DOWNLOAD SOAL AKG UNTUK GURU MI MTS MA TAHUN 2020-2021

 

Soal AKG Untuk Guru MI MTS MA Tahun 2020-2021

Download Soal AKG Untuk Guru MI MTS MA Tahun 2020-2021 disertai Kunci Jawaban atau Pembahasan, AKG merupakan kepanjangan dari Asesmen Kompetensi Guru. Istilah AKG ini tersurat dalam Surat Edaran Dirjen Pendis tentang Penyampaian Petunjuk Teknis Pelaksanaa Asesmen Kompetensi GTK Madrasah yang inti menyampaikan informasi bahwa pelaksanaan asesmen kompetensi bagi guru, kepala dan pengawas madrasah yang akan dilaksanakan pada bulan November 2020.


Ada tiga istilah dalam Surat edaran itu, yakni AKG yang berarti Asesmen Kompetensi Guru, AKK-M (Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah), dan AKP-M (Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah). Untuk Pelaksanaan Kegiatan tersebut telah diterbitkan Petunjuk Teknis Asesmen Kompetensi Guru, Kepala, dan Pengawas Madrasah yang tertuang dalam Keputusan Dirjen Pendis nomor 4446 Tahun 2020.

 

Sasaran kegiatan AKG (Asesmen Kompetensi Guru) Madrasah adalah semua guru madrasah pada semua jenjang mulai jenjang MI, MTs, dan MA/MAK. Adapun mateti AKG adalah terkait Kompetensi Pedagogik dan Profesional. Khusus jenjang Madrasah Ibtiudaiyah (MI) Kompetensi Profesional berkaitan dengan Literasi, Numerasi, dan Sains. Sedangkan khusus untk Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) kompetensi professional berkaitan dengan bidang studi yang diajarkan oleh guru yang bersangkutan.

 

Adapun lingkup materi ateri AKG Guru MI MTS MA terkait Kompetensi Pedagogik adalah 1) Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. 2) Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. 3) Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. 4) Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. 5) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. 6) Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. 7) Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. 8) Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. 9) Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. 10) Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

 

Sedangkann lingkup materi AKG Guru MI MTS MA terkait Kompetensi Profesional, adalah 1) Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 2) Menguasai kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. 3) Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. 4) Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif; 5) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.

 

 

Dengan demikian Soal AKG Untuk Guru MI MTS MA Tahun 2020-2021 akan akan lebih fokus pada 2 (dua) kompetensi guru dari 4 (empat) kompetensi guru yang dipersyaratkan. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada pasal 10 ayat (1) menyatakan bahwa“Kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi” Standar kompetensi guru mencakup kompetensi inti guru yang dikembangkan menjadi kompetensi guru PAUD/TK/RA, guru kelas SD/MI, dan guru mata pelajaran pada SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK.

 

A. Kompetensi Pedagogik

Kompetensi Pedagogik adalah kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Sub kompetensi dalam kompetensi Pedagogik adalah : 1) Memahami peserta didik secara mendalam yang meliputi memahami peserta didik dengan memamfaatkan prinsip-prinsip perkembangan kognitif, prinsip-prinsip kepribadian, dan mengidentifikasi bekal ajar awal peserta didik. 2) Merancang pembelajaran,teermasuk memahami landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran yang meliputi memahmi landasan pendidikan, menerapkan teori belajar dan pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan materi ajar, serta menyusun rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih. 3) Melaksanakan pembelajaran yang meliputi menata latar ( setting) pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran yang kondusif. 4) Merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran yang meliputi merancang dan melaksanakan evaluasi (assessment) proses dan hasil belajar secara berkesinambungan denga berbagai metode,menganalisis hasil evaluasi proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar (mastery level), dan memamfaatkan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum. 5) Mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensinya meliputi memfasilitasi peserta didik untuk pengembangan berbagai potensi akademik, dan memfasilitasipeserta didik untuk mengembangkan berbagai potensi nonakademik.

