Modul Pedagogik Koding dan Kecerdasan Artifisial (Prinsip Pedagogik, HOTs, TPACK, Pembelajaran Mendalam dan Desain Pembelajaran) yang diterbitkan oleh Direktorat Guru Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru, Tenaga Kependidikan dan Pendidikan Guru Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah ini merupakan salah satu materi Bimtek Guru dalam Penerapan Koding dan Kecerdasan Artifisial dalam pembelajaran di sekolah jenjang SMA SMK.
Mengajar adalah sebuah ilmu dan seni. Sebagai seorang pendidik selain
menguasai konten pengajaran yang akan disampaikan, guru perlu menguasai ilmu
dan keterampilan yang baik untuk menyampaikan konten pengajaran. Hal ini
penting agar konten pengetahuan yang disampaikan menjadi lebih mudah diterima
oleh peserta didik. Selain itu, penguasaan keterampilan pengajaran yang baik
oleh pendidik juga pun dapat menciptakan pembelajaran yang produktif yang dapat
meningkatkan keterampilan lain yang diperlukan di abad 21 bagi peserta didik.
Kemampuan menyampaikan konten pembelajaran ini didalamnya termasuk kemampuan
untuk menyusun perencanaan pembelajaran, melaksanaan perencanaan tersebut serta
mengevaluasi prosesnya. Hal lain yang mendukung kemampuan-kemampuan tersebut adalah
kemampuan untuk memotivasi, kemampuan untuk memahami kebutuhan peserta didik,
kemampuan menciptakan lingkungan
pembelajaran yang positif serta kemampuan untuk menginspirasi peserta didik.
Modul pedagogik Koding dan
Kecerdasan Artifisial
disusun memperkuat pengetahuan dan keterampilan guru dalam menyampaikan konten
pembelajaran, khususnya konten mata pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial
di jenjang SMA SMK. Modul ini membekali guru dengan berbagai pengetahuan yaitu
pengetahuan mengenai prinsip-prinsip pedagogik, pembelajaran berorientasi HOTs,
integrasi pembelajaran dengan kerangka kerja TPACK. Dengan berbekal penguasaan
pengetahuan tersebut, modul ini akan menuntun guru untuk dapat merencanakan
pembelajaran yang baik yang diwujudkan pada proses desain pembelajaran dan
perancangan modul pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial untuk fase E
pada Kurikulum Nasional 2025. Hasil dari perancangan perencanaan pembelajaran
tersebut selanjutnya akan diimplementasikan dan dievaluasi pada proyek microteaching
pada bagian akhir dari modul ini. Harapan penulis, semoga dengan disusunnya
modul ini dapat membantu guru untuk dapat menguasai pengetahuan dan
keterampilan mengajar yang baik, terutama dalam kegiatan Bimtek Koding dan
Kecerdasan Artifisial untuk guru SMA SMK Tahun 2025.
Apa Tujuan Pembelajaran pada Modul? Setelah membaca dan mempelajari modul
ini, para guru diharapkan dapat menguasai dan terampil untuk menciptakan proses
pembelajaran yang kondusif dan sesuai dengan kebutuhan abad 21. Kemampuan dan
keterampilan guru yang ingin dikembangkan dari modul ini adalah :
1. Mampu memahami dan mengembangkan
materi esensial mata pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial;
2. Mampu mengembangkan kepribadian,
mental dan keterampilan peserta didik dalam menghadapi permasalahan secara
sistematis dan logis berbantuan teknologi kecerdasan artifisial;
3. Mampu mengembangkan proses
belajar kolaborasi terbimbing untuk membangun kemandirian dalam memecahkan
kasus/studi kasus;
4. Mampu merancang pengalaman
belajar peserta didik dengan pendekatan pembelajaran mendalam
melalui perencanaan pembelajaran
sesuai dengan
karakteristik peserta didik;
5. Mampu mengimplementasikan model
pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial dengan atau tanpa fasilitas TIK
(Plugged atau Unplugged);
6. Mampu mengembangkan perencanaan
pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial dengan mengimplementasikan
pembelajaran berbasis HOTs dan mengintegrasikan kerangka TPACK
Secara umum, terdapat 4 bagian utama pada modul yang disajikan yaitu :
Prinsip-prinsip pedagogik, pembelajaran berbasis HOTs, Integrasi pembelajaran
dalam kerangka TPACK, dan Desain pembelajaran dan pengembangan modul dengan
pendekatan pembelajaran mendalam. Adapun Isi modul ini adalah sebagai berikut:
I. Prinsip-prinsip Pedagogik
II. Pembelajaran Berorientasi Pada
Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skills)
II.1. Fungsionalitas Pembelajaran
Berbasis HOTS
II.2. Taksonomi Pembelajaran dan
Tujuan Pembelajaran Berbasis HOTS
III. Pembelajaran Dengan Kerangka
Kerja TPACK
III.1. Kerangka Kerja TPACK
III.2. Komponen TPACK
III.3. Model Pengembangan TPACK
II.4 Kompetensi Guru Koding dan
Kecerdasan Artifisial dalam Konsep TPACK
V. Rancangan Pembelajaran Berbasis
Pendekatan Pembelajaran Mendalam
V.1 Rancangan Pembelajaran
1. Memahami Capaian Pembelajaran
2. Merumuskan Tujuan Pembelajaran
(TP)
3. Menyusun Alur Tujuan
Pembelajaran (ATP)
4. Merancang Pembelajaran dan
Asesmen
IV.3 Pendekatan Pembelajaran
Mendalam
V.3.1 Konsep Pembelajaran Mendalam
IV. 3.2 Rancangan Pengalaman
Belajar
IV. 3.3 Perencanaan Pembelajaran
VI. Proyek
Peerteaching/Microteaching
Berikut ini Penampang Modul Modul Pelatihan Koding dan Kecerdasan
Artifisial
Link download Modul Pedagogik Koding dan KA
Link Download
Modul Koding dan KA (Kecerdasan Artifisial) Untuk Guru SD
SMP SMA SMK
Demikian informasi tentang Modul
Pedagogik Koding dan Kecerdasan Artifisial (Prinsip Pedagogik, HOTs, TPACK,
Pembelajaran Mendalam dan Desain Pembelajaran)
Posting Komentar untuk "MODUL PEDAGOGIK KODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL (KA)"
Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem