zmedia

MODUL PEDAGOGIK KODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL (KA)

Modul Pedagogik Koding dan Kecerdasan Artifisial (Prinsip Pedagogik, HOTs, TPACK, Pembelajaran Mendalam dan Desain Pembelajaran)


Modul Pedagogik Koding dan Kecerdasan Artifisial (Prinsip Pedagogik, HOTs, TPACK, Pembelajaran Mendalam dan Desain Pembelajaran) yang diterbitkan oleh Direktorat Guru Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru, Tenaga Kependidikan dan Pendidikan Guru Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah ini merupakan salah satu materi Bimtek Guru dalam Penerapan Koding dan Kecerdasan Artifisial dalam pembelajaran di sekolah jenjang SMA SMK.

 

Mengajar adalah sebuah ilmu dan seni. Sebagai seorang pendidik selain menguasai konten pengajaran yang akan disampaikan, guru perlu menguasai ilmu dan keterampilan yang baik untuk menyampaikan konten pengajaran. Hal ini penting agar konten pengetahuan yang disampaikan menjadi lebih mudah diterima oleh peserta didik. Selain itu, penguasaan keterampilan pengajaran yang baik oleh pendidik juga pun dapat menciptakan pembelajaran yang produktif yang dapat meningkatkan keterampilan lain yang diperlukan di abad 21 bagi peserta didik. Kemampuan menyampaikan konten pembelajaran ini didalamnya termasuk kemampuan untuk menyusun perencanaan pembelajaran, melaksanaan perencanaan tersebut serta mengevaluasi prosesnya. Hal lain yang mendukung kemampuan-kemampuan tersebut adalah kemampuan untuk memotivasi, kemampuan untuk memahami kebutuhan peserta didik, kemampuan menciptakan  lingkungan pembelajaran yang positif serta kemampuan untuk menginspirasi peserta didik.

 

Modul pedagogik Koding dan Kecerdasan Artifisial disusun memperkuat pengetahuan dan keterampilan guru dalam menyampaikan konten pembelajaran, khususnya konten mata pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial di jenjang SMA SMK. Modul ini membekali guru dengan berbagai pengetahuan yaitu pengetahuan mengenai prinsip-prinsip pedagogik, pembelajaran berorientasi HOTs, integrasi pembelajaran dengan kerangka kerja TPACK. Dengan berbekal penguasaan pengetahuan tersebut, modul ini akan menuntun guru untuk dapat merencanakan pembelajaran yang baik yang diwujudkan pada proses desain pembelajaran dan perancangan modul pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial untuk fase E pada Kurikulum Nasional 2025. Hasil dari perancangan perencanaan pembelajaran tersebut selanjutnya akan diimplementasikan dan dievaluasi pada proyek microteaching pada bagian akhir dari modul ini. Harapan penulis, semoga dengan disusunnya modul ini dapat membantu guru untuk dapat menguasai pengetahuan dan keterampilan mengajar yang baik, terutama dalam kegiatan Bimtek Koding dan Kecerdasan Artifisial untuk guru SMA SMK Tahun 2025.

 

Apa Tujuan Pembelajaran pada Modul? Setelah membaca dan mempelajari modul ini, para guru diharapkan dapat menguasai dan terampil untuk menciptakan proses pembelajaran yang kondusif dan sesuai dengan kebutuhan abad 21. Kemampuan dan keterampilan guru yang ingin dikembangkan dari modul ini adalah :

1. Mampu memahami dan mengembangkan materi esensial mata pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial;

2. Mampu mengembangkan kepribadian, mental dan keterampilan peserta didik dalam menghadapi permasalahan secara sistematis dan logis berbantuan teknologi kecerdasan artifisial;

3. Mampu mengembangkan proses belajar kolaborasi terbimbing untuk membangun kemandirian dalam memecahkan kasus/studi kasus;

4. Mampu merancang pengalaman belajar peserta didik dengan pendekatan pembelajaran  mendalam  melalui  perencanaan  pembelajaran  sesuai  dengan

karakteristik peserta didik;

5. Mampu mengimplementasikan model pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial dengan atau tanpa fasilitas TIK (Plugged atau Unplugged);

6. Mampu mengembangkan perencanaan pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial dengan mengimplementasikan pembelajaran berbasis HOTs dan mengintegrasikan kerangka TPACK

 

Secara umum, terdapat 4 bagian utama pada modul yang disajikan yaitu : Prinsip-prinsip pedagogik, pembelajaran berbasis HOTs, Integrasi pembelajaran dalam kerangka TPACK, dan Desain pembelajaran dan pengembangan modul dengan pendekatan pembelajaran mendalam. Adapun Isi modul ini adalah sebagai berikut:

I. Prinsip-prinsip Pedagogik

II. Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skills)

II.1. Fungsionalitas Pembelajaran Berbasis HOTS

II.2. Taksonomi Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran Berbasis HOTS

III. Pembelajaran Dengan Kerangka Kerja TPACK

III.1. Kerangka Kerja TPACK

III.2. Komponen TPACK

III.3. Model Pengembangan TPACK

II.4 Kompetensi Guru Koding dan Kecerdasan Artifisial dalam Konsep TPACK

V. Rancangan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Pembelajaran Mendalam

V.1 Rancangan Pembelajaran

1. Memahami Capaian Pembelajaran

2. Merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP)

3. Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

4. Merancang Pembelajaran dan Asesmen

IV.3 Pendekatan Pembelajaran Mendalam

V.3.1 Konsep Pembelajaran Mendalam

IV. 3.2 Rancangan Pengalaman Belajar

IV. 3.3 Perencanaan Pembelajaran

VI. Proyek Peerteaching/Microteaching

 

Berikut ini Penampang Modul Modul Pelatihan Koding dan Kecerdasan Artifisial

 




Link download Modul Pedagogik Koding dan KA


Link Download Modul Koding dan KA (Kecerdasan Artifisial) Untuk Guru SD SMP SMA SMK


Demikian informasi tentang Modul Pedagogik Koding dan Kecerdasan Artifisial (Prinsip Pedagogik, HOTs, TPACK, Pembelajaran Mendalam dan Desain Pembelajaran)



= Baca Juga =


Posting Komentar untuk "MODUL PEDAGOGIK KODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL (KA)"



































Free site counter


































Free site counter