Soal Pretes dan Postest Diklat Platform SDS Dan Platform Rapor Pendidikan

 

Soal Pretes dan Postest Diklat Platform SDS Dan Platform Rapor Pendidikan

Berikut ini Contoh Soal Pretes dan Postest Diklat Platform SDS (Sumber Daya Sekolah) dan Platform Rapor Pendidikan

 

1.    Rapor Pendidikan merupakan salah satu Kebijakan Merdeka Belajar ke...

A. 16

B. 17

C. 18

D. 19

 

2.    lndikator terjadinya transformasi satuan pendidikan, adalah...

A. Satuan pendidikan menjalin kemitraan hanya dengan komite sekolah

B. Satuan pendidikan menciptakan lingkungan belajar yang aman nyaman, dan menyenangkan untuk peserta didik umum saja

C. Satuan pendidikan mengembangkan budaya refleksi berbasis data

D. Satuan pendidikan berpihak kepada prestasi akademik peserta didik

 

3.    Berikut ini pernyataan terkait Perencanaan Berbasis Data yang tepat, adalah...

A.    Perencanaan dan penganggaran yang berbasis pada data bertujuan untuk peningkatan kualitas pembelajaran peserta didik

B.    Perencanaan Berbasis Data semakin naik anggaran yang diperlukan untuk melakukan langkah benahi

C.   Perencanaan Berbasis Data merupakan intervensi dana BOS untuk kondiisi rapor yang  merah

D.   Rekomendasi dalam lembar PBD yang terdapat di Platform Rapor Pendidikan bersifat wajib

 

4.    Berikut ini yang merupakan  langkah sederhana dalam perencanaan berbasis data, adalah...

A.    ldentifikasi, Redesain, Benahi (IRB)

B.    ldentifikasi,Refleksi, Benahi (IRB)

C.   ldeologi, Refleksi, Benahi (IRB)

D.   ldentifikasi,Refleksi, Benari (IRB)

 

5.    Tahapan refleksi capaian,pemerataan, dan proses pembelajaran di satuan pendidikan merupakan cara yang dilakukan untuk...

A.    menemukan masalah

B.    menemukan akar masalah

C.   menemukan inti masalah

D.   menemukan kuncimasalah

 

6.    Berikut ini merupakan konsep Perencanaan Berbasis Data yang tepat, kecuali...*

A.    Perencanaan Berbasis Data adalah perencanaan di mana analisis atas masalah dan akar masalahnya bersumber dari data Rapor Pendidikan dan sumber sumber lain yang relevan

B.    Tahapan Perencanaan Berbasis Data meliputi: identifikasi, refleksi, benahi

C.   Perencanaan Berbasis data adalah mekanisme perencanaan yang komprehensif berbasis fakta

D.   Perencanaan Berbasis Data adalah perencanaan yang sumber datanya hanya berasal dari data digital atau online

 

7.    Tujuan pembenahan melalui perumusan kegiatan dalam bentuk rencana kegiatan dan anggaran satuan pendidikan (BOS dan BOP) dan daerah (APBD) adalah ...

A.    membuat perencanaan sekolah

B.   menyelesaikan akar masalah di sekolah

C.   meningkatkan anggaran sekolah

D.   merumuskan program kegiatan di sekolah

 

8.    Label warna pada capaian indikator dalam rapor pendidikan yang perlu menjadi perhatian penting untuk segera dibenahi oleh satuan pendidikan dan pemerintah daerah adalah..."'

A.    Kuning

B.    Hijau

C.   Biru

D.   Merah

 

9.    Cara mengunduh lembar Rekomendasi PBD adalah dengan melakukan...*

A.    Klik "Rekomendasi PBD" pada bagian atas platform Rapor Pendidikan

B.    Klik "Unduh" pada bagian atas platform Rapor Pendidikan

C.   Klik "PBD" pada bagian atas platform Rapor Pendidikan

D.   Klik "Rekomendasi" pada bagian atas platform Rapor Pendidikan

 

10. Akar masalah skor literasi dan numerasi masih rendah antara lain disebabkan, kecuali...

A.    Jumlah PTK masih kurang

B.    PTK tidak merata sesuai kebutuhan

C.   Kualitas PTK masih kurang

D.   Sarana dan prasarana sekolah kurang baik

 

11. Cara umum Benahi dalam menentukan program dan kegiatan untuk menyelesaikan akar masalah yang sudah teridentifikasi antara lain, kecuali...

A.    Penentuan program dapat merujuk pada program program Merdeka Belajar utama/prioritas yang dikeluarkan oleh Kemdikbudristek seperti sekolah penggerak, kurikulum merdeka, optimalisasi platform merdeka mengajar, komunitas belajar, dan program lainnya.

B.    Penentuan program harus SMART (Specific, Measurable, Achievable Relevant, Time­Bound)

C.   Pilihlah benahi yang sesuai dengan kondiisi dan kapasitas daerah.

D.   Pilihlah program yang memiliki potensi dampak paling tinggi untuk mengatasi akar masalah dengan anggaran seefisien mungkin.

 

12. Berikut adalah indikator layanan yang perlu diperhatikan dalam proses Perencanaan Berbasis Data, kecuali...

A.    Seluruh indikator yang bermasalah

B.    lndikator yang bermasalah

C.   lndikator yang menjadi akar permasalahan

D.   lndikator yang penting untuk segera dibenahi satuan pendidikan

 

13. Tujuan diadakannya Perencanaan Berbasis Data adalah...*

A.    Memperbaiki permasalahan peningkatan mutu pendidikan dengan lebih sederhana dan bermakna

B.    Meningkatkan mutu pendidikan dengan sebatas pemenuhan dokumen administrasi

C.   Meningkatkan mutu pendidikan dengan mengukur beragam hal

D.   Memperbaiki layanan pendidikan dengan melakukan pengisian borang berkali-kali

 

14. Akun belajar.id dapat digunakan untuk kepentingan para Pendidik, Tenaga Kependidikan, Peserta Didik, Dinas Pendidikan, dan pihak lainnya yang berada dalam wewenang Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Yang bukan merupakan pengguna akun belajar.id adalah ...

A.    Kepala Bidang pada Dinas Pendidikan

B.    Pengawas Sekolah

C.   Tenaga Perpustakaan

D.   Operator Satuan Pendidikan yang terdata di dapodik

 

15. Fitur-fitur yang terdapat dalam Platform Merdeka Mengajar memiliki akses pengguna yang berbeda-beda. Pengguna yang tidak melakukan login (Non Login Experience) dapat mengakses fitur:

A.    Video lnspirasi dan Pelatihan Mandiri

B.    Video lnspirasi dan Bukti Karya

C.   Pelatihan Mandiri dan Komunitas

D.   BuktiKarya dan Komunitas

 

16. Learning management system (LMS) adalah salah satu fitur di platform Merdeka Mengajar yang digunakan untuk kegiatan program pendidikan/pembelajaran/pelatihan yang diselenggarakan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. LMS PMM bisa diakses melalui alamat...

A.   https://guru.kemdikbud.go.id/

B.    https://teknologi.kemdikbud.go.id/

C.   https://belajar.id/

D.   https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/

 

17. Bukti Karya merupakan tempat mendokumentasikan karya Guru dan Kepala Sekolah. Karya yang dibuat menggambarkan kinerja, kompetensi, serta prestasi yang dicapai selama menjalanlkan profesi guru maupun kepala sekolah. Karya yang dapat diunggah ke dalam format pdf dan video adalah

A.    Kepemimpinan Sekolah

B.    RPP/Modul Ajar

C.   Artikel

D.   Bahan Ajar

 

18. Platform Merdeka Mengajar disediakan untuk menjadi ternan penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar,belajar, dan lberkarya. Saat ini, terdapat beberapa menu yang dikelompokkan berdasarkan manfaatnya .Asesmen Murid terdapat dalam menu...*

A.    Belajar Kurikulum Merdeka

B.    Kegiatan Belajar Mengajar

C.   Pengembangan Diri

D.   Mencari dan Berbagi lnspirasi

 

