Modul Kokurikuler Dan Inkuiri Kolaborasi serta Penanaman 7 KAIH ini dirancang mengacu pada pendekatan Pembelajaran Mendalam yang menekankan keterlibatan aktif siswa dalam proses berpikir kritis, pemecahan masalah nyata, dan kolaborasi lintas disiplin serta menanamkan Kebiasan Anak Indonesia Hebat.
Adapun pengalaman belajar
dalam Modul Kokurikuler Dan Inkuiri
Kolaborasi serta Penanaman 7 KAIH
ini: a) Siswa tidak hanya mengetahui pentingnya makanan bergizi, tetapi juga
memahami alasan ilmiah dan sosial di baliknya, melalui keterhubungan antar mata
pelajaran seperti IPA, IPS, dan Matematika dan mata pelajaran lainnya; b) Inquiri
Kolaborasi ini mengangkat permasalahan nyata dalam kehidupan siswa, yaitu
pentingnya pangan lokal yang bergizi untuk kesehatan masyarakat, dan mencari
solusi yang bisa diimplementasikan di sekolah dan lingkungan sekitar; c) Siswa
bekerja dalam tim yang heterogen, melibatkan berbagai peran, untuk saling
melengkapi dalam pencarian data, analisis, dan penyusunan solusi. Hal ini
menumbuhkan rasa tanggung jawab bersama dan kemampuan komunikasi efektif; d) Inquiri
Kolaborasi ini mendorong siswa untuk menerapkan pengetahuan dalam kehidupan
sehari-hari dan membagikannya kepada masyarakat melalui kampanye atau promosi
makanan bergizi berbasis pangan local; d) Siswa diajak untuk merefleksikan
proses belajar mereka secara berkala, menilai kekuatan dan tantangan, serta
mengembangkan kesadaran akan proses berpikir dan pembelajaran mereka sendiri;
e) Menanamkan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat.
Asesmen dilakukan melalui
observasi keterlibatan siswa, rubrik penilaian Inquiri Kolaborasi, kualitas
presentasi, dan refleksi diri. Tindak lanjut berupa pameran hasil Inquiri
Kolaborasi di sekolah, publikasi digital di media sekolah, dan pelibatan
komunitas orang tua dalam promosi pangan lokal.
Berikut ini desain Modul Inquiri Kolaborasi yang disusun
Tim Pengembangan Kurikulum SMPN 3 Picung dengan mengadaptasi model modul P5
yang akan dilaksanakan dengan system blok. Modul ini dalam tahap pengembangan melalui
kegiatan komunitas belajar sekolah.
A.
IDENTIFIKASI MODUL
Nama Sekolah : SMPN 3 Picung
Tim Penyusun : Tim Pengembangan Kurikulum
Sekolah
Kelas/Fase : 7/D
Tema : Makanan Bergizi Berbahan
Pangan Lokal
Demikian contoh Modul Inquiri Kolaborasi yang disusun
Tim Pengembangan Kurikulum SMPN 3 Picung. Semoga menginspirasi.
Mantap Alumni PSP 2 emang keren
BalasHapus