Panduan Penyusunan KSP (Kurikulum Satuan Pendidikan) Tahun 2025 ini merupakan hasil perubahan/revisi dari Panduan Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan sebelumnya. Perubahan tersebut didasari pada hasil umpan balik dari lapangan, serta sebagai bentuk penyesuaian terhadap kebijakan dan regulasi terbaru dalam implementasi kurikulum.
Dalam penyusunannya, satuan
pendidikan memperhatikan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. Prinsip
pengembangan ini bertujuan untuk membantu proses berpikir dalam menyusun
kurikulum satuan pendidikan dan menjadi dasar merencanakan, melaksanakan, dan
mengevaluasi kurikulum. Satuan pendidikan diberikan kebebasan dalam
pengembangan dengan menyesuaikan tujuan utama dari Kurikulum Satuan Pendidikan,
sejauh komponen dasarnya tercakup di dalamnya. Khusus untuk Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK), kurikulum adalah kurikulum implementatif yang menjabarkan
kurikulum inti bidang dan program kompetensi ke dalam bentuk konsentrasi serta
potensi internal sekolah dan dunia kerja.
Panduan Pengembangan
Kurikulum Satuan Pendidikan merupakan dokumen untuk membantu satuan pendidikan
dalam mengembangkan kurikulumnya. Kurikulum satuan pendidikan dikembangkan dan
dikelola dengan mengacu kepada standar dan kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah
serta menyelaraskannya dengan karakteristik dan kebutuhan murid, satuan
pendidikan, serta daerah.
Panduan meliputi komponen
minimal yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset
dan Teknologi Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia
Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah sebagaimana
telah diubah dengan Peraturan Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 13
Tahun 2025 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan,
Riset, dan Teknologi Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak
Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Dalam
menyusun kurikulum satuan pendidikan, satuan pendidikan diberikan kewenangan
untuk menentukan bentuk dan sistematika penyusunannya, dan dapat disesuaikan
dengan konteks satuan pendidikan.
Panduan
Penyusunan KSP (Kurikulum Satuan Pendidikan) Tahun 2025 ini
digunakan bersama dengan dokumen-dokumen lain yang terkait, di antaranya:
Panduan Pembelajaran dan Asesmen, Panduan Kokurikuler, Panduan Pelaksanaan
Pendidikan Inklusif, Panduan Implementasi Bimbingan dan Konseling, Panduan
Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan di SMA/MA/Bentuk Lain yang Sederajat, dan
Panduan Pengembangan Bakat dan Minat Murid SMK Melalui Pemilihan Konsentrasi
Keahlian dan Ekstrakurikuler. Dokumen-dokumen tersebut diharapkan dapat dibaca
dan dipelajari dengan saksama sebagai penunjang pengembangan kurikulum satuan
pendidikan.
Untuk diketahui bahwa Kurikulum
Satuan Pendidikan merupakan dokumen hidup (living document) yang membantu
satuan pendidikan untuk menyelenggarakan pendidikan berkualitas yang terwujud
melalui proses analisis, refleksi, dan evaluasi berbasis data yang telah
dijalankan secara sistematis dan terstruktur.
Bagaimana cara menggunakan
panduan ini? Panduan pengembangan kurikulum satuan pendidikan ini disusun untuk
membantu satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum yang kontekstual dan
relevan bagi satuan pendidikan, terutama bagi murid dalam mencapai delapan
dimensi profil lulusan yaitu (1) keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha
Esa, (2) kewargaan, (3) penalaran kritis, (4) kreativitas, (5) kolaborasi, (6)
kemandirian, (7) kesehatan, dan (8) komunikasi. Dimensi profil lulusan
merupakan kompetensi utuh yang harus dimiliki oleh setiap murid setelah
menyelesaikan proses pembelajaran dan pendidikan. Di samping itu, delapan
dimensi profil lulusan menumbuhkembangkan lulusan yang memiliki kepemimpinan
efektif yang berintegritas, profesional, dan transformatif.
Panduan ini memberikan
gambaran mengenai prinsip-prinsip dalam merencanakan, melaksanakan, dan
mengevaluasi kurikulum, serta tahapan pembelajaran. Dalam dokumen ini,
diberikan beberapa tahapan dalam menyusun setiap komponen kurikulum satuan
pendidikan sesuai kesiapan dan kondisi masing-masing. Panduan ini juga berisi
contoh-contoh strategi dan alat yang bisa dijadikan inspirasi pengembangan.
Selengkapnya silahkan
download dan baca Salinan Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan
Tahun 2025 melalui link yang kami sediakan di bawah ini.
Link download Buku PanduanPenyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan Tahun 2025
Demikian informasi tentang Panduan Penyusunan KSP (Kurikulum Satuan
Pendidikan) Tahun 2025. Semoga ada manfaatnya.
Posting Komentar untuk "PANDUAN PENYUSUNAN KSP TAHUN 2025"
Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem