Buku Panduan PPA (Pembelajaran dan Asesmen) Tahun 2025 ini merupakan dokumen yang berisi kerangka kerja pembelajaran mendalam, perencanaan pembelajaran dan asesmen, pelaksanaan pembelajaran dan asesmen, pengolahan dan pelaporan hasil asesmen, serta contoh-contoh yang dapat memandu pendidik dan satuan pendidikan dalam perencanaan, pelaksanaan, pembelajaran, dan asesmen.
Perencanaan pembelajaran
merupakan aktivitas untuk merumuskan capaian pembelajaran yang menjadi tujuan
belajar dari suatu unit pembelajaran, cara untuk mencapai tujuan belajar, dan
cara menilai ketercapaian tujuan belajar. Pembelajaran mendalam dirancang
sebagai pendekatan yang mampu menjawab tantangan krisis pembelajaran dan
kebutuhan pembelajaran abad ke-21. Pendekatan ini bertujuan untuk mendorong
pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi, penerapan pengetahuan dalam
konteks dunia nyata, serta pembelajaran yang berkesadaran, bermakna, dan
menggembirakan. Sementara asesmen adalah aktivitas selama proses pembelajaran
untuk mencari bukti ketercapaian tujuan pembelajaran.
Dalam panduan ini,
pembelajaran dan asesmen merupakan satu siklus, di mana asesmen memberikan
informasi tentang pembelajaran yang perlu dirancang, kemudian asesmen digunakan
untuk mengecek efektivitas pembelajaran yang berlangsung. Oleh karena itu,
asesmen yang diutamakan adalah asesmen formatif yang berorientasi pada
perkembangan kompetensi murid.
Untuk menghadapi tantangan
dan kebutuhan pembelajaran abad 21, murid seyogianya menjadi fokus utama
sehingga dapat lebih menciptakan pembelajaran yang mendalam. Usaha untuk
menjadikan murid menjadi pembelajar yang aktif akan memudahkan usaha untuk
mengaktualisasikan tujuan pendidikan, yaitu berkembangnya kompetensi murid.
Dalam kaitannya dengan
pembelajaran dan asesmen yang berpusat dan berpihak pada murid perlu adanya
panduan bagi pendidik pada tingkat satuan pendidikan dalam pengimplementasian
pembelajaran mendalam.
Panduan ini dapat dijadikan
acuan dalam pembelajaran dan asesmen di dalam kelas yang mengacu pada standar
proses dan standar penilaian. Standar proses dan standar penilaian digunakan
sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran dan asesmen yang efektif dan
efisien sehingga mampu untuk mengembangkan potensi, prakarsa, kemampuan, dan
kemandirian murid secara optimal. Selanjutnya, pembelajaran dan asesmen juga
diarahkan untuk memberikan fleksibilitas bagi pendidik dan murid dalam mencapai
tujuan pembelajaran yang ditetapkan.
Panduan Pembelajaran dan
Asesmen merupakan dokumen yang berisi kerangka kerja pembelajaran mendalam,
perencanaan pembelajaran dan asesmen, pelaksanaan pembelajaran dan asesmen,
pengolahan dan pelaporan hasil asesmen, serta contoh- contoh yang dapat memandu
pendidik dan pemangku kepentingan lain di satuan pendidikan dalam perencanaan
dan pelaksanaan pembelajaran serta asesmen.
Perencanaan pembelajaran
merupakan aktivitas untuk merumuskan tujuan, langkah, dan asesmen pembelajaran,
serta aspek lain yang menunjang pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan
pembelajaran adalah kegiatan belajar mengajar yang diselenggarakan secara
interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi murid untuk
berpartisipasi aktif, dan memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,
kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik,
serta psikologis murid. Asesmen disebut juga penilaian adalah proses
pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar dan
capaian perkembangan atau hasil belajar murid.
Dalam panduan ini,
pembelajaran dan asesmen merupakan satu siklus, di mana asesmen memberikan
informasi tentang pembelajaran yang perlu dirancang, kemudian asesmen digunakan
untuk melihat efektivitas pembelajaran yang berlangsung. Oleh karena itu,
asesmen yang diutamakan adalah asesmen formatif yang berorientasi pada
perkembangan kompetensi murid.
Pemerintah telah menetapkan
Capaian Pembelajaran yang menjadi rujukan utama dalam pengembangan dokumen
perencanaan pembelajaran. Panduan ini memfasilitasi proses berpikir dalam
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dimulai dari menganalisis capaian
pembelajaran, merumuskan tujuan pembelajaran, dan mengurutkannya menjadi alur
tujuan pembelajaran.
Dokumen ini juga memuat
perencanaan serta pelaksanaan asesmen yang dimulai dari perencanaan,
pelaksanaan, pengolahan, dan pelaporan hasil penilaian atau asesmen. Panduan
ini difokuskan untuk pembelajaran dan asesmen intrakurikuler, sedangkan panduan
kokurikuler disampaikan dalam dokumen terpisah.
Sasaran Pengguna Buku Panduan PPA (Pembelajaran dan Asesmen)
Tahun 2025 adalah sebagai berikut:
• Pendidik, panduan ini
digunakan sebagai rujukan atau acuan dalam merencanakan dan melaksanakan
pembelajaran dan asesmen.
• Kepala Sekolah, panduan
ini dapat menjadi acuan atas fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin
pembelajaran (instructional leader). Sebagai pemimpin pembelajaran, kepala
sekolah menginspirasi para pendidik untuk berkolaborasi dan berinovasi untuk
menciptakan perubahan yang dimulai dari dalam kelas.
• Pengawas sekolah/penilik,
pengawas bersama kepala sekolah mendiskusikan dan merefleksikan proses
pembelajaran (bukan hanya terfokus pada administrasi), serta memberikan
inspirasi praktik baik pelaksanaan pembelajaran dan asesmen dari sekolah lain.
Pengawas juga dapat melakukan pendampingan kepada kepala sekolah dan pendidik
yang memerlukan konsultasi dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan dalam
pembelajaran.
• Komunitas belajar,
panduan ini berguna untuk bahan diskusi, memantik berbagai ide dalam
pembelajaran, dan lain-lain.
Bagaimana cara menggunakan
panduan? Pengguna dapat menjadikan panduan ini sebagai salah satu referensi
dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, serta melakukan asesmen.
Pengguna terlebih dahulu perlu memahami kerangka kerja pembelajaran mendalam
dalam pembelajaran dan asesmen sebelum membaca bagian teknis dalam perencanaan
dan pelaksanaan pembelajaran dan asesmen. Panduan ini disusun secara adaptif
terhadap kebutuhan pengguna, oleh karena itu pendidik diberikan kebebasan untuk
mengembangkan mekanisme, prosedur, dan contoh format sesuai konteksnya masing-
masing. Penting untuk diperhatikan bahwa pengembangan tersebut tidak mengurangi
standar dalam regulasi-regulasi yang ditetapkan oleh Pemerintah. Contoh-contoh
yang dituangkan dalam panduan ini hanya sebagai inspirasi bagi pengguna untuk
menemukan gagasan-gagasan lain yang lebih kreatif dalam merencanakan serta
melaksanakan pembelajaran dan asesmen.
Dalam penggunaan dokumen
ini perlu memperhatikan beberapa regulasi berikut:
• Peraturan Menteri
Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2025 tentang
Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan
Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah;
• Peraturan Menteri
Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2025 tentang
Standar Isi pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan
Jenjang Pendidikan Menengah;
• Peraturan Menteri
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 16 Tahun 2022 tentang
Standar Proses pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan
Jenjang Pendidikan Menengah;
• Peraturan Menteri
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 21 Tahun 2022 tentang
Standar Penilaian pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan
Jenjang Pendidikan Menengah;
• Peraturan Menteri
Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2025 tentang
Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang
Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah; dan
• Keputusan Kepala Badan
Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Dasar dan
Menengah Nomor 046/H/Kr/2025 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak
Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.
Selengkapnya silahkan
download dan baca Salinan Panduan PPA (Pembelajaran dan Asesmen) Tahun 2025
melalui link yang kami sediakan di bawah ini.
Link download Panduan PPA (Pembelajarandan Asesmen) Tahun 2025
Demikian informasi tentang Buku Panduan PPA (Pembelajaran dan Asesmen)
Tahun 2025. Semoga ada manfaatnya
Posting Komentar untuk "BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN TAHUN 2025"
Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem