Berita
PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA UGM TAHUN 2016
Pendaftar yang memenuhi persyaratan di bawah ini, dapat
melamar untuk menjadi peserta program magister dalam bidang studi yang sama
dengan bidang studi kesarjanaannya atau bidang studi lain yang disetujui oleh
Pengelola Program Studi:
1.
|
Mempunyai Pas foto berwarna terbaru dengan latar
belakang berwarna putih, berpakaian formal dengan wajah menghadap kamera.
|
2.
|
Mempunyai ijazah S1 atau DIV (khusus prodi tertentu;
hubungi Program Studi untuk informasi lebih lanjut), atau foto copy ijazah
yang telah dilegalisir.
Surat Keterangan Lulus (SKL) tidak berlaku.
Khusus pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai
dokumen penyetaraan ijazah dari DIKTI.
|
3.
|
Mempunyai transkrip nilai asli atau foto copy transkrip
nilai yang telah dilegalisir, dengan IPK S1 sebagai berikut:
≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar
lulusan program studi terakreditasi A, atau;
≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar
lulusan program studi terakreditasi B, atau;
≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar
lulusan program studi terakreditasi C.
|
4.
|
Mempunyai sertifikat akreditasi program studi pada
jenjang pendidikan terakhir. Akreditasi program studi yang dimaksud
adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan scan sertifikat
akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT yang
masih berlaku. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses
perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke
DIKTI. Khusus pelamar lulusan luar negeri, bukti akreditasinya adalah
Surat Keputusan Penyataraan Ijazah Luar Negeri dari DIKTI.
Apabila dokumen akreditasinya tidak valid, maka tidak
akan diproses lebih lanjut.
|
5.
|
Mempunyai sertifikat hasil Tes
Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Tes
Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM atau Tes
Kemampuan Dasar Akademik Himpunan Psikologi Indonesia (TKDA HIMPSI) dibuktikan
dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal
dikeluarkannya sertifikat;
|
6.
|
Mempunyai sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris
dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun
setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat. Nilai kemampuan bahasa Inggris
beserta sertifikat yang dapat digunakan adalah:
Academic
English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, atau;
International
English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP,
atau;
Internet-Based
(iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
Institutional
Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF.
Test
of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia
(PLTI) yang diakui DIKTI untuk sertifikasi Dosen.
|
7.
|
Mempunyai Surat Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen
yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen
Pembimbing Akademik (format dapat diunduh disini)
Khusus spesialis FK diganti dengan Rekomendasi
IDI.
|
8.
|
Mempunyai Surat keterangan sehat dari dokter di
Puskesmas atau Rumah Sakit.
|
9.
|
Mempunyai syarat khusus:
Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program
pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan
rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh disini)
Proposal penelitian tesis/tulisan essai/syarat khusus
lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi tidak perlu diunggah tetapi
dikirim langsung ke program studi tujuan dilengkapi dengan fotokopi bukti
daftar.
|
10.
|
Mempunyai Surat ijin studi dari instansi bagi yang
sudah bekerja (format dapat diunduh disini)
|
Jadwal Kegiatan Ujian Masuk Program Pascasarjana Semester
Genap T.A. 2015/2016
Kegiatan
|
Waktu Mulai
|
Waktu Selesai
|
Pendaftaran online dan unggah dokumen yang
disyaratkan
|
12 November 2015
(pukul 00.00 WIB) |
5 Januari 2016
(pukul 23.59 WIB) |
Pembayaran biaya pendaftaran
|
13 November 2015
(pukul 00.00 WIB) |
6 Januari 2016
(pukul 23.59 WIB) |
Penerimaan dokumen pendaftaran syarat khusus selain
yang diupload
|
13 November 2015
(pada hari dan jam kerja) |
7 Januari 2016
(pada hari dan jam kerja) |
Verifikasi dokumen pendaftaran dan pelaksanaan tes
substansi (apabila ada) oleh prodi
|
16 November 2015
(pada hari dan jam kerja) |
12 Januari 2016
(pada hari dan jam kerja) |
Pengumuman hasil seleksi
|
19 Januari 2016
|
|
Mulai kegiatan akademik
|
Februari 2016
|
Informasi Selengkapnya Klik Disini
Ok, Trims atas infonya
ReplyDeleteOk banget, postingnya bagus , lengkap dan bermanfaat. Ditunggu posting-posting lainnya
ReplyDeleteBlognya keren lho, Tulisannya menarik, sok pasti sanget bermanfat bagi semuanya terutama tuh bagi mahasiswa teknologi pembelajaran, Psikologi dan yang ambil PBI. Selamat, trus berkaya lho……….
ReplyDeleteTerima kasih banyak, artikelnya sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah
ReplyDeleteTerima kasih, Melalui blog ini, saya banyak menemukan tulisan sebagai bahan penyusunan tugas kuliah. Blog ini benar-benar bermanfaat buat saya. Sekali lagi. Trimks Admin semoga sukses selalu. Amiin
ReplyDeleteTerima kasih telah berbagi, artikelnya sangat membantu.
ReplyDelete