Berita
CONTOH SOAL POST TEST (PROSTTEST) PKB PENGAWAS SEKOLAH (MADRASAH)
![]() |
SOAL POST TEST PKB PENGAWAS SEKOLAH |
1.
Manakah yang merupakan kegiatan utama
dalam penyusunan program kepengawasan?
A.
Pengelolaan dan menganalisis kegiatan
kepengawasan yang akan dating.
B.
Mengidentifikasi hasil kegiatan
kepengawasan tahun sebelumnya.
C.
Membuat Instrumen yang akan digunakan
dalam kepengawasan.
D.
Mengembangkan seperangkat tindakan
untuk mencapai tujuan.
2.
Manakah acuan yang paling tepat dalam
penyusunan program kepengawasan tahunan di sekolah?
A.
Visi, misi, tujuan, dan program
pendidikan dinas pendidikan.
B.
Visi, misi, tujuan dan program
kemendikbud.
C.
Visi, misi, tujuan dan program kerja
sekolah.
D.
Visi, misi, tujuan serta rencana
strategis pemda.
3.
Monitoring adalah suatu kegiatan yang
ditujukan untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan penyelenggaraan sekolah,
manakah aspek yang paling penting untuk dimonotoring?
A.
Kegiatan yang harus diatasi dalam
pelaksanaan program.
B.
Mengontrol selama program berjalan dan
lebih bersifat klinis.
C.
Memperoleh umpan balik bagi sekolah
atau pihak terkait untuk menyukseskan ketercapaian tujuan.
D.
Merencanakan, mengembangkan dan
menjalankan Rencana Pengembangan Sekolah (RKS).
4.
Dalam rangka pelaksanaan akreditasi
sekolah, pengawas sekolah memberikan arahan dan bimbingan terhadap kepala
sekolah agar melakukan langkah-langkah kongkret untuk mengumpulkan bukti fisik
sesuai dengan kinerja masing-masing tim setiap standard dari 8 SNP melalui
kegiatan . . . .
A.
Melakukan monitoring dan evaluasi
secara terjadwal terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan dari 8 SNP.
B.
Memberikan bahan-bahan untuk
peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan kepala sekolah.
C.
Membantu sekolah dalam mengidentifikasi
dan pengumpulan bukti fisik yang harus ada di sekolah.
D.
Memberikan bantuan dalam upaya
peningkatan mutu sekolah dan rencana
pengembangan sekolah.
5.
Berbagai jenis metode yang dapat
dilaksanakan dalam pelaksanaan supervise manajerial di antaranya Delphi , diskusi terfokus, monitoring. Untuk
melkasanakan metode tersebut perlu dirancang terlebih dulu, rancangan tersebut
terutama harus bertitik tolak pada . . . .
A.
Komponen system pendidikan di sekolah
yang dianggap paling penting mendapat perhatian
B.
Identifikasi masalah yang dihadapi oleh
sekolah binaan serta upaya pemecahannya
C.
Tujuan spesifik kegiatan pengawasan
yang sejalan dengan visi dan misi sekolah binaan
D.
Deskripsi kegiatan meliputi jadwal
kegiatan jenis kegiatan, teknik yang akan digunakan
6.
Manakah langkah yang paling tepat
ketika pengawas sekolah melaksanakan pembinaan terhadap kepala sekolah dan
tenaga kependidikian lainnya?
A.
Menyajikan, menjelaskan, mendengarkan,
memecahkan masalah dan negoisasi
B.
Pertemuan awal, observasi,
interprestasi, pertemuan akhir, analisis akhir, diskusi, dan pemberian umpan
balik
C.
Mendengarkan, member penguatan
menjelaskan, menyajikan dan memecahkan masalah
D.
Menjelaskan, menyajikan, mengarahkan,
memberikan contoh, menerapkan tolak ukur, dan penguatan
7.
Manakah pelkasanaan metode kerja
kepengawasan yang paling tepat untuk kegiatan tatap muka yang efektif?
A.
Kegiatan menggali permasalahan awal
yang dialami oleh sekolah.
B.
Kegiatan memilih alternative untuk
memecahkan masalah yang telah terjadi di sekolah.
C.
Kegiatan menginventarisasi permasalahan
yang ada di sekolah.
D.
Kegiatan untuk menentukan prioritas
masalah yang harus segera diselesaikan.
8.
Pelaksanaan pengawasan secara efektif
dapat menggunakan pendapatan kolaboratif, urutan langkah yang harus
dilaksanakan adalah . . . .
A.
Percakapan awal, observasi,
interprestasi, percakapan akhir, analisis akhir, dan diskusi.
B.
Menyajikan, menjelaskan, mendengarkan,
memecahkan masalah dan negosisasi.
C.
Mendengarakan, memberi penguatan,
menjelaskan, menyajikan, dan memecahkan masalah.
D.
Menjelaskan, menyajikan, mengarahkan,
memberi contoh, menerapkan tolak ukur, dan menguatkan.
9.
Workshop
atau lokakarya merupakan metode yang paling tepat untuk melakukan kegiatan . .
. .
A.
Pembinaan bagi kelompok kepala sekolah
di setiap wilayah binaan masing-masing pengawas.
B.
Pembinaan bagi seluruh tenaga
kependidikan lainnya yang bermasalah dalam melaksanakan kinerjanya.
C.
Pembinaan terhadap beberapa kepala
sekolah atau tenaga kependidikan lainnya.
D.
Pembinaan bagi kelompok kepala sekolah
atau tenaga kependidikan lainnya yang akan naik pangat.
10.
Dalam penerapan Focus Group Diskustion (FGD) oleh pengawas sekolah ketika melaksanakan
pembinaan, manakah yang merupakan tujuan
utama dari FGD tersebut?
A.
Upaya mengatasi kegagalan sekolah dalam
melaksanakan program atau mencapai standard pada satu tahun ajaran.
B.
Upaya melakukan Refleksi terhadap data
yang ada, dan menemukan sendiri factor-faktor penghambat dan pendukung.
C.
Upaya menyatukan pendangan mengenai
realitas kondisi sekolah dan menentukan langkah-langkah strategis maupun
operasional untuk memajukan sekolah.
D.
Upaya menganalisis hasil monitoring
pengawas sekolah yang berhubungan dengan pelaksanaan evaluasi diri sekolah.
11.
Dalam pelaksanaan pengawasan diperlukan
adanya instrument yang disusun dari standard atau criteria yang ditetapkan. Hal
yang harus diperhatikan dalam menyusun instrument kepengawasan adalah . . . .
A.
Instrumen harus sesuai dengan tujuan,
sasaran, dan objek yang tertuang dalam kisi-kisi.
B.
Instrumen harus sesuai dengan metode
dan teknik yang paling dikuasai pengawas.
C.
Instrumen harus mampu menggali sikap
dan tingkah laku responden.
D.
Instrumen mengacu pada pendekatan yang
direncanakan dalam rencana pengawas manajerial.
12.
Selain harus memenuhi kriteria valid,
instrumen kepengawasan harus rellabel,dan lebih mudah dimengerti dengan
memperhatikan dengan aspek pemantapan, artinya . . . .
A.
Dalam mengukur sesuatu perlu dilakukan
secara berulang kali, dengan syarat bahwa kondisi saat pengukuran tidak
berubah, instrument tersebut memberikan hasil yang sama.
B.
Menunjuk kepada instrument yang tepat atau
bener mengukur adari sesuatu yang diukur, pernyataannya jelas, mudah dimengerti
dan rinci.
C.
Menunjuk kepada instrument yang
mempunyai kaitan erat satu sama lain dalam unsur-unsur dasarnya.
D.
Sebagai upaya untuk mengetahui apakah
instrument yang telah disusun tepat untuk digunakan sebagai alat pengumpul data
pengawasan sekolah atau tidak.
13.
Instrumen kepengawasan manajerial dapat
digunakan untuk . . . .
A.
Memberi keterangan tentang apa yang
perlu dibenahi lebih dulu di masa mendatang.
B.
Mencari tahu tenaga pendidik yang sudah
memiliki kompetensi pembelajaran.
C.
Menggali seberapa besar biaya yang
harus dikeluarkan oleh sekolah tiap tahun ajaran.
D.
Menentukan kegiatan yang sudah sesuai
dan belum sesuai dengan tujuan sekolah.
14.
Manakah tujuan yang paling tepat dalam
menyusun kisi-kisi instrument kepengawasan?
A.
Merumuskan tujuan yang akan dicapai
dalam kepengawasan dengan instrument yang akan disusun.
B.
Menyusun angket dan pedoman observasi
untuk mengumpulkan data tentang besarnya minat belajar dengan modul.
C.
Merancang rincian variable dan jenis
instrument yang akan digunakan untuk mengukur bagian variable yang
bersangkutan.
D.
Membuat butir-butir instrument yang
akan dijadikan alat dalam kegiatan pemantauan kepengawasan.
15.
Seorang pengawas yang baik hendaknya
mampu menggunakan instrument kepengawasan dalam menghimpun hasil kegiatan
kepengawasan. Berikut ini yang bukan merupakan kemampuan pengawas dalam
menngunakan instrument . . . .
A.
Menerapkan nilai dan skor capaian
B.
Menghitung hasil capaian
C.
Menganalisis dan merekomendasikan hasil
D.
Merevisi format instrument pengawasan
16.
Instrumen kepengawasan manajerial herus
disesuaikan dengan . . . .
A.
Prinsip supervisi
B.
Model supervise
C.
Pendekatan supervise
D.
Ruang lingkup supervise
17.
Untuk kelancaran dan keefektifan penggunaan
instrument observasi dalam pemantauan terhadap pengelolaan dan administrasi
sekolah, pengawas sekolah terlebih dulu harus menetapkan . . . .
A.
Apa yang semestinya ada di sekolah dan
harus diobservasi oleh pengawas sekolah.
B.
Kriteria-kriteria yang dijadikan tolak
ukur pertimbangan pengawasan.
C.
Aspek-aspek penampilan atau tingkah
laku yang spesifik yang akan diobservasi.
D.
Suatu kerangka untuk membandingkan
semua orang yang akan diobservasi.
18.
Konsep pembelajaran yang
konstektualmerupakan pembelajaran aktif antara guru dan siswa, hal yang terpenting
dalam penerapan konsep pembelajaran konstektual adalah ….
A.
Mendorong siswa terampil berdiskusi
dalam kelompok
B.
Keterampilan siswa dikembangkan atas
dasar latihan secara intensif
C.
Hasil belajar diukur melalui kegiatan
akademik dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir
semester
D.
Membangun pemahaman siswa terhadap
pengetahuan baru berdasar pada contoh-contoh yang diberikan guru
19.
Seorang pengawas sekolah/madrasah waktu
melakukan kegiatan supervise akademik di sekolah binaaannya. Hasilnya tak satupun
dijumpai silabus yang urutan SK dan KD-nya berbeda dengan urutan SK dan KD
terdapat dalam Standar Isi (SI), setelah ditanyakan kepada Wakasek Kurikulum,
ternyata memang tidak ada guru yang melalakukan kegiatan mengkaji SK dan KD.
Menghadapi permasalahan ini, manakah langkah pertama yang terbaik harus dilakukan
pengawas tersebut?
A.
