Latihan Soal Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru MTS Tahun 2024 – 2025 dan Pembahasan. Madrasah Tsanawiyah (MTS) merupakan jenjang pendidikan setara SekolahMenengah Pertama (SMP). Tujuan umum Madrasah Tsanawiyah, yakni menjadi seorangmuslim yang bertakwa dan berakhlak mulia, menghayati dan mengamalkan ajaranagamanya serta memiliki pengetahuan, pengalaman dan keterampilan yang lebihluas serta sikap yang di perlukan untuk melanjutkan pelajaran ke MadrasahAliyah atau sekolah lanjutan atas lainnya, atau untuk dapat berbakti dalammasyarakat sambil mengembangkan diri guna mencapai kebahagiaan dunia akhirat.
Di dalam UU No. 20/2003 tentangSistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsimengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yangbermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untukberkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman danbertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis sertabertanggung-jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka salah satu bidang studiyang harus dipelajari oleh peserta didik di Madrasah adalah Pendidikan AgamaIslam yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yangberiman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
Pendidikan Islam di MadrasahTsanawiyah terdiri atas empat mata pelajaran, yaitu Al-Qur’an Hadist, AkidahAkhlak, Fikih dan Tarikh (Sejarah) Kebudayaan Islam. Masing-masing matapelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait, mengisi dan melengkapi.Al-Qur’an-Hadist merupakan sumber utama ajaran Islam, dalam arti ia merupakansumber akidah akhlak, syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehinggba kajiannyaberada disetiap unsur tersebut. Akidah (ushuluddin) atau keimanan merupakanakar atau pokok agama. Syari’ah/fikih (ibadah, muamalah) dan akhlak bertitiktolak dari akidah, yakni sebagai manifestasi dan konsekuensi dari akidah(keimanan dan keyakinan hidup). Syari’ah/fikih merupakan sistem norma (aturan)yang mengatur hubungan manusia dengan Allah SWT dan sesama manisia denganmanusia atau makhluk lainnya.
Akhlak merupakan aspek hidup ataukepribadian hidup manusia dalam arti bagaimana sistem norma yang mengaturhubungan manusia dengan Allah SWT (ibadah dalam arti khas) dan hubungan manusiadengan manusia dan lainnya (muamalah) itu menjadi sikap hidup dan kepribadianhidup manusia dalam menjalankan sistem kehidupannya (politik, ekonomi, sosial,pendidikan, kekeluargaan, kebudayaan/seni, iptek, olahraga/kesehatan danlain-lain) yang dilandasi oleh akidah yang kokoh. Sedangkan tarikh (sejarah)kebudayaan Islam merupakan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim darimasa ke masa dalam usaha bersyariah (beribadah dan bermuamalah) dan berakhlakserta mengembangkan sistem kehidupannya yang dilandasi oleh akidah.
PAI (Pendidikan Agama Islam) diMadrasah Tsanawiyah yang terdiri dari empat mata pelajaran tersebut memilikikarakteristi tersendiri. Al-Qur’an-Hadist menekankan pada kemampuan baca-tulisyang baik dan benar, memahami makna secara tekstual dan kontekstual dankontekstual serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. Aspekakidah menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan/keimananyang benar serta menghayati nilai-nilai al-asma ‘al-husna.
Aspek akhlak menekankan padapembiasaan untuk melaksanakan akhlak terpuji dan menjauhi akhlak tercela dalamkehidupan sehari-hari. Aspek fikih menekankan kepada kemampuan melaksanakanibadah dan muamalah yang baik dan benar. Sedangkan aspek tarikh dan kebudayaanIslam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwabersejarah Islam, meneladani tokoh-tokoh berprestasi dan mengaitkannya denganfenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan lain-lain untukmengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
Mata pelajaran akidah akhlak padaMadrasah Tsanawiyah adalah salah satu mata pelajaran PAI yang merupakanpeningkatan dari akidah dan akhlak yang telah dipelajari oleh peserta didik diMadrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. Peningkatan tersebut dilakukan dengan caramempelajari tentang Rukun Iman mulai dari iman kepada Allah,malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rosul-rosul-Nya, hari akhir sampai imankepada Qadla dan Qadar yang dibuktikan dengan dalil-dalil naqli dan aqli, sertapemahaman dan penghayatan terhadap al-asma’ al-husna dengan mewujudkanciri-ciri/tanda-tanda perilaku seseorang dalam realitas kehidupan individu dansosial serta pengamalan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalamkehidupan sehari-hari.
Penyusunan SKL (Standar KompetensiKelulusan), SK (Standar Kompetensi) dan KD (Kompetensi Dasar) mata pelajaranakidah akhlak diMadrasah Tsanawiyah ini dilakukan dengan cara me-reviewPeraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang StandarKompetensi Kelulusan (SKL) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah danPeraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi(SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, terutama pada mata pelajaranPendidikan Agama Islam aspek keimanan/akidah dan akhlak untuk SMP/MTs sertamemperhatikan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor:DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006 Tanggal 01 Agustus 2006 tentang Pelaksanaan StandarIsi yang intinya bahwa Madrasah dapat meningkatkan kompetensi lulusandanmengembangkan kurikulum dengan standar yang lebih tinggi.
Latihan Soal AsesmenKompetensi Guru AKG Guru MTS Tahun 2020 – 2021 dan Pembahasan. Asesmen kompetensi guru Madrasah Tsanawiyah adalah kegiatan untuk mengukuttingkat kemampuan guru-guru MTS terkait kompetensi yang dipersyaratkan sebagaiguru. Secara sederhana dapat diungkapkan bahwa guru MTS adalah yang mampumenjalankan fungsi dan tugasnya menurut kriteria tertentu yang ditetapkan olehpemerintah. Menurut UU No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen; seorang guruprofesional harus memiliki empat kompetensi dasar dalam pendidikan. Empatkompetensi dasar guru MTS adalah kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dankompetensi kepribadian. Kompetensi profesional adalah kemampuan seorang gurudalam mengelola proses belajar mengajar. Kemampuan mengelola pembelajarandidukung oleh pengelolaan kelas, penguasaan materi belajar, strategi mengajardan penggunaan media belajar. Kompetensi pedagogik berkaitan erat dengankemampuan guru dalam memahami proses pembelajaran. Pembelajaran yangberlangsung di ruang kelas bersifat dinamis. Ini dapat terjadi karenakomunikasi atau interaksi timbal balik antara guru dengan siswa dan siswadengan siswa. Keberagaman siswa didalam kelas juga akan memerlukan keterampilanseorang guru dalam mendisain program pembelajaran. Kompetensi sosial adalahkemampuan guru sebagai pendidik untuk berkomunikasi dan berinteraksi yang baikdengan warga sekolah maupun warga dimana guru berada. Kemampuan sosial inidapat dilihat melalui pergaulan sosial guru dengan siswa, rekan sesama gurumaupun dengan masyarakat dimana ia berada. Sedangkan kompetensi Kepribadianmenunjukkan sikap dan kepribadian yang baik. Guru yang patut ditiru merupakanfilosofi yang menunjukkan kemampuan kepribadian. Ditiru karena guru diyakinimempunyai ilmu yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup siswanya. Seorang guruditiru karena pada diri guru terdapat sikap dan pribadi yang baik.
Latihan Soal AsesmenKompetensi Guru AKG Guru MTS Tahun 2020 – 2021 dan Pembahasanterkait pengukuran atau penilaian tentangkompetensi yang dipersyaratkan sebagai guru terutama kompetensi profesionaldan kompetensi pedagogik. Hal ini disebabkan Indikator Soal AsesmenKompetensi Guru AKG Guru MTS Tahun 2020 hanya akan menguji masalah pedagogik dan profesionalisme guru.
Link Latihan Soal AKG Guru MI Tahun 2020 Pedagogik(disini)
Link Latihan SoalAKG Guru MI Tahun 2020 Literasi (disini)
Link Latihan SoalAKG Guru MI Tahun 2020 Numerasi (disini)
Link Latihan SoalAKG Guru MI Tahun 2020 Sains (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MTs materi Pedagogik (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MTs Bahasa Indonesia (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MTS Bahasa Inggris (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MTs Matematika (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MTs IPA (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MTs Bimbingan dan Konseling(disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MA Tahun 2020 Pedagogik (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MA Bahasa Indonesia (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MA Bahasa Inggris (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MA Matematika (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MA Fisika (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MA Kimia (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MA Biologi (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MA Ekonomi (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MA Bimbingan dan Konseling(disini)
Demikian informasi tentang Latihan Soal Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru MTS Tahun 2024 – 2025 dan Pembahasan. Semogaada manfaatnya, terima kasih.