Contoh Modul Ajar SMP untuk Persiapan Observasi Guru di PMM

Contoh Modul Ajar SMP Kelas 7, 8 dan 9 untuk Persiapan Observasi Guru di PMM


Contoh Modul Ajar SMP Kelas 7, 8 dan 9 untuk Persiapan Observasi Guru di PMM mata pelajaran PAI BP, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, PJOK, Informatika dan Seni dan Prakarya.

 

Modul ajar adalah dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Modul ajar serupa dengan RPP atau lesson plan yang memuat rencana pembelajaran di kelas. Namun, pada modul ajar terdapat komponen yang lebih lengkap dibanding RPP sehingga disebut RPP Plus.

 

Modul ajar dapat membantu pendidik dalam a) Memandu pendidik melaksanakan pembelajaran; b) Mempermudah, memperlancar, dan meningkatkan kualitas pembelajaran; c) Menjadi rujukan bagi pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran; d) Menjadi kerangka kerja yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran sesuai capaian pembelajaran; e) Mendukung pencapaian kompetensi dalam Capaian Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila pada setiap tahap perkembangan pada suatu mata pelajaran.

 

Contoh Modul Ajar mata pelajaran PAI BP, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, PJOK, Informatika dan Seni dan Prakarya SMP Kelas 7, 8 dan 9 untuk Persiapan Observasi Guru di PMM ini telah disesuaikan dengan indikator kinerja guru atau rencana hasil kerja guru, yang meliputi 8 indikator yakni Keteraturan Suasana Kelas, Ekspektasi pada Peserta Didik, Penerapan Disiplin Positif, Aktivitas Interaktif, Umpan Balik Konstruktif, Instruksi yang Adaptif, Perhatian dan Kepedulian, Instruksi Pembelajaran

 

1. Modul Ajar / RPP Fokus pada Keteraturan Suasana Kelas

Modul Ajar RPP Fokus pada Keteraturan Suasana Kelas adalah modul ajar yang biasa dipakai dalam pembelajaran, tetapi langkah kegiatanya telah disesuai dengan fokus membanguan suasana kelas yang kondusif agar siswa atau peserta didik dapat belajar dengan gangguan seminimal mungkin. Dengan demikian, perhatian siswa sepenuhnya terarah pada aktivitas belajar.

 

2. Modul Ajar / RPP Fokus pada Ekspektasi pada Peserta Didik

Modul Ajar RPP Fokus pada Ekspektasi pada Peserta Didik adalah modul ajar yang biasa dipakai dalam pembelajaran, tetapi terdapat langkah pembelajaran yang focus pada kemampuan guru menyampaikan ekspektasi yang tinggi terhadap siswa. Tujuan dari dikomunikasikannya ekspektasi tersebut adalah agar peserta didik memiliki motivasi dari dalam dirinya sendiri untuk belajar.

 

3. Modul Ajar / RPP Fokus pada Penerapan Disiplin Positif

Modul Ajar RPP Fokus pada Penerapan Disiplin Positif adalah modul ajar yang biasa dipakai dalam pembelajaran, tetapi dalam langkah-langkah pembelajaran diselipkan upaya penerapan disiplin positif. Hal ini bertujuan agar murid mampu menunjukkan perilaku dan kebiasaan sesuai dengan kesepakatan bersama. Kedisiplinan bersikap dan berperilaku ini tumbuh dari dalam diri siswa sendiri tanpa kita harus memberikan hukuman ataupun hadiah.

 

4. Modul Ajar / RPP Fokus pada Aktivitas Interaktif

Modul Ajar RPP Fokus pada Aktivitas Interaktif adalah modul ajar yang biasa dipakai dalam pembelajaran, tetapi dalam langkah-langkah pembelajaran banyak fasilitasi terlaksanakan kolaborasi dan komunikasi antar peserta didik. Oleh sebab itu, indikator efektivitas pembelajaran ini berupa kolaborasi dan komunikasi yang baik selama pembelajaran berlangsung.

 

5. Modul Ajar / RPP Fokus pada Umpan Balik Konstruktif

Modul Ajar RPP Fokus pada Umpan Balik Konstruktif adalah modul ajar yang biasa dipakai dalam pembelajaran, tetapi dalam langkah-langkah pembelajaran terdapat upaya penerapan umpan balik atau feedback yang disampaikan kepada murid bisa berupa kemajuan proses belajar atau capaian pembelajaran yang telah diraih. Indikator kinerja guru dalam hal ini tampak pada tumbuhnya motivasi peserta didik untuk belajar.

 

6. Modul Ajar / RPP Fokus pada Instruksi yang Adaptif

Modul Ajar RPP Fokus pada Instruksi yang Adaptif adalah modul ajar yang biasa dipakai dalam pembelajaran, tetapi dalam langkah-langkah pembelajaran yang mencerminkan bahwa guru telag memberikan pelayanan sesuai kebutuhan belajar yang berbeda-beda. Fokusny adalah bagaimana guru mampu memahaminya dan menyesuaikan praktik pembelajaran sesuai dengan kebutuhan tersebut merupakan indikator metode pembelajaran yang efektif.

 

7. Modul Ajar / RPP Fokus pada Perhatian dan Kepedulian

Modul Ajar RPP Fokus pada Instruksi yang Adaptif adalah modul ajar yang biasa dipakai dalam pembelajaran, tetapi dalam langkah-langkah terdapat upaya guru untuk memberikan perhatian dan dukungan sesuai dengan kebutuhan belajar setiap murid. Pada gilirannya, murid memiliki motivasi intrinsik untuk belajar.

 

8. Modul Ajar / RPP Fokus pada Instruksi Pembelajaran

Modul Ajar RPP Fokus pada Instruksi yang Adaptif adalah modul ajar yang biasa dipakai dalam pembelajaran, tetapi dalam langkah-langkah telah tergambarkan tentang konsep dan aktivitas pembelajaran kepada peserta didik. Guru dapat menggunakan demonstrasi, ilustrasi, atau contoh yang relevan dan kontekstual agar pembelajaran berlangsung dengan efektif.

 

Modul ajar merupakan salah satu bentuk dari perangkat ajar yang digunakan oleh guru dalam melakukan proses pembelajaran. Modul ajar merupakan dokumen yang minimal berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran. Idealnya modul ajar dibuat atau diadaptasi oleh guru yang bersangkutan sesuai mata pelajaran dan kondisi sekolah masing-masing,

 

Dalam pengembangan modul ajar tersebut, Pemerintah memfasilitasi pengebangan modul ajar menerbitkan Proses Bisnis Pengembangan Modul sebagai acuan pengembangan modul ajar yang dilakukan oleh seluruh unit kerja. Terdapat 3 (tiga) macam proses bisnis yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Pertama, pengembangan modul ajar yang diawali dengan penyusunan alur tujuan pembelajaran terlebih dahulu. Kedua, pengembangan modul ajar dengan berdasarkan pada alur tujuan pembelajaran yang telah tersedia dalam PMM. Ketiga, pengembangan modul ajar dengan melakukan kurasi terhadap modul ajar yang sudah ada. Hasil Pengembangan modul ajar dapat diakses melalui PMM.

 

Namun bagi masih mencari modul ajar dan membutuhkan contoh modul ajar RPP untuk persiapan observasi kelas silahkan didwonload melalui link yang tersedia

 

Link download Modul Ajar untuk SMP Kelas 7 Semua Mata Pelajaran (disini)

Link download Modul Ajar untuk SMP Kelas 8 Semua Mata Pelajaran (disini)

Link download Modul Ajar untuk SMP Kelas 9 Semua Mata Pelajaran (disini)

 

Demikian info tentang Contoh Modul Ajar SMP Kelas 7, 8 dan 9 untuk Persiapan Observasi Guru di PMM mata pelajaran PAI BP, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, PJOK, Informatika dan Seni dan Prakarya. Apabila ada langkah-langkah pembelajaran yang belum sesuai silahkan Anda sesuai dengan fokus observasi yang Anda pilih.

 


= Baca Juga =


No comments

Theme images by mammamaart. Powered by Blogger.
Back to Top