zmedia

MODUL AJAR SD SMP SMA PEMBELAJARAN MENDALAM

Modul Ajar SD SMP SMA dengan Pendekatan Pembelajaran Mendalam
Modul Ajar SD SMP SMA dengan Pendekatan Pembelajaran Mendalam


Ada 3 (tiga) tahapan yang dilakukan dalam implementasi Pembelajaran Mendalam: 1) Perencanaan. Perencanaan PM melalui refleksi guru terhadap diri sendiri, karakteristik murid, materi pelajaran, sumber daya dan mitra pembelajaran; 2) Pelaksanaan. Pelaksanaan pembelajaran dengan prinsip berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan melalui pengalaman belajar memahami, mengaplikasi, dan merefleksi; dan 3) Asesmen Asesmen tidak hanya berfokus pada penguasaan teori, tetapi juga pada pemahaman konseptual yang mendalam, keterampilan berpikir kritis, serta penerapan dalam kehidupan nyata.

 

Salah satu tahapan perencanaan implementasi Pembelajaran Mendalam adalah membuat Modul Ajar SD SMP SMA dengan Pendekatan Pembelajaran Mendalam. Sebagaimana diketahui Modul ajar merupakan salah satu perangkat ajar, berupa dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran.

 

Modul ajar serupa dengan RPP atau lesson plan yang memuat rencana pembelajaran di kelas. Namun, pada modul ajar terdapat komponen yang lebih lengkap dibanding RPP sehingga disebut RPP Plus.

 

Adapun Komponen Modul Ajar dengan Pendekatan Pembelajaran Mendalam adalah 1) Identifikasi 2) Desain pembelajaran; 3) Pengalaman Belajar; dan 4) Asesmen. Adapun komponen Identifikasi meliputi: a) Mengidentifikasi kesiapan murid; b) Memahami karakteristik materi pelajaran; c) Menentukan dimensi profil Lulusan.

 

Komponen Desain Pembelajaran, meliputi: a) Menentukan tujuan pembelajaran; b) Menentukan kerangka pembelajaran (praktis pedagogis, kemitraan pembelajaran, lingkungan pembelajaran, pemanfaatan digital); c) Menentukan topik pembelajaran yang kontekstual dan relevan; d) Mengintegrasikan lintas disiplin ilmu yang relevan dengan topik.

 

Komponen Pengalaman Belajar meliput; a) Merancang pembelajaran dengan prinsip berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan; dan b) Mendeskripsikan pengalaman belajar memahami, mengaplikasi, dan merefleksi. Sedangkan komponen asesmen, meliputi a) Asesmen pada awal pembelajaran; b) Asesmen pada proses pembelajaran; c) Asesmen pada akhir pembelajara.

 

Link download Modul Ajar SD SMP SMA dengan Pendekatan Pembelajaran Mendalam

 

Demikian informasi tentang Modul Ajar SD SMP SMA dengan Pendekatan Pembelajaran Mendalam. Semoga ada manfaatnya.

 



= Baca Juga =



Posting Komentar untuk "MODUL AJAR SD SMP SMA PEMBELAJARAN MENDALAM"



































Free site counter


































Free site counter