Modul Ajar SMA Kelas 10, 11, 12 Kurikulum Merdeka

Download Modul Ajar SMA Kelas 10, 11, 12 Kurikulum Merdeka


Download Modul Ajar SMA Kelas 10, 11, 12 Kurikulum Merdeka. Modul ajar adalah sejumlah alat atau sarana media, metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang secara sistematis dan menarik. Modul ajar merupakan implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran. Modul ajar disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik, mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran, dan berbasis perkembangan jangka panjang. Guru perlu memahami konsep mengenai modul ajar agar proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna.

 

Komponen Modul Ajar. Modul ajar sekurang-kurangnya berisi tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran (yang mencakup media pembelajaran yang akan digunakan), asesmen, serta informasi dan referensi belajar lainnya yang dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran. Komponen modul ajar bisa ditambahkan sesuai dengan mata pelajaran dan kebutuhannya.

 

Guru di satuan pendidikan diberi kebebasan untuk mengembangkan komponen dalam modul ajar sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar murid.

 

Komponen inti modul ajar adalah sebagai berikut:

1. Tujuan pembelajaran

Tujuan pembelajaran harus mencerminkan hal-hal penting dari pembelajaran dan harus bisa diuji dengan berbagai bentuk asesmen sebagai bentuk dari unjuk pemahaman.

Tujuan pembelajaran akan menentukan kegiatan belajar, sumber daya yang digunakan, kesesuaian dengan keberagaman murid, dan metode asesmen yang digunakan.

Tujuan pembelajaran pun bisa mencakup berbagai bentuk, mulai dari pengetahuan (fakta dan informasi), prosedural, pemahaman konseptual, pemikiran dan penalaran keterampilan, serta kolaborasi dan strategi komunikasi.

 

2. Kegiatan pembelajaran

Mencakup urutan kegiatan pembelajaran inti dalam bentuk langkah-langkah konkret, yang disertakan opsi/pembelajaran alternatif dan langkah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan belajar murid.

Langkah kegiatan pembelajaran ditulis secara berurutan sesuai dengan durasi waktu yang direncanakan, dalam tiga tahap, yaitu pendahuluan, inti, dan penutup berbasis metode pembelajaran aktif.

 

3. Rencana asesmen

Rencana asesmen mencakup instrumen serta cara melakukan penilaian. Kriteria pencapaian harus ditentukan dengan jelas sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan.

Asesmen dapat berupa asesmen formatif maupun asesmen sumatif. Namun, kedua jenis asesmen ini tidak harus selalu digunakan dalam modul ajar, melainkan dapat disesuaikan tergantung pada cakupan tujuan pembelajaran dan kebutuhan murid.

Dalam merencanakan asesmen, guru juga perlu memahami salah satu prinsip asesmen dalam Kurikulum Merdeka adalah mendorong penggunaan berbagai bentuk asesmen, bukan hanya tes tertulis. Hal ini dilakukan agar pembelajaran bisa lebih terfokus pada kegiatan yang bermakna, serta informasi atau umpan balik dari asesmen tentang kemampuan murid juga menjadi lebih kaya dan bermanfaat dalam proses perancangan pembelajaran berikutnya.

 

Dalam menyusun Modul Ajar ada beberapa hal yang perlu diperhitungkan yaitu : a)  Karakteristik, kompetensi dan minat peserta didik di setiap fase; b) Perbedaan tingkat pemahaman, dan variasi jarak (gap) antar tingkat kompetensi yang bisa terjadi di setiap fase; c) Melihat dari sudut pandang pelajar, bahwa setiap peserta didik itu unik; d) Bahwa belajar harus berimbang antara intelektual, sosial, dan personal dan semua hal tersebut adalah penting dan saling berhubungan; e) Tingkat kematangan setiap peserta didik tergantung dari tahap perkembangan yang dilalui oleh seorang peserta didik, dan merupakan dampak dari pengalaman sebelumnya.

 

Dengan kata lain Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembelajaran mencapai Capaian Pembelajaran (CP). Jika satuan pendidikan menggunakan modul ajar yang disediakan pemerintah, maka modul ajar tersebut dapat dipadankan dengan RPP Plus, karena modul ajar tersebut memiliki komponen yang lebih lengkap dibanding RPP. Jika satuan pendidikan mengembangkan modul ajar secara mandiri, maka modul ajar tersebut dapat dipadankan dengan RPP. Satuan pendidikan dapat menggunakan berbagai perangkat ajar, termasuk modul ajar atau RPP, dengan kelengkapan komponen dan format yang beragam sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan murid.

 

Selain hal di atas, ada 4 kriteria yang harus dalam pengembangan modul ajar yaitu 1) Esensial. Pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran melaluipengalaman belajar dan lintas disiplin; 2) Menarik, Bermakna, dan Menantang. Menumbuhkan minat untuk belajar dan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajar. Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, sehingga tidak terlalu kompleks, namun juga tidak terlalu mudah untuk tahap usianya; 3) Relevan dan Kontekstual. Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, dan sesuai dengan konteks di waktu dan tempat peserta didik berada; 4) Berkesinambungan. Keterkaitan alur kegiatan pembelajaran sesuai dengan fase belajar peserta didik.

 

Untuk menyusun modul ajar, yang perlu dilakukan pertama kali adalah analisis kondisi dan kebutuhan terkait guru, siswa, dan satuan pendidikan.  Hal ini penting untuk membagi tugas mengajar guru dalam melaksanakan struktur kurikulum Merdeka dan merancang pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan yang ditetapkan pemerintah dan satuan pendidikan. Selanjutnya, sekolah bersama guru mengidentifikasi dan menentukan dimensi profil pelajar Pancasila yang akan dikembangkan, baik melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila maupun dalam pembelajaran. Guru merumuskan capaian pembelajaran yang nantinya akan dikembangkan menjadi alur tujuan pembelajaran sebagai dasar dalam menyusun bahan ajar. Setelah modul ajar disusun, guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan modul ajar yang telah disusun.

 

Rambu-rambu yang perlu diperhatikan dalam menyusun rencana aktivitas langkah pembelajaran dalam Modul jara adalah sebagai berikut: a) Kompetensi apa yang dituju oleh CP?; b) Apa guna kompetensi tersebut dalam kehidupan peserta didik sehari-hari? c) Bagaimana strategi anda untuk memetakan penguasaan kompetensi prasyarat untuk melanjutkan ke pembelajaran berikut? d) Apakah hasil pemetaan menunjukkan mayoritas peserta didik telah menguasai kompetensi prasyarat untuk mencapai TP yang dituju? e) Strategi belajar apa yang paling efektif untuk peserta didik di tempat anda? f) Apakah sumber daya alam yang minim biaya mendapatkannya atau budaya di lingkungan sekolah yang dapat digunakan untuk peserta didik belajar? g) Apakah aktivitas pembelajaran ini mendorong kemampuan berpikir aras tinggi (HoTS)?

 

Pendidik dan satuan pendidikan dapat menentukan strategi pembelajaran sesuai dengan hasil asesmen awal capaian peserta didik. Berdasarkan asesmen yang dilakukan di awal pembelajaran, pendidik dapat merancang pembelajaran terdiferensiasi. Pembelajaran terdiferensiasi merupakan strategi pembelajaran yang mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik yang berbeda-beda/ posisi awal pemahaman yang berbeda-beda, agar mereka dapat mencapai Tujuan Pembelajaran di akhir fase yang ijalaninya. Namun demikian, hal penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan pembelajaran terdiferensiasi menurut kesiapan peserta didik tersebut adalah bahwa pengelompokan peserta didik berdasarkan capaian atau hasil asesmen tidak mengarah pada terbentuknya persepsi tentang pengkategorian peserta didik ke dalam kelompok yang “pintar” dan tidak. Guru perlu memilih salah satu/lebih dari 3 diferensiasi pembelajaran yang digunakan (proses, konten, atau produk).

 

Link download Modul Ajar Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka

Link download Modul Ajar PAI SMA Kelas 10

Link download Modul Ajar Pendidikan Pancasila Kelas 10

Link download Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 10

Link download Modul Ajar Matematika Kelas 10

Link download Modul Ajar Fisika Kelas 10

Link download Modul Ajar Kimia Kelas 10

Link download Modul Ajar Biologi Kelas 10

Link download Modul Ajar Sosiologi Kelas 10

Link download Modul Ajar Ekonomi Kelas 10

Link download Modul Ajar Sejarah Kelas 10

Link download Modul Ajar Geografi Kelas 10

Link download Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 10

Link download Modul Ajar PJOK  Kelas 10

Link download Modul Ajar Informatika Kelas 10

Link download Modul Ajar Seni Musik Kelas 10

Link download Modul Ajar Seni Rupa Kelas 10

Link download Modul Ajar Seni Teater Kelas 10

Link download Modul Ajar Seni Tari Kelas 10

Link download Modul Ajar Prakarya dan Kewirausahaan Kelas 10

 

 

Link download Modul Ajar Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka

Link download Modul Ajar PAI SMA Kelas 11

Link download Modul Ajar Pendidikan Pancasila Kelas 11

Link download Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 11

Link download Modul Ajar Matematika Kelas 10, 11, 12

Link download Modul Ajar Fisika Kelas 11

Link download Modul Ajar Kimia Kelas 11

Link download Modul Ajar Biologi Kelas 11

Link download Modul Ajar Sosiologi Kelas 11

Link download Modul Ajar Ekonomi Kelas 11

Link download Modul Ajar Sejarah Kelas 11

Link download Modul Ajar Geografi Kelas 11

Link download Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 11.

Link download Modul Ajar PJOK  Kelas 11

Link download Modul Ajar Informatika Kelas 11

Link download Modul Ajar Seni Musik Kelas 11

Link download Modul Ajar Seni Rupa Kelas 11

Link download Modul Ajar Seni Teater Kelas 11

Link download Modul Ajar Seni Tari Kelas 11

Link download Modul Ajar Prakarya dan Kewirausahaan Kelas 11

 

Link download Modul Ajar Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka

Link download Modul Ajar PAI SMA Kelas 12

Link download Modul Ajar Pendidikan Pancasila Kelas 12

Link download Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 12

Link download Modul Ajar Matematika Kelas 12

Link download Modul Ajar Fisika Kelas 12

Link download Modul Ajar Kimia Kelas 12

Link download Modul Ajar Biologi Kelas 12

Link download Modul Ajar Sosiologi Kelas 12

Link download Modul Ajar Ekonomi Kelas  12

Link download Modul Ajar Sejarah Kelas 12

Link download Modul Ajar Geografi Kelas 12

Link download Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 12 .

Link download Modul Ajar PJOK  Kelas 12

Link download Modul Ajar Informatika Kelas 12

Link download Modul Ajar Seni Musik Kelas 12

Link download Modul Ajar Seni Rupa Kelas 12

Link download Modul Ajar Seni Teater Kelas 12

Link download Modul Ajar Seni Tari Kelas 12

Link download Modul Ajar Prakarya dan Kewirausahaan Kelas 12

 

Demikian info tentang Download Modul Ajar SMA Kelas 10, 11, 12 Kurikulum Merdeka. Semoga ada manfaatnya


= Baca Juga =


No comments

Theme images by mammamaart. Powered by Blogger.
Back to Top