19. Komunitas pada platform Merdeka Mengajar adalah sebuah wadah yang dapat digunakan oleh guru untuk berbagi praktik baik dan sarana belajar,juga diskusi bersama guru lain di seluruh Indonesia. Di dalam menu komunitas terdapat 4 halaman sub menu yaitu:*

A.    Untuk Anda (Komunitas), Webinar (Komunitas), Komunitas dan Narasumber

B.    Ide praktik, Webinar (Komunitas),Komunitas dan Kelas

C.   Untuk Anda (Komunitas), ide praktik,Komunitas dan Narasumber

D.   Untuk Anda (Komunitas), Webinar (Komunitas), Kelas dan Narasumber

 

20. Menu Perangkat Ajar pada platform Merdeka Mengajar berisi kumpulan perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka yang dapat digunakan guru untuk mencari referensi atau inspirasi materi pengajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan muridnya. Dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah

A.    Bahan ajar

B.    Buku Teks

C.   Modul Ajar

D.   Modul Projek

 

21. Satuan Pendidikan menggunakan ARKAS dan diintegrasikan dengan sistem penge·lolaan keuangan daerah (SIPD), Dasar hokum pelaksanaannya adalah?

A.    Surat Edaran Bersama Mendagri Nomor 907-6479-SJ dan Mendikbudristek Nomor 7 Tahun 2021

B.    Surat Edaran Bersama Mendagri Nomor 907-6479-SJ dan Mendikbudristek Nomor 2 Tahun 2022

C.   Surat Edaran Bersama Mendagri Nomor 907-6479-SJ dan Mendikbudristek Nomor 63 Tahun 2022

D.   Surat Edaran Bersama Mendagri Nomor 03 Tahun 2023 dan Mendikbudristek Nomor 7 Tahun 2021

 

22. Satuan Pendidikan menyusun rencana kegiatan dan anggaran Satuan Pendidikan dan Melakukan input RKAS pada sistem yang telah disediakan oleh Kementerian (ARKAS), mendasa r pada?

A.    Permendikbud Nomor 2 Tahun 2022

B.   Permendikbud Nomor 63 Tahun 2022

C.   Permendagri Nomor 03 Tahun 2023

D.   Permendagri Nomor 24 Tahun 2020

 

23. Sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi Satuan Pendidikan dalam melakukan tata kelola perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan penatausahaan, serta pertanggungjawaban dana bantuan operasional sekolah dalam bentuk digital, merupakan pengertian dari?

A.    MARKAS

B.   ARKAS

C.   BOS SALUR

D.   SIPLah

 

24. Pengelolaan Sistem lnformasi Pengadaan Barang/Jasa di Sekolah (SIPLah), mendasar pada?

A.   Persesjen Nomor 6 Tahun 2021

B.    Permendikbud Nomor 14 Tahun 2020

C.   Permendikbud Nomor 2 Tahun 2022

D.   Permendikbud Nomor 63 Tahun 2022

 

25. Satuan Pendidikan dalam mengakses Iaman SIPLah untuk berbelanja kebutuhan sekolah, menggunakan akun dapodik PTK sebagai?

A.    Kepala Sekolah dan atau Pelaksana PBJ

B.    Operator Dapodik

C.   Wakil Kepala Sekolah

D.   Wakil Kepala Urusan Sarana  Prasana

 

26. Setelah dana BOS masuk ke rekening sekolah, Satuan Pendidikan wajib melakukan konfirmasi dana bos melalui Iaman?

A.    https://arkas.kemd ikbud.go.id

B.    https://markas.kemdikbud.go.id

C.   https://bos.kemdikbud.go.id

D.   https://siplah.kemdikbud.go.id

 

 

2 komentar:

  1. Terima kasih atas informasi selamat berkarya

    BalasHapus
  2. Mantap sekali informasinya, terima kasih banyak sudah berbagi info yang sangat berguna.

    BalasHapus

Gambar tema oleh mammamaart. Diberdayakan oleh Blogger.
Back to Top