Cara dan Langkah-langkah Membaca Tabel, Grafik, Diagram dan Bagan

Cara dan Langkah-langkah Membaca Tabel, Grafik, Diagram dan Bagan


Cara Membaca Tabel, Grafik, Diagram dan Bagan dan Langkah-langkah Membaca Tabel, Grafik, Diagram dan Bagan. Informasi dan data tentang suatu pokok permasalahan yang dibicarakan dalam suatu diskusi biasanya ditampilkan dalam bentuk presentasi. Seorang penyaji presentasi diharapkan dapat menyajikan informasi yang telah diperoleh secara jelas dan mudah dipahami. Ketika itulah, seseorang perlu menyertakan presentasinya dengan tampilan gambar berupa tabel dan grafik atau mungkin juga berupa bagan. Tidak hanya saat presentasi tabel dan grafik disajikan, tetapi juga dalam buku atau jurnal tertulis dengan tujuan yang sama, yaitu memperjelas data bagi para pembaca.

 

Selain dalam bentuk tabel, fakta-fakta atau data dapat pula dijabarkan dalam bentuk grafik atau bagan. Seperti halnya tabel, keberadaan grafik dalam suatu bacaan berfungsi memvisualkan fakta-fakta atau data sehingga paparan yang dimaksud oleh penulis lebih jelas dan mudah dipahami. Pembaca dapat memahami informasi-informasi itu dengan melihat hubungan antarbagian yang ada pada grafik tersebut. Hal ini dapat memudahkan pembaca untuk merumuskan kesimpulan sesuai pemahamannya sendiri.


Tabel dan grafik memiliki kelebihan masing-masing. Tabel berguna untuk menunjukkan data yang tidak utuh atau menyebar dan mengutamakan keakuratannya. Data berupa perincian angka-angka akan lebih jelas dijabarkan menggunakan tabel karena dituliskan pada kolom-kolom. Adapun visualisasi grafik lebih pada perbandingan dan melihat fluktuasi (trend) data.

 

Tabel maupun grafik berfungsi mendeskripsikan suatu data. Informasi dan data dalam kedua media tersebut akan lebih mudah dipahami oleh pembaca daripada melalui penjabaran menggunakan kata-kata. Selain itu, kedua penyajian data tersebut lebih menarik dan lebih simpel. Berikut akan kita kenali secara lebih mendalam mengenai media penyajian data tersebut satu per satu.

 

1. Tabel

Tabel menjabarkan dara secara padat dan jelas berupa ikhtisar sejumlah besar informasi atau data. Tabel berbentuk daftar kata atau bilangan yang tersusun sistematis yang ditulis dalam lajur (kolom) dan deret (baris) sehingga mudah untuk dipahami.

Cara Membaca Tabel, Grafik, Diagram dan Bagan dan Langkah-langkah Membaca Tabel, Grafik, Diagram dan Bagan
Tabel


Tabel berguna untuk menunjukkan data yang tidak utuh atau menyebar dan mengutamakan keakuratannya. Data berupa perincian angka-angka akan lebih jelas dijabarkan menggunakan tabel karena dituliskan dalam kolom-kolom.

 

2. Grafik

Grafik merupakan gambar yang terdiri atas garis dan titik-titik koordinat X yang berposisi horizontal dan garis koordinat Y yang berposisi vertikal. 

Cara Membaca Tabel, Grafik, Diagram dan Bagan dan Langkah-langkah Membaca Tabel, Grafik, Diagram dan Bagan
Grafik


Grafik merupakan lukisan pasang surut suatu jumlah atau keadaan yang dinyatakan dengan garis.

 

3. Diagram

Diagram merupakan gambaran data yang memperlihatkan atau menerangkan suatu keadaan. Diagram terbagi menjadi bebrapa jenis, yaitu diagram garis (grafik), diagram batang, diagram lingkaran, dan diagram gambar (piktograf).

Cara Membaca Tabel, Grafik, Diagram dan Bagan dan Langkah-langkah Membaca Tabel, Grafik, Diagram dan Bagan
Diagram


 

4. Bagan

Bagan merupakan gambaran yang menjelaskan hubungan antara beberapa bagian, misalnya antara atasan dengan bawahan atau antarbagian yang sifatnya setara atau sejajar. Bagan sering digunakan dalam menjelaskan hubungan struktur organisasi.

Cara Membaca Tabel, Grafik, Diagram dan Bagan dan Langkah-langkah Membaca Tabel, Grafik, Diagram dan Bagan
Bagan

 


Tabel, grafik, maupun bagan berfungsi menjelaskan suatu uraian. Informasi dan data dalam ketiga media grafis tersebut akan lebih mudah dipahami daripada hanya menggunakan kata-kata. Selain itu, media grafis tersebut lebih menarik dan lebih simpel.

 

Tabel dan grafik yang digunakan untuk menyajikan data memuat informasi-informasi penting yang bermanfaat bagi pembaca. Penyajian data untuk menghasilkan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan dilakukan dengan sistem tertentu agar pembaca mudah memahami dan menyimpulkan informasi penting dalam tabel maupun grafik.

 

Cara menjelaskan informasi penting dalam tabel dan grafik dilakukan dengan cara membaca intensif. Tabel dan grafik yang digunakan sebagai penjelas teks, maka teks tersebut juga perlu dibaca dengan saksama untuk memperoleh informasi penting. Hal yang perlu diperhatikan sebelum menjelaskan informasi penting adalah mengetahui pokok permasalahan dalam tabel dan grafik. Kecermatan dan ketelitian memengaruhi penjelasan informasi yang diperoleh. Oleh karena itu, pembaca perlu membuat ikhtisar atau ringkasan yang berkaitan dengan informasi penting dalam tabel dan grafik.

 

Langkah-langkah membaca tabel, grafik, Diagram dan Bagan adalah sebagai berikut.

a. Bacalah judul data untuk mengetahui informasi umum dari media grafis tersebut.

b. Bacalah informasi yang ada di atas, di bawah, atau di sisi media grafis untuk mengetahui materi-materi penting yang akan disajikan.

c. Ajukan pertanyaan untuk mengetahui lebih dalam tentang isi media grafis. Jika ada teks, bacalah teks tersebut dengan saksama.

d. Bacalah keseluruhan data dalam tabel atau grafik untuk mengetahui informasi yang disajikan secara lengkap. Lalu, catatlah semua informasi yang telah Anda peroleh.

e. Rumuskan dan uraikan informasi-informasi penting yang tersaji dalam tabel atau grafik tersebut.

 

Tabel, grafik, Diagram dan Bagan merupakan media yang menarik dan efektif bagi berbagai keperluan, seperti:

a. Menunjukkan fakta dengan jelas,

b. Menjadikan proses komunikasi lebih mudah dan cepat, serta

c. Menunjukkan hubungan angka lebih jelas daripada uraian (kata-kata).

 

Uraian suatu tabel, grafik, Diagram dan Bagan sebaiknya dilakukan dengan urutan sebagai berikut.

a. Penyebutan judul,

b. Penjelasan umum isi gambar, dan

c. perincian-perincian penting.


Demikian penjelasan tentang Cara Membaca Tabel, Grafik, Diagram dan Bagan dan Langkah-langkah Membaca Tabel, Grafik, Diagram dan Bagan. Semoga dapat membantu


= Baca Juga =


No comments

Theme images by mammamaart. Powered by Blogger.
Back to Top