Contoh Instrumen Supervisi Guru Implementasi Pembelajaran Mendalam. Sebagaimana dijelaskan dalam Keputusan Menteri Pendidikan Dasar Dan Menengah Republik Indonesia Kepmendikdasmen Nomor 221/P/2025 Tentang Petunjuk Teknis Pemenuhan Beban Kerja Guru, bahwa salah satu tupoksi guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah adalah melaksanakan adalah melaksanakan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan dengan bukti dukung berupa laporan pelaksanaan supervisi guru/pendidik yang tentu memuat Instrumen Supervisi Guru Berbasis Pembelajaran Mendalam bagi yang sudah menerapkannya.
Adapun
rincian tugas guru sebagai kepala sekolah terkait dengan supervisi kepada guru
dan tenaga kependidikan, antara lain: 1) merencanakan supervisi pembelajaran
bagi guru/pendidik dan tenaga
kependidikan yang mendukung
pembelajaran dengan menggunakan data kinerja secara berkala; 2) melakukan
supervisi dan umpan balik pembelajaran terhadap guru/pendidik dan tenaga
kependidikan yang meliputi observasi pembelajaran, wawancara, atau metode
lainnya yang relevan; 3) melakukan supervisi dan umpan balik terhadap tim
penilai kinerja, tim pengembangan keprofesian berkelanjutan, tim pencegahan dan
penanganan kekerasan di satuan pendidikan (TPPK), satuan tugas perlindungan
pendidik dan tenaga kependidikan, danfatau tim lainnya yang mendukung layanan satuan pendidikan; dan 4) menyusun
laporan pelaksanaan supervisi guru/pendidik dan tenaga kependidikan.
Tujuan
Supervisi Guru dalam Implementasi Pembelajaran Mendalam adalah untuk memastikan bahwa proses
pembelajaran berjalan secara efektif sehingga peserta didik memperoleh
pengalaman belajar yang bermakna, kritis, kolaboratif, dan berkelanjutan.
Secara lebih lengkap, tujuan supervisi ini meliputi:
Secara
rinci Tujuan Utama Supervisi Guru pada Implementasi Pembelajaran Mendalam: a)
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Membantu guru merancang dan
melaksanakan pembelajaran agar tidak hanya fokus pada hafalan, tetapi mendorong
peserta didik berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking); b) Mendorong
refleksi dan perbaikan praktik mengajar. Supervisi memberikan ruang bagi guru
untuk merenungkan kelemahan dan kekuatan dalam pembelajaran, agar dapat
melakukan perbaikan berkelanjutan; c) Membantu guru menerapkan Pembelajaran
Mendalam. Supervisi memastikan guru menggunakan pendekatan Pembelajaran
Mendalam; d) Menjamin lingkungan kelas yang mendukung keaktifan dan kemandirian
belajar. Guru dibimbing untuk mengelola kelas yang memfasilitasi interaksi,
kreativitas, komunikasi, serta kerja sama antar siswa; e) Mengoptimalkan
asesmen formatif dan sumatif. Supervisi membantu guru mengintegrasikan
penilaian yang mengukur kompetensi esensial — bukan hanya nilai angka, tetapi
profil kompetensi murid; f) Mendukung pengembangan profesional guru. Supervisi
menjadi wadah peningkatan kompetensi, literasi pedagogik, teknologi pembelajaran,
dan kemampuan merancang kurikulum; dan g) Menguatkan budaya belajar sepanjang
hayat. Baik guru maupun siswa didorong menjadi pembelajar aktif, reflektif, dan
inovatif.
Pada
kesempatan ini admin akan berbagi Contoh Instrumen Supervisi Guru
Implementasi Pembelajaran Mendalam sebagai referensi dalam membuat laporan perencanaan
dan pelaksanaan supervisi. Sebagaimana diketahui berdasarkan Kepmendikdasmen
Nomor 221/P/2025 Tentang Petunjuk Teknis Pemenuhan Beban Kerja Guru, bukti
dukung guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah adalah: 1)
dokumen perencanaan dan pelaksanaan supervisi; 2) dokumen refleksi hasil
supervisi; dan 3) laporan pelaksanaan supervisi.
Berikut
ini Link download Contoh Instrumen Supervisi Guru Implementasi Pembelajaran
Mendalam
Link
download Contoh Instrumen Supervisi Perencanaan Pembelajaran Mendalam
Link
download Contoh Instrumen Supervisi Pelaksanaan Pembelajaran Mendalam
Demikian
informasi tentang Link download Contoh Instrumen Supervisi Guru Implementasi
Pembelajaran Mendalam. Semoga ada manfaatnya.

Posting Komentar untuk "CONTOH INSTRUMEN SUPERVISI GURU IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENDALAM"
Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem