PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA UGM TAHUN 2016

Pendaftar yang memenuhi persyaratan di bawah ini, dapat melamar untuk menjadi peserta program magister dalam bidang studi yang sama dengan bidang studi kesarjanaannya atau bidang studi lain yang disetujui oleh Pengelola Program Studi:

1.
Mempunyai Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang berwarna putih, berpakaian formal dengan wajah menghadap kamera.
2.
Mempunyai ijazah S1 atau DIV (khusus prodi tertentu; hubungi Program Studi untuk informasi lebih lanjut), atau foto copy ijazah yang telah dilegalisir.
Surat Keterangan Lulus (SKL) tidak berlaku.
Khusus pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai dokumen penyetaraan ijazah dari DIKTI.
3.
Mempunyai transkrip nilai asli atau foto copy transkrip nilai yang telah dilegalisir, dengan IPK S1 sebagai berikut:
≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
4.
Mempunyai sertifikat akreditasi program studi pada jenjang pendidikan terakhir. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT yang masih berlaku. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke DIKTI. Khusus pelamar lulusan luar negeri, bukti akreditasinya adalah Surat Keputusan Penyataraan Ijazah Luar Negeri dari DIKTI.
Apabila dokumen akreditasinya tidak valid, maka tidak akan diproses lebih lanjut.
5.
Mempunyai sertifikat hasil Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM atau Tes Kemampuan Dasar Akademik Himpunan Psikologi Indonesia (TKDA HIMPSI) dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat;
6.
Mempunyai sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat. Nilai kemampuan bahasa Inggris beserta sertifikat yang dapat digunakan adalah:
International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;
Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF.
Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) yang diakui DIKTI untuk sertifikasi Dosen.
7.
Mempunyai Surat Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik (format dapat diunduh disini)
Khusus spesialis FK diganti dengan Rekomendasi IDI.
8.
Mempunyai Surat keterangan sehat dari dokter di Puskesmas atau Rumah Sakit.
9.
Mempunyai syarat khusus:
Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh disini)
Proposal penelitian tesis/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi tidak perlu diunggah tetapi dikirim langsung ke program studi tujuan dilengkapi dengan fotokopi bukti daftar.
10.
Mempunyai Surat ijin studi dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh disini)




Jadwal Kegiatan Ujian Masuk Program Pascasarjana Semester Genap T.A. 2015/2016

Kegiatan
Waktu Mulai
Waktu Selesai
Pendaftaran online dan unggah dokumen yang disyaratkan
12 November 2015
(pukul 00.00 WIB)
5 Januari 2016
(pukul 23.59 WIB)
Pembayaran biaya pendaftaran
13 November 2015
(pukul 00.00 WIB)
6 Januari 2016
(pukul 23.59 WIB)
Penerimaan dokumen pendaftaran syarat khusus selain yang diupload
13 November 2015
(pada hari dan jam kerja)
7 Januari 2016
(pada hari dan jam kerja)
Verifikasi dokumen pendaftaran dan pelaksanaan tes substansi (apabila ada) oleh prodi
16 November 2015
(pada hari dan jam kerja)
12 Januari 2016
(pada hari dan jam kerja)
Pengumuman hasil seleksi
19 Januari 2016
Mulai kegiatan akademik
Februari 2016


Informasi Selengkapnya Klik Disini

BACA INFORMASI PENTING LAINNYA

>

6 comments:

  1. Ok banget, postingnya bagus , lengkap dan bermanfaat. Ditunggu posting-posting lainnya

    ReplyDelete
  2. Blognya keren lho, Tulisannya menarik, sok pasti sanget bermanfat bagi semuanya terutama tuh bagi mahasiswa teknologi pembelajaran, Psikologi dan yang ambil PBI. Selamat, trus berkaya lho……….

    ReplyDelete
  3. Terima kasih banyak, artikelnya sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah

    ReplyDelete
  4. Terima kasih, Melalui blog ini, saya banyak menemukan tulisan sebagai bahan penyusunan tugas kuliah. Blog ini benar-benar bermanfaat buat saya. Sekali lagi. Trimks Admin semoga sukses selalu. Amiin

    ReplyDelete
  5. Terima kasih telah berbagi, artikelnya sangat membantu.

    ReplyDelete

Theme images by michaelmjc. Powered by Blogger.
Back to Top