Berikut ini Link download Modul Ajar (RPP) Pembelajaran Mendalam Untuk SMA Kelas 12 yang di lengkapi dengan CP, ATP, Prota dan Promes. Sebagaimana diketahui RPP atau Modul ajar merupakan salah satu perangkat ajar yang berperan penting dalam mendukung proses pembelajaran yang terstruktur, sistematis, dan berorientasi pada capaian pembelajaran. Dalam konteks Kurikulum Merdeka, modul ajar dikembangkan untuk mendorong terciptanya pembelajaran yang bermakna, kontekstual, dan berpusat pada peserta didik. Salah satu pendekatan yang menjadi dasar dalam penyusunan dan penerapan modul ajar adalah Pendekatan Pembelajaran Mendalam atau Deep Learning Approach. Pendekatan ini menitikberatkan pada pengembangan kemampuan berpikir kritis, pemahaman konseptual, pemecahan masalah, serta keterkaitan antar konsep yang mendalam dan berkelanjutan.
Modul ajar dalam pendekatan
Pembelajaran Mendalam merupakan panduan pembelajaran yang dirancang untuk
mengajak peserta didik menggali suatu konsep secara utuh, menyeluruh, dan
kontekstual. Tujuan utama dari modul ajar dalam pendekatan ini adalah untuk
menciptakan pembelajaran yang mendorong peserta didik tidak hanya mengingat
informasi, tetapi mampu memahami, mengaitkan, menerapkan, bahkan menciptakan
pengetahuan baru berdasarkan pengalaman belajar yang otentik. Dengan kata lain,
modul ajar berfungsi sebagai media yang menjembatani antara tujuan pembelajaran
yang kompleks dan pelaksanaan pembelajaran yang konkret dan bermakna.
Dalam pendekatan
Pembelajaran Mendalam, komponen-komponen dalam modul ajar mencakup beberapa
bagian penting yang saling berkaitan. Pertama, terdapat Identifikasi mengenai modul ajar yang
memuat identitas sekolah, mata pelajaran, fase atau jenjang pendidikan, serta
alokasi waktu, Materi Pembelajaran
dan pemetaan
Dimensi Profil Lulusan (DPL),.
Selanjutnya, terdapat Desain pembelajaran
yang memuat tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan capaian
pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Komponen lain yang tidak
kalah penting adalah Praktek Pedagogis,
kemitraan Pembelajaran, Lingkungan Pembelajaran, dan Pemanfaatan Digital. Modul
ajar juga memuat Indikator Kriteria Ketercapaian
Pembelajaran, Asesmen,
Pengalaman Belajar (Memahami, menerapkan dan Merefleksikan).
Semua komponen ini disusun secara sistematis untuk menunjang ketercapaian
pembelajaran yang mendalam dan berkelanjutan.
Penyusunan modul ajar dalam
pendekatan Pembelajaran Mendalam dilakukan melalui beberapa tahapan. Tahap
pertama adalah analisis kebutuhan pembelajaran, yaitu mengidentifikasi kondisi
peserta didik, karakteristik materi, serta kompetensi yang harus dicapai. Tahap
berikutnya adalah perumusan tujuan pembelajaran yang spesifik, terukur, dan relevan
dengan capaian pembelajaran serta dimensi profil pelajar Pancasila. Setelah
itu, dilakukan perancangan skenario pembelajaran yang menyertakan
aktivitas-aktivitas bermakna yang mampu menstimulasi kemampuan berpikir tingkat
tinggi, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas. Tahap selanjutnya adalah
penyusunan asesmen pembelajaran yang dirancang tidak hanya untuk mengukur hasil
belajar, tetapi juga untuk memberikan umpan balik yang konstruktif. Tahap
terakhir adalah evaluasi dan revisi modul ajar secara berkala berdasarkan hasil
implementasi di kelas dan masukan dari berbagai pihak.
Fungsi dari modul ajar dalam
pendekatan Pembelajaran Mendalam sangatlah strategis. Modul ini tidak hanya
menjadi panduan bagi guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran, tetapi
juga berfungsi sebagai alat refleksi untuk mengevaluasi keberhasilan proses
belajar mengajar. Modul ajar memberikan arah yang jelas dalam pencapaian
kompetensi, memastikan adanya keselarasan antara tujuan, proses, dan penilaian,
serta memungkinkan terjadinya pembelajaran yang fleksibel namun tetap
terstruktur. Bagi peserta didik, modul ajar menghadirkan pengalaman belajar
yang terarah, menantang, dan relevan dengan kehidupan nyata, sehingga mendorong
mereka menjadi pembelajar yang aktif, mandiri, dan reflektif.
Manfaat dari penerapan modul
ajar berbasis Pembelajaran Mendalam sangat dirasakan baik oleh pendidik maupun
peserta didik. Guru menjadi lebih siap dan percaya diri dalam mengelola
pembelajaran karena memiliki acuan yang lengkap dan menyeluruh. Di sisi lain,
peserta didik mendapatkan pengalaman belajar yang lebih bermakna, tidak hanya
berorientasi pada penguasaan materi, tetapi juga pada pengembangan kompetensi
utuh sebagai individu pembelajar sepanjang hayat. Modul ajar juga memungkinkan
terjadinya pembelajaran diferensiasi, yang menghargai keberagaman dan kebutuhan
unik setiap peserta didik, serta mendukung pencapaian tujuan pendidikan
nasional dalam mencetak generasi yang kritis, kreatif, dan berkarakter.
Dengan demikian, modul ajar
dalam pendekatan Pembelajaran Mendalam merupakan instrumen penting dalam
mewujudkan pembelajaran yang berfokus pada penggalian makna, penguatan konsep,
dan penerapan pengetahuan dalam berbagai konteks. Kehadiran modul ajar ini
menjadi wujud nyata dari transformasi pembelajaran yang tidak lagi sekadar
menjejalkan informasi, tetapi lebih menekankan pada proses membangun
pengetahuan secara aktif, kolaboratif, dan reflektif.
Berikut ini Link download Modul Ajar
(RPP) Pembelajaran Mendalam Untuk SMA Kelas 12 Semua Mata Pelajaran yang di lengkapi dengan CP,
ATP, Prota dan Promes
Demikian informasi tentang Link
download Modul Ajar (RPP) Pembelajaran Mendalam Untuk SMA Kelas 12 yang di
lengkapi dengan CP, ATP, Prota dan Promes. Semoga ada manfaatnya
Posting Komentar untuk "MODUL AJAR (RPP) PEMBELAJARAN MENDALAM UNTUK SMA KELAS 12 "
Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem