (G7KAIH), hingga Kegiatan Kolaboratif Berbasis Cinta (KKBC) yang diuraikan dalam panduan ini, adalah wujud ikhtiar kita untuk membentuk delapan dimensi profil lulusan yang kita cita-citakan.

 

Dalam panduan ini, disajikan kerangka kerja yang fleksibel dan kontekstual. Madrasah dapat memilih dan mengembangkan berbagai bentuk kegiatan, seperti pembelajaran kolaboratif lintas disiplin ilmu, Gerakan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat (G7KAIH), Kegiatan Kolaboratif Berbasis Cinta (KKBC), atau cara lainnya. Setiap bentuk kegiatan dirancang untuk dapat disesuaikan dengan analisis potensi, kebutuhan murid, serta kearifan lokal masing-masing madrasah.

 

Tujuan akhir kita bersama adalah menciptakan ekosistem pendidikan yang utuh, di mana setiap murid dapat berkembang menjadi pribadi yang beriman, berkarakter, dan kompeten. Hal ini hanya dapat tercapai melalui sinergi yang kuat antara madrasah, keluarga, masyarakat, dan media, atau yang kita kenal sebagai Catur Pusat Pendidikan.

 

Kita mendambakan lahirnya Generasi Emas Indonesia 2045 yaitu generasi yang tidak hanya unggul dalam penalaran kritis dan kreativitas tetapi juga kokoh dalam keimanan, matang dalam kolaborasi, dan sehat jiwa raganya. Kegiatan kokurikuler adalah kawah candradimuka untuk menempa karakter-karakter tersebut.

 

Kemenag mengajak seluruh pemangku kepentingan, para pengelola madrasah, guru, orang tua, dan masyarakat untuk menjadikan panduan ini sebagai inspirasi. Mari kita hidupkan setiap halaman madrasah sebagai ruang belajar yang bermakna, menggembirakan, dan memberdayakan. Sebab, dari sanalah akan lahir para pemimpin masa depan yang berilmu, berakhlak, dan berdaya cinta.

 

Isi lengkap Buku Panduan Kokurikuler Untuk RA MI MTs MA MAK Edisi Tebaru Tahun Edisi 2025/2026 adalah sebagai berikut

 

BAB I KONSEP DAN TUJUAN KOKURIKULER

A. Pengertian Kokurikuler

B. Urgensi Kokurikuler

C. Tujuan Kokurikuler

D. Karakteristik Kokurikuler

 

BAB II KERANGKA PEMBELAJARAN KOKURIKULER

A. Praktik Pedagogis

B. Lingkungan Belajar

C. Kemitraan Pembelajaran

1. Peran Madrasah

2. Peran Keluarga dalam Kokurikuler

3. Peran Masyarakat dalam Kokurikuler

4. Peran Media dalam Kokurikuler

D. Pemanfaatan Teknologi Digital

 

BAB III PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN ASESMEN KOKURIKULER 14

A. Perencanaan Kokurikuler

1. Penentuan Tim Kerja

2. Analisis Madrasah

3. Membuat Perencanaan Berdasarkan Hasil Analisis

4. Pembelajaran Kolaborasi Lintas Disiplin Ilmu

5. Gerakan 7 KAIH

6. Kegiatan Kolaboratif Berbasis Cinta (KKBC)

7. Cara Lainnya

B. Pelaksanaan dan Asesmen Kokurikuler

C. Pelaporan Hasil Kokurikuler

 

BAB IV EVALUASI DAN TINDAK LANJUT KOKURIKULER 58

A. Tujuan Evaluasi Kegiatan Kokurikuler

B. Model Evaluasi Kegiatan

C. Pelaksana Evaluasi Kegiatan Kokurikuler

D. Analisis Evaluasi Kegiatan Kokurikuler

E. Tindak Lanjut

 

BAB V PENUTUP

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Buku Panduan Kokurikuler Untuk RA MI MTs MA MAK Edisi Tebaru Tahun Edisi 2025/2026

 

Link download Buku Panduan Kokurikuler RA MI MTs MA MAK Edisi Tebaru

 

Demikian informasi tentang Link Download Buku Panduan Kokurikuler Untuk RA MI MTs MA MAK Edisi Tebaru Tahun Edisi 2025/2026. Semoga ada manfaatnya



= Baca Juga =

1 komentar untuk " BUKU PANDUAN KOKURIKULER RA MI MTS MA MAK EDISI 2025/2026"

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem



































Free site counter


































Free site counter