 

Kompetensi Kepribadian adalah kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia. Sub kompetensi dalam kompetensi kepribadian meliputi : 1) Kepribadian yang mantap dan stabil meliputi bertindak sesuai dengan norma sosial, bangga menjadi guru, dan memiliki konsistensi dalam bertindak sesuai dengan norma. 2) Kepribadian yang dewasa yaitu menampilkan kemandirian dalam bertindak sebagai pendidik dan memiliki etod kerja sebagai guru. 3) Kepribadian yang arif adalah menampilkan tindakan yang didasarkan pada kemamfaatan peserta didik, sekolah dan masyarakat dan menunjukkan keterbukaan dalam berpikir dan bertindak. 4) Kepribadian yang berwibawa meliputi memiliki perilaku yang berpengaruh positif terhadappeserta didik dan memiliki perilaku yangh disegani. 5) Berakhlak mulia dan dapat menjadi teladan meliputibertindak sesuai dengan norma religius (imtaq, jujur, ikhlas, suka menolong) dan memiliki perilaku yang diteladani peserta didik.

 

Kompetensi Profesional adalah penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya.  Kompetensi Profesional mencakup: 1) Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung pelajaran yang dimampu. 2) Mengusai standar kompentensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang dimampu. 3) Mengembangkan materi pembelajaran yang dimampu secara kreatif. 4) Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. 4) Memanfaatkan TIK untuk berkomunikasi dan mengembangakan diri.

Kompetensi Sosial adalah kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar. Kompetensi Sosial, mencakup: 1) Bersikap inkulif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial keluarga. 2) Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan masyarakat. 3) Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah RI yang memiliki keragaman social budaya. 4) Berkomunikasi dengan lisan maupun tulisan.

 

Berikut Ini link Download Soal AKG Untuk Guru MI MTS MA Tahun 2020-2021 disertai Kunci Jawaban atau Pembahasan, semoga ada manfaatnya sebagai bahan untuk mempersiapkan diri menghadapi pelaksanakan AKG yang direncanakan mulai bulan November 2020 nanti.


Link Latihan Soal dan Pembahasan Soal AKG Guru MA Tahun 2020 Pedagogik (disini)

Link Latihan Soal dan Pembahasan Soal AKG Guru MA Bahasa Indonesia (disini)

Link Latihan Soal dan Pembahasan Soal AKG Guru MA Bahasa Inggris (disini)

Link Latihan Soal dan Pembahasan Soal AKG Guru MA Matematika (disini)

Link Latihan Soal dan Pembahasan Soal AKG Guru MA Fisika (disini)

Link Latihan Soal dan Pembahasan Soal AKG Guru MA Kimia (disini)

Link Latihan Soal dan Pembahasan Soal AKG Guru MA Biologi (disini)

Link Latihan Soal dan Pembahasan Soal AKG Guru MA Ekonomi (disini)

Link Latihan Soal dan Pembahasan Soal AKG Guru MA Bimbingan dan Konseling (disini)

 

Link Latihan Soal dan Pembahasan Soal AKG Guru MTs materi Pedagogik (disini)

Link Latihan Soal dan Pembahasan Soal AKG Guru MTs Bahasa Indonesia (disini)

Link Latihan Soal dan Pembahasan Soal AKG Guru MTS Bahasa Inggris (disini)

Link Latihan Soal dan Pembahasan Soal AKG Guru MTs Matematika (disini)

Link Latihan Soal dan Pembahasan Soal AKG Guru MTs IPA (disini)

Link Latihan Soal dan Pembahasan Soal AKG Guru MTs Bimbingan dan Konseling (disini)

 

Link Latihan Soal dan Pembahasan Soal AKG Guru MI Tahun 2020 Pedagogik (disini)

Link Latihan Soal dan Pembahasan Soal AKG Guru MI Tahun 2020 Literasi (disini)

Link Latihan Soal dan Pembahasan Soal AKG Guru MI Tahun 2020 Numerasi (disini)

Link Latihan Soal dan Pembahasan Soal AKG Guru MI Tahun 2020 Sains (disini)

 

Itulah info Soal AKG Untuk Guru MI MTS MA Tahun 2020-2021 yang Antum bisa sampaikan. Terima kasih, hatur nuhun, matur nuwun, thank you. 



= Baca Juga =



No comments

Theme images by michaelmjc. Powered by Blogger.
Back to Top