Latihan Soal AKG Matematika dan IPA Guru MTS dan Pembahasan

Latihan Soal AKG Matematika dan IPA Guru MTS dan Pembahasan

Latihan Soal AKG Matematika dan IPA Guru MTS dan Pembahasan inipertama terkait dengan konsep dasar mata pelajaran Matematika. Matematikasecara umum didefinisikan sebagai bidang ilmu yang mempelajari pola daristruktur, perubahan dan ruang. Maka secara informal dapat juga di sebut sebagaiilmu bilangan dan angka. Dalam pandangan formalis, matematika adalah penelaahanstruktur abstrak yang didefinisikan secara aksioma dengan menggunakan logikasimbolik dan notasi. Adapun pandangan lain bahwa matematika adalah ilmu dasaryang mendasari ilmu pengetahuan lain.

MenurutW.W Sawyer berpendapat bahwa matematika adalah klasifikasi studi dari semuakemungkinan pola. Pola yang dimaksut disini adalah dalam arti luas, mencakuphamper semua jenis keteraturan yang dapat dimengerti pikiran kita. Setiap teorimatematika harus memperhitungkan kekuatan matematika, yaitu aplikasinyaterhadap ilmu lain sains yang utama dan kaindahan matematika. Terlihat disinimatematika bukanlah ilmu yang hanya untuk keperluan dirinya sendiri,tetapi ilmuyang bermanfaat sebagian besar ilmu-ilmu yang lain.

 

Menurut Suherman matematika tumbuh dan berkembang karena proses berpikir, oleh karenaitu logika adalah dasar untuk terbentuknya matematika. Logika adalah masa bayidari matematika, sebaliknya matematika adalah masa dewasa darilogika. Matematika dikenal sebagai ilmu deduktif. Ini berarti proses pengajaranmatematika harus bersifat deduktif. Matematika tidak menerima generalisasiberdasarkan pengamatan (induktif), tetapi harus berdasarkan pembuktian deduktif.

 

MenurutRusseffendi matematika adalah bahasa simbol, ilmu deduktif yang tidakmenerima pembuktian secara induktif, ilmu tentang pola keteraturan, dan strukturyang terorganisasi, mulai dari unsur yang tidak didefinisikan, ke aksioma ataupostulat, dan akhirnya ke dalil. Soedjadi mengemukakan beberapa definisi ataupengertian mengenai matematika, yaitu: a) Matematika adalah cabang ilmupengetahuan eksak dan terorganisir secara sistematik. b) Matematika adalahpengetahuan tentang bilangan dan kalkulasi. c) Matematika adalah pengetahuantentang penalaran logik dan berhubungan dengan bilangan. d) Matematika adalahpengetahuan tentang fakta-fakta kuantitatif dan masalah tentang ruang danbentuk. e) Matematika adalah pengetahuan tentang struktur-struktur yang logik.f) Matematika adalah pengetahuan tentang aturan-aturan yang ketat.

 

Matematikadari penjelasan diatas adalah suatu pola yang tumbuh dan kembang dalamkehidupan yang tercipta dari proses berfikir yang akan menciptakan polaketeraturan, dan struktur yang terorganisasi, mulai dari unsur yang tidakdidefinisikan, ke aksioma atau postulat, dan akhirnya ke dalil. Selain itumatematika memberikan bahasa, proses, dan teori yang memberikan ilmu suatubentuk dan kekuasaan. Metode matematis memberikan inspirasi kepada pemikirdibidang sosial dan ekonomi. Perhitungan matematika menjadi dasar bagi disiplinilmu teknik. Disamping itu, pemikir matematis memberikan warna kepada kegiatanseni lukis, arsitektur dan seni musik. Dalam dunia perbankkan dan ekonomimatemaika sebagai penopang maju mundurnya suatu negara, karena di era pasarbebas sekarang ini semua harus dihitung dan dijalankan secara matematis. Denganilmu matematika, dapat untuk mengembangkan semua hal sesuai dengan pola pikirkita. Sesuai dengan kaidah-kaidahnya matematika dianggap sebagai suatu ilmuyang menuntut manusia untuk melakukan suatu proses berfikir otak secaradinamis. Serta matematika menuntut pola pikir secara tersetruktur. Oleh karenaitu peran matematika dapat dikatakan hampir disemua sendi kehidupan danmendukung dalam upaya memajukan kehidupan manusia.

 

Belajaradalah proses perubahan tingkah laku individu sebagai hasil dari pengalamannyadalam berinteraksi dengan lingkungan. Belajar bukan hanya sekedar menghafal,melainkan suatu proses mental yang terjadi dalam diri seseorang. MenurutBurton belajar adalah suatu perubahan dalam diri individu sebagai hasilinteraksinya dengan lingkungannya untuk memenuhi kebutuhan dan menjadikannyalebih mampu melestarikan lingkungannya secara memadahi. Sedangkanmenurut travers belajar mencakup perubahan yang relatif permanen dalam tingkahlaku sebagai akibat dari penyingkapan terhadap kondisi dalam lingkungan.MenurutGagne belajar adalah suatu suatu perubahan dalam disposisi (watak) ataukapabilitas (kemampuan) manusia yang berlangsung selama suatu jangka waktu dantidak sekedar menganggapnya proses pertumbuhan.

 

Belajarmenurut Hudojo merupakan suatu proses kegiatan yang mengakibatkan suatuperubahan tingkah laku. Perubahan tingkah laku itu memang dapat diamati danberlaku dalam waktu yang relatif lama. Perubahan tingkah laku yang berlakudalam waktu relatif lama itu disertai usaha orang tersebut, sehingga orang itudari tidak mampu mengerjakan sesuatu menjadi mampu mengerjakannya. Kegiatan danusaha untuk mencapai perubahan tingkah laku itu merupakan proses belajar sedangperubahan tingkah laku itu sendiri merupakan hasil belajar.

 

MenurutHudojo dalam belajar terdapat 3 masalah pokok, yaitu: 1) Masalah mengenaifaktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya belajar. 2) Masalah yang mengenaibagaimana belajar itu berlangsung dan prinsip mana yang dilaksanakan.

 

Duamasalah pokok yang pertama tersebut berkenaan dengan proses belajar yang sangatberpengaruh kepada masalah pokok ketiga. Dengan demikian bagaimana peristiwaterjadinya proses belajar akan menentukan hasil belajar seseorang.

 

Sedangkanmatematika menurut Hudojo adalah merupakan ilmu mengenai

strukturdan hubungan-hubungannya, simbol-simbol diperlukan. Simbol-simbol itu pentinguntuk membantu memanipulasi aturan-aturan dengan operasi yang ditetapkan.Simbolisasi menjamin adanya komunikasi dan mampu memberikan keterangan untukmembentuk suatu konsep baru.

 

Konsepmatematika tersusun secara hierarkis yaitu konsep – konsep matematika yang barudapat terbentuk karena adanya pemahaman terhadap konsep sebelumnya. Simbolisasiitu akan berarti bila suatu simbol itu dilandasi suatu ide. Jadi kita harusmemahami ide yang terkandung dalam simbol tersebut.

 

Denganperkataan lain, ide harus dipahami terlebih dahulu sebelum ide tersebut disimpulkan.Matematika merupakan bidang studi yang dipelajari oleh semua siswa dari MI/SD.MTS/SMP hingga MA/SLTA dan bahkan juga diperguruan tinggi. Ada banyak alasantentang perlunya siswa belajar matematika.

 

Corneliusmengemukakan lima alasan perlunya belajar matematika, karena matematikamerupakan: 1) Sarana berpikir yang jelas dan logis. 2) Sarana untuk memecahkanmasalah kehidupan sehari-hari. 3) Sarana mengenal pola-pola hubungan dangeneralisasi pengalaman. 4) Sarana untuk mengembangkan kreativitas. 5) Saranauntuk meningkatkan kesadaran terhadap perkembangan budaya.

 

Berdasarkanpengertian diatas, dapat disimpulkan belajar matematika adalah usaha individuatau kelompok untuk tujuan mempelajari, mengenal, memecahkan, mengembangkanmatematika. Belajar matematika lebih sepesifik berhubungan tentang pengertian,konsep dan rangkaian sifat, teorema dan prinsip-prinsip yang terdapat dalampembelajaran matematika. Belajar matematika tidak terbatas usia dan tempatkarena setiap usaha yang kita lakukan baik sadar atau tidak sadar masihberhubungan dengan matematika.

 

Latihan Soal AKG Matematikadan IPA Guru MTS inikedua terkait dengan konsep dasar mata pelajaran IPA IPA adalah suatu singkatandari kata “Ilmu Pengetahuan Alam” merupakan terjemahan dari kata NaturalScience Education secara singkat sering disebut Science. Natural artinyaalamiah, berhubunga dengan alam atau bersangkut paut dengan alam, sedangkanScience adalah pengetahuan.

 

JadiIlmu Pengetahuan Alam (IPA) secara harfiah dapat diartikan ilmu yangmempelajari pristiwa-peristiwa yang terjadi di alam. IPA merupakan ilmu yangtelah diuji kebenarannya melalui metode-metode ilmiah. Dengan kata lain, metodeilmiah merupakan ciri khusus yang menjadi identitas IPA (Abdullah A. dan EnyR., 2011:8). Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuanatau Sains yang semula berasal dari bahasa Inggris “Science”. Kata “Science”sendiri berasal dari kata dalam bahasa latin “Scientia” yang berarti saya tahu.“Science” terdiri dari social sciences (Ilmu Pengetahuan Sosial) dan naturalscience (Ilmu Pengetahuan Alam).

 

Namun,dalam perkembangan science sering diterjemahkan sebagai sains yangberarti Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) saja (Trianto, 2010:136). MenurutChiappetta & Koballa (2010:105), IPA didefinisikan sebagai sebuah landasandasar kegiatan manusia yang dapat dilihat dari sudut pandang yang berbeda.“Science as a away of thinking, science as a away of investigating, science asa body of knowledge, science and interactions with technology and society”.Dapat diartikan bahwa IPA terdapat berbagai macam dimensi di dalamnya caraberfikir, cara investigasi, bangunan ilmu dan kaitannya dengan teknologimasyarakat. Menurut Carin & Sun (1993:2), mendefinisikan IPA sebagai tiga elemenpenting yaitu sikap, proses, dan produk. “Scince has three major element:attitudes, processer or methods, and products. Attitudes are certain beliefs,values, opinions, for example,suspending judgment until enough data has been collected relative to theproblem. Constantly endeavoring to be objective. Processes or methods arecertain ways of investigating problems, for example, making hypothesis,designing and carrying out experiments, evaluating data, and measuring.Products are facts, principles, laws, theories, for examplethe scientificprinsiples: metals when heated expland”.

 

IPAmerupakan ilmu pengetahuan yang didalamnya berisi kumpulan ilmu pengetahuanalam(as a body of knowledge), cara untuk menyelidiki berbagai gejala fenomena danpersoalan alam (as a way of investigating), cara berfikir dalam memecahkanpersoalan berkaitan dengan objek alam (asa way of thingking) serta interaksinya dengan teknologi dan masyarakat(Susilowati, 2015:4).

 

Merujukdari beberapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa hakikat IPA merupakansuatu sutu tubuh pengetahuan (the body of knowledge) dan proses penemuan pengetahuan.Selain itu, IPA juga berkaitan dengan teknologi dan masyarakat. Dalam hal inikonsep IPA dapat dimanfaatkan sebagai dasar pengembangan teknologi dan untuk menyelesaikanpermasalahan dalam masyarakat. Perkembangan IPA juga terbantu dengan adanyateknologi yang berkembang dalam masyarakat. Dengan demikian, IPA tidak hanyasekumpulan konsep dan proses penemuan semata, tetapi juga aplikasi untukmenjawab permasalahan dimasyarakat.

 

Berikutini link contoh Latihan Soal AKG Matematikadan IPA Guru MTS

link contoh Latihan Soal AKG Matematika Guru MTS

link contoh Latihan Soal AKG IPA Guru MTS

Demikianinformasi tentang Latihan Soal AKG Matematikadan IPA Guru MTS dan Pembahasan. Semoga bermanfaat. Selamat belajar semoga kesuksesanmenyertai Bapak/Ibu guru. Terima kasih.

No comments

Theme images by mammamaart. Powered by Blogger.
Back to Top