Membiarkan saja karena urutan SK dan
KD-nya sudah sesuai dengan urutan SK dan KD pada SI.
B.
Mengadakan pembimbingan pengkajian SK
dan KD kepada para guru.
C.
Meminta para guru untuk melakukan
kegiatan mengkaji SK dan KD pada awal kegiatan pengembangan silabus.
D.
Menugaskan kepada para guru untuk
melakukan kegiatan mengkaji SK dan KD di rumah.
20.
Hasil mengkajian SK dan KD diperoleh
data sebagai berikut:
KD
|
Tingkat Kesulitan
|
Keterkaitan dengan KD lain
|
1.1
|
Mudah
|
Terkait dengan KD 1.2
|
1.2
|
Mudah
|
Terkait dengan KD 1.1 dan 1.4
|
1.3
|
Sukar
|
Terkait dengan KD 1.5
|
1.4
|
Sedang
|
Terkait dengan KD 1.2 dan 1.5
|
1.5
|
Sukar
|
Terkait dengan KD 1.3 dan 1.4
|
Dari
hasil pengkajian SK dan KD di atas urutan penyajian KD yang terbaik adalah . .
. .
A.
1.1, 1.2, 1.3, 1.4, 1,5
B.
1.1, 1.2, 1.4, 1.3, 1.5
C.
1.1, 1.2, 1.4, 1.5, 1.3
D.
1.1, 1.2, 1.3, 1.5, 1.4
21.
Pada suatu sekolah dijumpai para guru
belum melakukan analisis terhadap SK/KD. Hasil yang perlu disampaikan pengawas
sekolah/madrasah membimbing guru melakukan analisis SK/KD. Kegiatan yang paling
penting dalam analisis SK/KD adalah . . . .
A.
Memetakan tingkatan ranah KD ke dalam
ranah setiap indicator pencapaian kompetensi
B.
Merumuskan indicator pencapaian
kompetensi
C.
Menentukan materi pokok pembelajaran
dari masing-masing KD dalam standard isi
D.
Mengetahui keluasaan dan kedalaman KD
yang akan diajarkan
22.
Seorang guru menyusun indicator “Siswa
dapat memahami perkalian bilangan bulat”. Hal pokok yang perlu disampaikan
untuk membimbing guru tersebut dalam menyusun indikator adalah . . . .
A.
Indikator perlu dilengkapi dengan
stimulus
B.
Harus menggunakan kata kerja
operasional
C.
Indikator diturunkan dari KD yang ada
D.
Soal dapat dibuat sesuai indicator
23.
Kurikulum tingkat satuan pendidikan
mengamatkan agar para guru mengembangkan alat evaluasi tingkat berpikir yang
lebih tinggi. Manakah dari indicator berikut yang menunjukan tingkat berpikir
paling tinggai?
A.
Menganalisis penyebab terjadinya banjir
B.
Menjelaskan dampak terjadinya banjir
C.
Menerangkan penyebab terjadinya banjir
D.
Mengidentifikasi dampak terjadinya
banjir
24.
Seorang guru menerima contoh silabus
dari MGMP. Dia ingin mengembangkan silabus untuk kepentingan sekolahnya
sendiri. Hal terpenting yang disampaikan pengawas pada penyusunan indicator
pencapaian kompetensi adalah . . . .
A.
Menggunakan kata kerja operasional
sesuai dengan kompetensi dasar
B.
Menggunakan kata kerja operasional
tingkat berpikir yang lebih tinggi
C.
Dirumuskan dalam kata kerja operasional
yang terukur
D.
Dirumuskan dalam kata kerja operasional
aspek pengetahuan
25.
Hasil pemeriksaan pengawas
sekolah/madrasah terhadap silabus seorang guru pada sekolah dengan kualitas
papan bawah di kota
kabupaten dijumpai untuk KD “ menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang
tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana”. Dengan
materi pembelajaran “penyampaian pengumuman”. Sebagai pengawas pada sekolah
tersebut, apakah komentar terbaik yang diberikan?
A.
Kurang banyak, karena hanya ada satu
materi pembelajaran
B.
Kurang mendetail, karena materi
pembelajarannya terlalu sederhana
C.
Sudah cukup, karena untuk level sekolah
papan bawah
D.
Sudah baik, karena kedalaman dan
keluasaan materi sudah sesuai KD
26.
Sebuah KD berbunyi “Menyimpulkan isi
bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit”. Sebagai seorang pengawas
sekolah/madrasah yang harus membimbing dalam menentukan materi pembelajaran
yang menunjung pencapaian KD, materi terbaik adalah . . . .
A.
Kecepatan efektif membaca
B.
Penetapan waktu membaca
C.
Penyimpulan isi bacaan
D.
Penentuan pokok-pokok paragraph
27.
Seorang guru ingin mengadaptasi silabus
yang telah dikembangkan oleh sekolah lain. Saran utama pengawas yang harus
diperhatikan pada penentuan materi pembelajaran adalah . . . .
A.
Mempertimbangkan potensi peserta didik
B.
Mempertimbangkan kedalam materi
C.
Menyesuaikan dengan buku teks siswa
D.
Menyesuaikan dengan indicator
pencapaian kompetensi
28.
Pada materi pembelajaran “suhu dan
pengukurannya” seorang guru menentukan kegiatan pembelajaran “memberi contoh
cara penggunaan termometer”. Sebagai seorang pengawas yang harus membimbing
menentukan kegiatan pembelajaran, bagaimana komentar saudara?
A.
Sudah baik, karena dirumuskan dengan
kalimat yang sederhana.
B.
Sudah baik, karena sudah disusun sesuai
ketentuan.
C.
Sudah lengkap, karena sudah jelas
perlakuannya.
D.
Belum lengkap, karena tidak ada
kegiatan peserta didik.
29.
Dalam melaksanakan kegiatan supervise
akademik, seorang pengawas mencermati penetapan kegiatan pembelajaran pada
silabus di salah satu sekolah binaannya. Ternyata dari 5 silabus yang diambil
sebagai sample, penyusunan langkah-langkah kegiatan pembelajarannya persis sama
dengan kegiatan pembelajaran dalam file silabus yang diperoleh pengawas dari
hasil penataran. Bimbingan apakah yang paling penting untuk segera disampaikan
pada sekolah tersebut?
A.
Menyampaikan hal-hal yang harus
diperhatikan dalam pengembangan kegiatan pembelajaran.
B.
Menyampaikan bahwa kegiatan minimal
harus mengandung dua penciri yang mencerminkan pengelolaan pengalaman belajar
peserta didik.
C.
Memodifikasi kegiatan pembelajaran
sehingga memuat kecakapan hidup yang perlu dikuasai peserta didik.
D.
Memodifikasi kegiatan pembelajaran
sehingga dapat memberikan bantuan kepada guru untuk melaksanakan pembelajaran
secara professional.
30.
Hal terpenting yang dipertimbangkan
dalam menentukan kegiatan pembelajaran adalah . . . .
A.
Memuat rangkauan kegiatan yang harus
dilakukan oleh pendidik, secara berurutan untuk mencapai KD.
B.
Memuat rangkaian kegiatan yang harus
dilakukan oleh peserta didik secara berurutan untuk mencapai KD.
C.
Dikembangkan sesuai dengan
karakteristik pendidik dan mata pelajaran
D.
Dikembangkan sesuai dengan karakteristik
peserta didik.
31.
Seorang guru akan menyusun RPP untuk
suatu materi pembelajaran dengan kondisi sebagai berikut:
1.
Materi pembelajaran bias dipraktikkan.
2.
Alat yang dimiliki sekolah yang
berkaitan dengan materi tersebut 4 set.
3.
Jumlah siswa setiap rombel 32 orang.
4.
Guru ingin menggunakan pendekatan
pembelajaran berkelompok.
5.
Guru ingin agar dalam pelaksanaanya
terjadi pembelajaran siswa aktif.
Berdasarkan
kondisi tersebut, apakah saran terbaik yang bias diberikan oleh pengawas
sekolah/madrasah kepada guru tersebut dalam memilih metode?
A.
Mengunakan metode diskusi dan Tanya
jawab dan tidak perlu menggunakan alat.
B.
Mengunakan metode eksperimen, diskusi
dan Tanya jawab.
C.
Mengunakan metode demonstrasi, diskusi
dan presentasi.
D.
Mengunakan metode diskusi, presentasi,
dan Tanya jawab.
32.
Untuk mengembangakan agar siswa belajar
lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri, mengkonstruksi pengetahuan adan
keteerampilan barunya, mengembangakan sifat ingin tahu dengan bertanya dan
menciptakan masyarakat belajar di kelas. Untuk itu, guru perlu dibimbing dalam
. . . .
A.
Memilih strategi pembelajaran berbasis
masalah
B.
Memilih strategi pembelajaran kontekstual
C.
Melaksanakan kegiatan pembelajaran
aktif
D.
Melaksanakan kegiatan pembelajaran
bermakna
33.
Kelebihan metode diskusi yang paling
utama disbanding metode lain adalah . . . .
A.
Meningkatkan keterampilan siswa
berbicara menyampaikan pendapat di muka umum
B.
Meningkatkan keterampilan siswa dalam
berfikir
C.
Cukup efektif digunakan pada kelas yang
jumlah siswanya banyak
D.
Merangsang siswa untuk lebih banyak
belajar
34.
Agar seorang guru mampu melaksanakan
metode problem solving maka
langkah-langkah pelaksanaan berikut perlu dibimbingkan oleh pengawas
sekolah/madrasah kecuali . . . .
A.
Ada
masalah yang jelas untuk dipecahkan dan masalah ini harus tumbuh dari siswa
sesuai dengan taraf kemampuannya
B.
Siswa mencari data atau keterangan yang
dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut
C.
Menerapkan jawaban dari masalah
tersebut berdasarkan kepada data yang telah diperoleh
D.
Menarik kesimpulan terakhir tentang
jawaban dari masalah tersebut
35.
Seoarang guru mengajar pada sekolah
favorit di kota
kabupaten. Keadaan siswanya pada umumnya mampu berfikir logis, kritis dan
kreatif sehingga mudah untuk menerapakan pendekatan pembelajaran yang
berorientasi kepada siswa. Guru ingin menerapkan pembelajaran yang dapat
mengembangkan berbagai potensi siswa dengan memilih strategi inkuiri.
Bagaimanakah saran pengawas untuk pelaksanaan strategi tersebut?
A.
Agar guru memilih metode diskusi
kelompok dengan menggunakan lembar kegiatan siswa.
B.
Agar siswa yang mampu membimbing siswa
yang kurang mampu untuk memahami materi pelajaran.
C.
Agar siswa mengkaitkan materi yang
dipelajari dengan pengetahuan yang susah dikuasai.
D.
Agar seluruh aktivitas yang dilakukan
siswa diarahkan untuk menemukan jawaban sendiri ari sesuatu yang dipertanyakan.
36.
Pernyataan berikut merupakan contoh
dari penerapan strategi pembelajaran kontekstual kecuali . . . .
A.
Menerangkan kepada proses keterlibatkan
siswa untuk menemukan materi
B.
Mendorong agar siswa dapat menemukan
hubungan antara materi yang dipelajari dengan situasi kehidupan nyata
C.
Pembelajaran terjadi pada kelompok
kecil
D.
Mendorong siswa untuk dapat
menerapkannya dalam kehidupan
37.
Dalam membuat perencanaan pembelajaran,
proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong
motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemanndirian, dan semangat
belajar. Prinsip yang mendasari ketentuan di atas adalah . . . .
A.
Memperhatikan perbedaan individu siswa
B.
Mendorong partisipasi aktif siswa
C.
Mengembangkan budaya membaca
D.
Memperhatikan keterkaitan dan
keterpaduan
38.
Dalam menilai Kompetensi dasar
“menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana”, aspek-aspek penting yang
harus diamati adalah sebagai berikut ini,
kecuali . . . .
A.
Keterpaduan antar kalimat dan antar
paragraf
B.
Kesesuaian judul dengan isi dan isi
keseluruhan
C.
Kerapihan dan kejelasan tulisan
D.
Pilihan kata dan penggunaan ejaan
39.
Bu arini memberi tugas kepada siswa
untuk mengamati pertumbuhan tanaman dari biji kacang yang berada pada dua pot
dengan perlakuan yang berbeda, Pot A dengan media tanah, cukup air dan cukup
sinar matahari. Pot B dengan media tanah tanpa disiram dan kurang sinar
matahari. Aspek-aspek penting apakah yang saudara sarankan untuk dinilai?
A.
Persiapan, Pencatatan, Pengumpulan data
dan Kesimpulan
B.
Perencanaan, Pengumpulan data,
pengolahan data dan Kesimpulan
C.
Perencanaan, pengumpulan data, pengolahan
data dan pelapor
D.
Perencanaan, pengumpulan data dan
pengolahan data
40.
Pada saat pengawas melaksanakan
supervise kelas ditemukan bahwa guru melaksanakan penilaian dengan cara yang
baik sesuai dengan karakteristik kompetensi dasar yang diajarkan; maka tindakan
pengawas adalah . . . .
A.
Memeriksa rencana pelaksanaan
pembelajaran
B.
Memeriksa indicator pembelajaran dan
bahan ajar
C.
Membiarkan guru melanjutkan
pembelajarannya
D.
Membantu guru untuk mengulangi
pelaksanaan penilain kelas
41.
Pengawas sekolah memberikan pengarahan
kepada guru mengenai penilaian aspek afektif dalam pembelajaran. Hal yang
paling penting untuk dinilai adalah sebagai berikut, kecuali . . .
A.
Peserta didik patuh mengerjakan
tugas-tugas yang diberikan guru
B.
Peserta didik selalu tepat waktu dan
memiliki disiplin yang tinggi
C.
Peserta dapat mengimplementasikan
pengetahuan yang diperoleh
D.
Peserta didik patuh terhadap tata
tertib dan berbudi pekerti luhur
42.
Seorang guru menganggap penting menilai
kemampuan anak dalam melakukan suatu percobaan, misalnya membuktikan kesalahan
konsep anak tentang sifat-sifat air, aspek yang dinilai dalam hal ini adalah .
. . .
A.
Keterampilan mengamati
B.
Kompetensi kerja individual
C.
Keterampilan psikomotor
D.
Kterampilan proses sains
43.
Seorang guru ingin mengkategorikan
beberapa aspek penilaian yang ditetapkan ke dalam ranah yang sesuai. Manakah
dari pernyataan berikut yang SALAH?
A.
Kemampuan kognitif diperoleh melalui
kegiatan learning to know saja
B.
Salahsatu contoh kompetensi yang
dikuasai melalui unjuk kerja adalah kemampuan berpidato
C.
Kemampuan ranah afektif dapat berupa nurturant effect dari pencapaian aspek
kognitif
D.
Sangat jarang dalam suatu pembelajaran
terjadi pengembangan satu ranah saja
44.
Ranah yang dominan tampak pada
keterampilan proses social adalah . . . .
A.
Kognitif dan afektif
B.
Kognitif dan psikomotor
C.
Afektif dan psikomotor
D.
Psikomotor saja
45.
Dalam menilai kemampuan siswa membaca
puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, guru perlu mendapat pelatihan dalam
menilai aspek-aspek penting berikut ini:
A.
Keberanian, penjiwaan, dan intonasi
B.
Artikulasi, penjiwaan, dan keberanian
C.
Artikulasi, penjiwaan, dan intonasi
D.
Artikulasi, keberhasilan, dan intonasi
46.
Mata pelajaran seni budaya dan keterampilan
bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan memahami konsep dan pentingnya
seni budaya dan keterampilan, apresiasi kreativitas, dan berperan serta dalam
seni budaya dan keterampilan dalam tingkat local, regional, maupun global.
Dalam aspek apakah saudara perlu melatih guru terkait dengan kebutuhan di atas?
A.
Praktik dan produk
B.
Praktik dan sikap
C.
Produk dan sikap
D.
Produk dan proses
47.
Latihan yang sesuai bagi guru dalam
menentukan aspek-aspek penting yang dinilai sesuai dengan karakteristik mata
pelajaran dapat berupa . . . .
A.
Menganalisis SK-KD mata pelajaran yang
diampuh
B.
Membuat indikator pencapaian kompetensi
yang sesuai dengan KD
C.
Merancang materi yang unik dan menarik
sesuai dengan KD
D.
Melaksanakan pembelajaran berorientasi
pendekatan PAIKEM
48.
Bila guru mengalami kesulitan dalam
menentukan KKM, maka guru perlu mendapat pelatihan dalam hal . . . .
A.
Mengoptimalkan daya dukung sekolah
seperti Fasilitas laboratorium
B.
Cara menentukan materi pembelajaran
yang harus dikuasai siswa
C.
Menganalisis intake, kompleksitas, dan data dukung
D.
Menggunakan KKM untuk menentukan
tingkat pencapaian siswa
49.
Pada mata pelajaran bahasa Inggris di
SD, hal paling penting yang perlu dinilai adalah . . ..
A.
Penguasaan kosa kata sederhana oleh
siswa
B.
Motivasi siswa belajar bahasa inggris
C.
Partisipasi siswa dalam pembelajaran
D.
Kesediaan siswa dalam melakukan tugas
bahasa
50.
Materi penilaian kinerja kepala sekolah
mencakup aspek . . . .
A.
Keperibadian, kepemimpinan
pembelajaran, pengembangan sekolah, manajerial dan supervise
B.
Kepemimpinan pembelajaran, pengembangan
sekolah, manajerial, kewirausahaah, dan supervise
C.
Manajemen sekolah, manajemen sumber
daya, kewirausahaan, social, dan supervisi
D.
Kepribadian, manajerial, kewirausahaan,
supervise, dan social
51.
Dari aspek manajerial sekolah, pengawas
dapat menentukan nilai kinerja kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokok
dan tanggungjawabnya melalui . . . .
A.
Keberhasilan dalam ujian nasional
dimana peserta didik mencapai kelulusan hingga 100%
B.
Situasi sekolah yang kondusif sehingga
peserta didik belajar dengan tertib dan nyaman
C.
Tercapainya program kerja sekolah
sesuai dengan visi dan misi sekolah
D.
Kekompakan semua warga sekolah dalam
mencapai visi, misi, dan tujuan
52.
Aspek yang dinilai dalam penilaian
kinerja guru meliputi . . . .
A.
Perencanaan pembelajaran, pelaksanaan
proses pembelajaran, proses bimbingan dan pelaksanaan tugas tambahan.
B.
Perencanaan pembelajaran, pelaksanaan
pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.
C.
Administrasi pembelajaran,
kedisiplinan, tingkah laku sehari-hari dalam pembelajaran.
D.
Kelengkapan perangkat pembelajaran,
pelaksanaan tugas dan tanggung jawab.
53.
Untuk mengetahui keefektifan
kepemimpinan kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya,
instrument yang paling tepat digunakan adalah . . . .
A.
Lembar isian akademik
B.
Kuesioner kompetensi manajerial
C.
Studi dokumen tentang sarana prasarana
D.
Wawancara tentang pengembangan sekolah
54.
Perangkat pelaksanaan penilaian kinerja
yang digunakan untuk menilai kinerja kepala sekolah dan guru (PKG) adalah . . .
.
A.
Pedoman penilaian, daftar pertanyaan,
laporan hasil penilain, format hasil PKG
B.
Peraturan menteri, instrument
penilaian, hasil penilaian
C.
Perundang-undangan, peraturan menteri,
pedoman dan instrument
D.
Instrumen penilaian, hasil penilaian,
daftar pertanyaan
55.
Peraturan perundang-undangan yang
menjelaskan tentang cara penilaian kinerja guru adalah . . . .
A.
Permenpan R & B Nomor 16 tahun 2009
B.
Permenpan R & B Nomor 21 tahun 2010
C.
PP Nomor 74 tahun 2008
D.
SKB Nomor 01 /III & 6 / 2010
56.
Untuk menilai kompetensi kepribadian
guru, maka pengawas dapat menggunakan Instrumen berikut, kecuali . . . .
A.
Kuesioner
B.
Sosiometri
C.
Tes lisan
D.
Wawancara
57.
Alat ukur kinerja kepala sekolah
hendaknya mengandung aspek-aspek berikut, kecuali
….
A.
Kewirausahaan
B.
Pelaksanaan supervisi
C.
Manajemen berbasis sekolah
D.
Kepemimpinan pembelajaran
58.
Seorang kepala sekolah yang sedang
studi di S2 melakukan penelitian untuk tesis yang berjudul: “Pengaruh persepsi tentang
sertifikasi Guru, kepemimpinan kepala sekolah, dan motivasi kerja terhadap
kinerja Guru SMA di kota
Tanggerang”. Untuk penelitian tersebut, rekomendasi yang diarahkan dalam
menentukan rumusan tujuan penelitian secara kumulatif yang paling tepat adalah
. . . .
A.
Untuk mengetahui pengaruh persepsi
tentang sertifikasi guru, kepemimpinan kepala sekolah, dan motivasi kerja
terhadap kinerja guru SMA di kota
Tanggerang.
B.
Untuk mengetahui pengaruh persepsi
tentang sertifikasi guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMA di kota Tanggerang.
C.
Untuk mengetahui pengaruh persepsi
tentang sertifikasi guru dan kepemimpinan kepala sekolah, dan motivasi kerja
terhadap kinerja guru SMA di kota
Tanggerang.
D.
Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan
kepela sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMA di kota Tanggerang.
59.
Seorang pengawas menjelaskan pada guru
yang sedang melakukan penelitian bahwa bahan pustaka yang dikaji dan dipaparkan
dalam kajian pustaka (kajian teori) didasarkan pada tiga criteria, kecuali . .
. .
A.
Prinsip kemutakhiran (minimal 80%
pustaka yang dirujuk terbit sepuluh tahun terakhir).
B.
Prinsip keprimeran (minimal 80% pustaka
yang dirujuk berasal dari hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal, skipsi,
tesis, disertasi dan laporan penelitian).
C.
Prinsip Relevansi, yaitu hanya pustaka
yang relevan dengan masalah yang diteliti saja yang dirujuk.
D.
Prinsip keefektifan, yaitu hanya
pustaka yang ada saja dan tidak terlalu bnyak saja yang dirujuk.
60.
Seorang guru melakukan penelitian
berjudul “Penggunaan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching ang Learning (CTL) untuk meningkatkan aktivitas
dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X SMA Taruna
Husada”. Sebagai pengawas, arahan kerangka teori/koseptual yang harusnya
dirinci pada kajian pustaka minimal mencakup . . . .
A.
Peningkatan belajar, aktivitas belajar,
model pembelajaran CTL, pengaruh penggunaan model pembelajaran CTL terhadap
aktivitas belajar, dan prestasi belajar.
B.
Aktiv belajar, model pembelajaran CTL,
motode penelitian, penelitian tindakan kelas, dan pengaruh penggunaan model
pembelajaran CTL terhadap aktivitas belajar dan prestasi belajar.
C.
Aktivitas belajar, model pembelajaran
CTL, dan prestasi belajar.
D.
Aktivitas belajar, model pembelajaran
CTL, penelitian tindakan kelas, permasalahan pembelajaran, dan pengaruh
penggunaan model pembelajaran CTL terhadap prestasi belajar.
61.
Dalam melakukan penelitian (khususnya
penelitian kuantitatif), kajian teori harus dilakukan secara mendalam sehingga
punya dasar yang kokoh. Berikut ini bukan merupakan fungsi dari teori dalam
penelitian kuantitatif, adalah . . . .
A.
Sebagai dasar untuk menentukan variable
penelitian dan tujuan penelitian.
B.
Untuk memperjelas dan mempertajam ruang
lingkup, variable yang akan diteliti.
C.
Untuk merumuskan hopotensi dan menyusun
unstrumen penelitian
D.
Digunakan untuk memperkuat temuan hasil
penelitian.
62.
Pada penelitian kuantitatif, bagian
metodologi penelitian harus dirancang secara spesifik, jelas, rinci, ditentukan
secara mantap sejak awal, dan menjadi pemegang langkah dari awal. Yang paling
tepat disarankan pengawas untuk disampaikan kepada guru tentang hal-hal pokok
yang harus ada/ disusun pada bagain metodologi penelitian adalah . . . .
A.
Rancangan penelitian, populasi dan
sample, iji validitas dan relibilitas, teknik pengumpulan data, pembahasan dan
teknik analisi data.
B.
Rancangan penelitian, populasi dan
sample, instrument penelitian, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis
data.
C.
Rancangan penelitian, populasi dan
sample, instrument penelitian, analisis data, dan interprstasi.
D.
Populasi dan sample, teknik pengambilan
sample, instrument penelitian, hipotesis penelitian, pengumpulan data, dan
analisis data.
63.
Dari hasil diskusi yang dilaksanakan
pengawas dengan seorang guru matematika membuat guru tersebut berkeinginan
untuk menerapkan suatu metode pembelajaran baru, yang diterapkan melalui PTK.
Pada pelaksanakan PTK guru memperhatikan nilai kememampuan awal (pretest), keaktifan siswa (partisipasi
dalam pembelajaran: bertanya, menjawab, memberikan tanggapan, dll) dan
kemampuan akhir (postest) dari materi
yang disampaikan. Pelaksanaan PTK dilakukan sebanyak 2 siklus yang diikuti oleh
20 orang siswa. Adapun skor nilai yang diperoleh melalui pengukuran seperti
disajikan pada table berikut:
Nama
Siswa
|
Pre-test
|
Partisi
pasi
|
Pos
test
|
Nama
Siswa
|
Pre-
test
|
Partisi
pasi
|
Pos-
test
|
Ahmad
|
6
|
6
|
6
|
Kamil
|
7
|
6
|
8
|
Badu
|
6
|
6
|
9
|
Lamri
|
7
|
5
|
8
|
Charly
|
6
|
7
|
7
|
Maula
|
4
|
6
|
8
|
Deny
|
6
|
5
|
7
|
Natali
|
5
|
7
|
7
|
Erma
|
7
|
7
|
7
|
Octo
|
6
|
7
|
6
|
Faridah
|
5
|
9
|
8
|
Parlin
|
7
|
8
|
9
|
Gali
|
5
|
9
|
8
|
Qomar
|
7
|
7
|
8
|
Hasan
|
6
|
6
|
7
|
Rosida
|
7
|
8
|
8
|
Imran
|
6
|
6
|
8
|
Siti
|
6
|
6
|
7
|
Jamal
|
7
|
6
|
8
|
Taufik
|
6
|
7
|
8
|
Berdasarkan
table di atas, rata-rata skor nilai akhir (postest)
yang diperoleh para siswa dengan metode Pembelajaran tersebut adalah . . . .
A.
6,6
B.
6,7
C.
7,6
D.
7,7
64.
Suatu penelitian yang dilakukan oleh
seorang guru berjudul: “Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Tata Ruang kantor
terhadap Efisiensi kerja guru SMP di Kabupaten Banyumas”. Saran dari pengawas
dalam pengambilan sample, teknik sampling yang paling tepat adalah:
A. Proportional random sampling
B. Area random sampling
C. Proporsive random sampling
D. Kuota random sampling
65.
Suatu penelitian yang berjudul
“pengaruh sertifikasi guru terhadap kinerja guru pada SD di kota Mojokerto”. Dengan jumlah sample 360
guru, telah dilaksanakan oleh seorang pengawas. Temuan hasil penelitian
mengungkapkan bahwa guru yang telah tersertifikasi memiliki beberapa hal,
yaitu:
1.
Perencanaan pembelajaran dengan skor
dalam kategori tinggi,
2.
Pelaksanaan pembelajaran dengan skor
dalam kategori tinggi,
3.
Penilaian pembelajaran dengan skor
dalam kategori tinggi,
4.
Penelitian tindakan kelas dengan skor
dalam kategori rendah.
Berdasar
hasil penelitian hasil penelitian tersebut, yang harus dilakukan pengawas
adalah . . . .
