A. LATAR
BELAKANG
Kemajuan cepat dunia
dalam bidang informasi dan teknologi dalam dua dasawarsa terakhir telah
berpengaruh pada peradaban manusia melebihi jangkauan pemikiran manusia
sebelumnya. Pengaruh ini terlihat pada
pergeseran tatanan sosial, ekonomi dan politik yang
memerlukankeseimbangan baru antara nilai-nilai, pemikiran dan cara-cara kehidupan yang berlaku pada
konteks global dan lokal.
Selain
itu, dalam abad pengetahuan sekarang ini, diperlukan masyarakat yang berpengetahuan melalui belajar sepanjang hayat dengan
standar mutuyang tinggi. Sifat pengetahuan dan keterampilan yang harus dikuasai masyarakat
sangat beragam dan canggih, sehingga diperlukan kurikulum yang disertai dengan
kemampuan meta-kognisi dan kompetensi untuk
berfikir dan belajar bagaimana belajar (learning to learn)
dalam mengakses, memilih dan menilai pengetahuan, serta mengatasi siatuasi
yang ambigu dan antisipatif terhadap ketidakpastian.
Sehingga dalam pembelajaran harus
menyesuaikan dengan IPTEK yang sedang berkembang.
B. RUMUSAN
MASALAH
1) Apakah
alasan IPTEK sebagai landasan pengembangan kurikulum?
2)
Hal-hal apa saja yang perlu dilakukan dalam pengembangan kurikulum?
BAB II PEMBAHASAN
A.
IPTEK SEBAGAI LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM
Istilah “Kurikulum”
memiliki berbagai tafsiran yang dirumuskan olehpakar-pakar dalam bidang
pengembangan kurikulum sejak dulu sampai dewasa ini. Tafsiran-tafsiran tersebut
berbeda-beda satu dengan yang lainnya, sesuai dengan titik berat inti dan
pandangan daripakar yang bersangkutan. Istilah kurikulum berasal dari bahas
latin,yakni “Curriculae”, artinya jarak yang harus ditempuh oleh seorangpelari.
Pada waktu itu, pengertian kurikulum ialah jangka waktu pendidikan yang harus
ditempuh oleh siswa yang bertujuan untuk memperoleh ijazah. Dengan menempuh
suatu kurikulum, siswa dapat memperoleh ijazah. Dalam hal ini, ijazah pada
hakikatnya merupakan suatu bukti, bahwa siswa telah menempuh kurikulum yang
berupa rencana pelajaran, sebagaimana halnya seorang pelari telah menempuh suatu jarak
antara satu tempat ketempat lainnya danakhirnya mencapai finish. Dengan kata
lain, suatu kurikulum dianggap sebagai jembatan yang sangat penting untuk
mencapai titik akhir dari suatu perjalanan dan ditandai oleh perolehan suatu ijazah
tertentu.
Di Indonesia istilah
“kurikulum” boleh dikatakan baru menjadi populer sejak tahun lima puluhan, yang
dipopulerkan oleh mereka yang memperoleh pendidikan di Amerika Serikat. Kini
istilah itu telah dikenal orang di luar pendidikan. Sebelumnya yang lazim
digunakan adalah“rencana pelajaran” pada hakikatnya kurikulum sama sama artinya dengan rencana
pelajaran.
Kurikulum merupakan inti
dari bidang pendidikan dan memiliki
pengaruh terhadap
seluruh kegiatan pendidikan. Mengingat
pentingnya kurikulum dalam pendidikan dan kehidupan manusia,
maka pengembangan kurikulum tidak dapat
dilakukan secara sembarangan. Penyusunan kurikulum membutuhkan landasan-landasan
yang kuat, yang didasarkan pada hasil-hasil pemikiran dan penelitian yang
mendalam. Pengembangan kurikulum yang tidak
didasarkan pada landasan yang kuat dapat berakibat fatal
terhadap kegagalan pendidikan itu sendiri. Dengan sendirinya, akan
berkibat pula terhadap kegagalan proses pengembangan manusia.
Pengembangan kurikulum
itu dapat didefinisikan sebagai proses atau kegiatan yang disengaja dan
dipikirkan untuk menghasilkan sebuah
kurikulum sebagai pedoman dalam proses dan penyelenggaraanpembelajaran
oleh guru di sekolah. Dalam pengembangan kurikulum diperlukan adanya
landasan yang mana landasan tersebut menjadi
sumber bagi pengembang dalam menentukan keputusan tentang kurikulum yang akan
disusun. Salah satu prinsip dalam pengembangan kurikulum adalah relevansi.
Maksud dari relevansi disini adalah pengalaman belajar yang
disusun harus relevan dengan kebutuhan masyarakat .
Relevansi terbagi menjadi dua, yaitu:
1) Relevansi
internal: setiap kurikulum harus memiliki keserasian antara komponen- komponennya
2) Relevansi
eksternal: relevan dengan lingkungan peserta didik,relevan dengan perkembangan
zaman, relevan dengan tuntutan dunia
pekerjaan. Perkembangan dalam bidang Ilmu Pengetahuan
dan Tekhnologi telah mampu merubah tatanan kehidupan manusia, sehingga
dunia pekerjaan membutuhkan lulusan yang banyak
mengetahui IPTEK.
Jadi dapat disimpulkan bahwa
dalam pengembangan kurikulum salahsatunya haruslah memperhatikan IPTEK. Sebab
tanpa memperhatikanIPTEK kurikulum tersebut akan ketinggalan zaman dan pelajar
tidak dapat ilmu yang dituntut oleh dunia pekerjaan. Sehingga pada hakekatnya inovasi
kurikulum terus berjalan mengiringi kemajuan jaman, sehingga menghasilkan
materi pembelajaran berupa struktur
ilmu perkembangan IPTEK.
Alasan lain mengapa
IPTEK harus digunakan
sebagai landasan kurikulum adalah:
1) Kemajuan
IPTEK membawa manusia pada masa yang tak pernah terbayangkan sebelumnya
2) Banyaknya
muncul permasalahan- permasalahan akibat penyalahgunaan
kemajuan IPTEK
3) Kurikulum
perlu diupdate agar sesuai dengan perkembangan teknologi
4) Perubahan
yang perlu diperhatikan dan diantisipasi dalam pengembangan kurikulum adalah: perubahan pola hidup dan perubahan sosial politik
B.
HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM
Pembangunan didukung
oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi dalam rangka mempercepat terwujudnya ketangguhan
dan keunggulan bangsa. Dukungan iptek terhadap pembangunan
dimaksudkan untuk memacu pembangunan menuju terwujudnya masyarakat yang mandiri, maju dan sejahtera.
Di sisi lain, perkembangan iptek itu sendiri
berlangsung semakin cepat, berbarengan dengan persaingan
antar-bangsa semakin meluas, sehingga diperlukan penguasaan, pemanfaatan,
dan pengembangan iptek, yang pada gilirannya mengandung
implikasi tertentu terhadap pengembangan sumber daya manusia supaya memiliki kemampuan dalam
penguasaan dan pemanfaatan serta pengembangan dalam bidang iptek.
Untuk mencapai tujuan dan kemampuan-kemampuan tersebut, maka
ada beberapa hal yang dijadikan sebagai dasar, yakni :
1)
Pembangunan iptek harus berada dalam keseimbangan yang dinamis dan efektif dengan pembinaan sumber daya
manusia, pengembangan sarana dan prasarana iptek,
pelaksanaan penelitian dan pengembangan serta rekayasa dan produksi barang
dan jasa.
2)
Pembangunan iptek tertuju pada peningkatan kualitas, yakni untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan dan kehidupan
bangsa.
3)
Pembangunan iptek harus selaras (relevan) dengan nilai-nilai agama,nilai
luhur budaya bangsa, kondisi sosial budaya, dan lingkungan hidup.
4)
Pembangunan iptek harus berpijak pada upaya peningkatan produktivitas,
efisiensi dan efektivitas penelitian dan pengembangan yang lebih tinggi.
5)
Pembangunan iptek berdasarkan pada asas pemanfaatannya yang dapat memberikan nilai tambah dan memberikan pemecahan masalah konkret dalam pembangunan.
Penguasaan, pemanfaatan,
dan pengembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi dilaksanakan oleh berbagai pihak, yakni :
1)
Pemerintah, yang mengembangkan dan memanfaatkan iptek untuk menunjang pembangunan dalam segala bidang.
2)
Masyarakat, yang memanfaatkan iptek itu untuk pengembangan masyarakat dan mengembangkannya secara swadaya.
3)
Akademisi terutama di lingkungan perguruan tinggi, mengembangkan iptek
untuk disumbangkan kepada pembangunan.
4) Pengusaha,
untuk kepentingan meningkatkan produktivitas.
IPTEK sangat berpengaruh
dalam dunia pendidikan. Hal ini terjadi
karena:
a) Pendidikan
akan sangat berkembangan melalui dukungan
kemajuan IPTEK, seperti melalui media mass, internet, dan
lainnya
b) Teknologi
industri menghasilkan Alat/Bahan yang dibutuhkan pendidikan
c) Menuntut
lahan untuk pengembangan pendidikan
d) Kebutuhan
pendidikan terhadap terjadinya perubahan pada sistem dan isi pendidikan.
Agar kurikulum sesuai
dengan perkembangan IPTEK maka ada
beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan. Hal yang
perlu diperhatikan adalah:
a) Kebutuhan
masyarakat
b) Kebutuhan
dari industri
c) Penyesuaian
dengan teknologi yang sedang berkembang dan ada
pada saat itu
d) Menyesuaikan
dengan perubahan
pola
hidup dalam sistem IPTEKSOSBUDHANKAM
Sedangkan hal yang harus
dilakukan adalah:
a) Mempelajari
dan memahami kebutuhan masyarakat
b) Menganalisis
fasilitas yang dimiliki oleh sekolah, apabila
sudah tidak relevan dengan kemajuan IPTEK, maka
harus direvisi ulang.
c) Menganalisis
kebutuhan dari industri
d) Menganalisis
syarat dan tuntunan tenaga kerja
e) Menginterpretasi
kebutuhan individu dalam kerangka kepentingan
IPTEK.
Peranan pendidik
sangatlah penting dalam penyamapaian bahan ajar yang telah disusun dalam kurikulum. Oleh karena itu
Pengembangan IPTEK bagi pengembangan program pengembangan kurikulum harus dilakukan oleh pendidik
melalui pemanfaatan media/sumber belajar,
sistem penyampaian, pengembangan diawali dengan unit-unit
belajar yang melibatkan berbagai langkah disertai dengan
pengujian/uji coba diteruskan dengan unit-unit lain. Dalam pelaksanaannya,
dalam pengembangan kurikulum memiliki
beberapa kendala, yaitu:
a) Sarana
prasarana kurang mendukung
b) Tenaga pendidik yang kurang memperhatikan perkembangan
IPTEK.
c)
Kurang perhatiannya pemerintah
BAB III KESIMPULAN
Kesimpulan dari makalah
ini adalah dalam pengembangan kurikulum
yang harus diperhatikan salah satunya adalah IPTEK. Sebab
tanpa memperhatikan IPTEK kurikulum tersebut akan ketinggalan
zaman dan pelajar tidak dapat ilmu yang dituntut oleh dunia pekerjaan.
Sehingga pada hakekatnya inovasi kurikulum terus berjalan mengiringi kemajuan jaman, sehingga
menghasilkan materi pembelajaran berupa
struktur ilmu perkembangan IPTEK. Agar kurikulum sesuai
dengan perkembangan IPTEK maka ada
beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan. Hal yang
perlu diperhatikan adalah:
a. Kebutuhan
masyarakat
b. Kebutuhan
dari industri
c. Penyesuaian
dengan teknologi yang sedang berkembangdan ada pada saat itu
d. Menyesuaikan
dengan perubahan pola hidup dalam sistem IPTEKSOSBUDHANKAM
Sedangkan hal yang harus
dilakukan adalah:
a. Mempelajari
dan memahami kebutuhan masyarakat
b. Menganalisis
fasilitas yang dimiliki oleh sekolah, apabila
sudah tidak relevan dengan kemajuan IPTEK, maka
harus direvisi ulang.
c. Menganalisis
kebutuhan dari industri
d. Menganalisis
syarat dan tuntunan tenaga kerja
e. Menginterpretasi
kebutuhan individu dalam kerangka kepentingan
IPTEK
Tidak ada komentar
Posting Komentar