A.
Merekomdasikan kepada dinas pendidikan kota / kabupaten untuk
mengadakan diklat penelitian.
B.
Membimbing guru satu persatu dalam hal
penelitian.
C.
Mendorong guru untuk segera melakukan
penelitian.
D.
Meminta kepela sekolah untuk membimbing
gurunya tentang penelitian.
66.
Suatu instrument yang telah
dikembangkan dan diujicobakan akan diuji validitas dan rehabilitasnya. Juka uji
Validitas dilakukan dengan mengkorelasikan antara skor butir dan skor jumlah
dengan signifikansi 5% (artinya jika signifikansinya item valid) dan menggunakan analisis
menggunakan analisis korelasi pearson, diperoleh hasil analisis seperti table
dibawah.
Item
|
Y
|
|
X1
X2
X3
X4
|
Pearson
Correlation
Sig. (2-talled)
Pearson
Correlation
Sig. (2-talled)
Pearson
Correlation
Sig. (2-talled)
Pearson
Correlation
Sig.
(2-talled)
|
.236
.398
.553(*)
.032
.395
-145
.695(**)
.004
|
**Signifikansi 1%
* Signifikansi 5%
Sebagai
pengawas sekolah jika ditanya oleh guru, pernyataan berikut yang paling tepat
dari analisis ini adalah . . . .
A.
Item X2 dan X4 tidak valid, dan X1 dan
X3 valid pada signifikansi dibawah 1%
B.
Item x1 dan X3 tidak valid dan X2 dan
X4 valid pada signifikansi dibawah 1%
C.
Item x1 dan X3 tidak valid dan X2 dan
X4 valid pada signifikansi dibawah 5%
D.
Item X2 dan X4 tidak valid, dan X1 dan
X3 valid pada signifikansi dibawah 5%
67.
Sebelum melakukan pengumpulan data di
lapangan, seorang peneliti harus mengembangkan instrument yang berkualitas dari
segi validitas dan rehabilitasnya. Jika seorang guru menanyakan kepada pengawas
tentang kegunaan uji validitas, maka pengawas dapat merasionalkan dengan
jawaban sebagai berikut:
A.
Uji validitas untuk mengetahui apakah
butir instrument penelitian tersebut dapat mengukur apa yang seharusnya diukur.
B.
Uji validitas untuk mengetahui apakah
istrumen p[enelitian tersebut dapat mengukur secara ajeg/sama walaupun
digunakan berkali-kali.
C.
Uji validitas untuk mengetahui apakah
instrument penelitian tersebut dapat mengukur apa yang seharusnya diukur dan
ajeg.
D.
Uji Uji validitas untuk mengetahui
apakah instrument penelitian tersebut dapat mengukur secara ajeg dan
menghasilkan data yang akurat.
68.
Suatu penelitian yang dilakukan oleh
pengawas berjudul: “upaya peningkatan produktivitas kerja guru SDN 5 Madyapuro
Malang”, dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang
paling tepat dari penelitian tersebut adalah ….
A.
Tes
B.
Kuesioner
C.
Wawancara
D.
Observasi
69.
Setiap penelitian mempunyai teknik
pengumpulan data yang berbeda tergantung jenis dan pendekatannya. Untuk
penelitian kualitatif, saran yang paling tepat disampaikan paengawas sehubungan
dengan teknik pengumpul datanya adalah . . . .
A.
Participant
observation, in dept interview, dokumen, dan
kuesioner.
B.
Kuesioner, observasi, dan wawancara
terstruktur
C.
Kuesioner, observasi, dan dokumentasi
D.
Participant
observavation, in dept interview, dokumentasi,
dan triangulasi.
70.
Seorang guru melakukan suatu penelitian
dengan mengembangkan instrument untuk menggali data. Jika persyaratan sampelnya
harus besar dan representative,sedapat mungkin random dan ditentukan sejak awal,
maka penentuan sample tersebut termasuk dalam karakteristik metode penelitian .
. . .
A.
Naturalistrik
B.
Kualitatif
C.
Kuantitatif
D.
Semi kualitatif
71.
Seorang kepala sekolah melakukan suatu
penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Dia mengumpulkan data berdasarkan
instrument yang telah dikembangkan. Agar hasil penelitian dapat disimpulkan,
maka saran dari pengawas yang seharusnya diberikan kepada kepala sekolah
tersebut untuk langkah selanjutnya adalah . . . .
A.
Mentabulasikan data, menganalisis data,
dan menginterprestasikan hasil penelitian.
B.
Menguji validitas, daya beda, tingkat
kesukaran dan menentukan reliabilitas data hasil penelitian.
C.
Menetapkan metode, menguji validitas,
menganalisis data dan menginterprestasikan hasil analisis.
D.
Menentukan jumlah sample, mentabulasikan
data, menginterprestasikan hasil analisis dan menyimpulkan.
72.
Dalam suatu penelitian, kepala sekolah/
guru mengumpulkan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berikut ini cara pengolahan data yang seharusnya disarankan pengawas kepada
guru/kepala sekolah, kecuali . . . .
A.
Mereduksi data, yaitu peneliti
merangkum, mengambil data yang pokok dan penting, dan membuat kategorisasi.
B.
Menyajikan (display) data, yaitu menyusun uraian singkat, bagan, hubungan antar
kategori flowchart dan sejenisnya.
C.
Penarikan kesimpulan dan
verifikasi,yaitu kesimpulan awal yang masih bersifat sementara, dan akan
berubah bila ditemukan bukti-bukti yang yang kuat.
D.
Mentabulasi data dari hasil observasi,
wawancara, dan dokumentasi dalam bentuk angka-angka.
=============================================================
No comments